RISIN : DIBALIK MANFAAT TANAMAN JARAK

ricin3

Racun risin merupakan racun yang dibuat dari pemrosesan dari sejenis tanaman jarak “castor beans”. Tanaman jarak yang berasal dari cekungan Mediterania, Afrika dan India, namun secara luas ditanam sebagai tanaman hias. Sebuah toksin yang disebut risin ditemukan di seluruh tanaman, tetapi terkonsentrasi dalam biji / kacang (bahan untuk minyak jarak ).

In the Agatha Christie garden at Torre Abbey, this is one of the most lethal plants, producing Ricin, the same poison that killed Georgi Markov

ricin2

Risin merupakan ekstrak dari biji dan kulit dari “castor beans” yang banyak ditemukan di Afrika. Risin merupakan sejenis protein yang disebut lectin. Ricin merupakan salah satu bahan paling beracun.

ricin3ricin

Racun risin 6.000 kali lebih mematikan dibandingkan racun sianida dan 12.000 kali lebih mematikan dibandingkan dengan racun ular derik (rattlesnake). Selain terdapat racun risin dari biji jarak, ada juga racun abrin yang bersala dari biji tasbih “rosary beans” (Abrus precatorius), dari keluarga Fabaceae. Dosis kecil resin saja sebanyak 0.034 miligram (satu per sejuta ounce) bisa membunuh manusia.Sebutir risin yang besarnya tidak lebih dari sebutir pasir dapat menewaskan manusia dewasa. Sejumlah kecil risin bia masuk ke dalam luka atau mata, mampu membunuh manusia tersebut.  story-poison-ricin-192152

Satu biji mentah cukup untuk membunuh manusia dalam 2 hari, yang membuat kematian, panjang menyakitkan dan tak terbendung. Gejala pertama akan dialami dalam beberapa jam dan akan termasuk sensasi terbakar di tenggorokan & mulut, sakit perut, diare berdarah dan muntah. Proses ini tak terbendung dan penyebab akhir kematian karena dehidrasi. Anehnya, manusia yang paling sensitif terhadap benih-benih ini, karena dibutuhkan 1-4 untuk membunuh manusia dewasa penuh, 11 untuk membunuh anjing dan 80 benih untuk membunuh bebek.

ricin-mechanism-of-action-rna

Tanaman jarak saat ini memegang Rekor dari Guinness World Record sebagai tanaman paling beracun di dunia. Namun racun risin “masih” kalah dengan racun yang dihasilkan oleh bakteria Clostridium botulinum yang lebih mematikan.

Dari berbagai sumber. 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s