UN perlu atau tidak ? penting ngak penting ?

Jakarta – Mahkamah Agung (MA) mengabulkan gugatan Tim Advokasi Korban UN (Tekun) dan Eduvation Forum agar ujian nasional (UN) ditiadakan. Putusan tersebut menegaskan bahwa UN memang banyak masalah.

“Putusan MA pada intinya melarang pelaksanaan UN oleh pemerintah merupakan bentuk penegasan legal bahwa UN kita banyak masalah dan karenanya
harus dilakukan evaluasi total terhadap UN itu,” kata Sekretaris Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa M Hanif Dhakiri dalam rilis kepada detikcom
Nah masih banyak sederetan kasus yang menginginkan ditiadakannya UN sekolah.

Gimana tidak , 3 tahun belajar, bekerja keras tetapi tidak bisa lulus gara-gara 1 mata pelajaran nilainya jelek.

Setiap semester mendapart peringkat kelas, tapi waktu ujian karena tertekan rasa takut dan pelajaran yang butek, gara-gara 1 nilai nggak masuk akhirnya nggak lulu,

Banyak pelajar yang stress, banyak sekolah melakukan kecurangan untuk meloloskan anak didiknya, menjaga nama baik citra sekolah apapun akan dilakukan

Dan masih banyak lagi hal-hal curang dan kok bisa ya.. Guru ato sekolah yang berpendidikan berbuat gitu ?????

Standard UN yang dirasakan sangat memberatkan…

3 tahun belajar, 3 tahun berprestasi.. semuanya tak ada manfaat jika pelajaran UN tidak standard. Lantas standard sekolah internasiaonal, sekolah swasta favorit, sekolah maju dibandingkan sekolah yang diujung kampung, dipelosok desa.. apakah sama..?

Pelajaran yang diterima oleh siswa di masing2 sekolah saja beda…

Tapi apa kita juga harus setuju jika UN di tiadakan???

Kok rasanya aneh, lantas sekolah ambil standard dari mana jika tak ada ujian. Siswa apakah dijamin mutunya jika tidak diuji. Mungkin siswa akan menyeleweng tidak karuan. Sekolah bermutu atau tidak tidak bisa terjaring.

Sebenarnya UN di adakan ya bukanlah masalah….tapi bukan jadi standard kelulusan siswa. Yang menjadi masalah kan standard yang ada. Semoga saja DEPDIKNAS mau menengok kebawah. Banyak yang stress, banyak yang putus asa, banyak kecurangan dll.

Ini semua buat pelajaran pendidikan di negeri tercinta ini

Iklan

5 thoughts on “UN perlu atau tidak ? penting ngak penting ?

  1. UAN tdk bs djdkan patokan utk menentukan kualitas pendidikan di indonesia, krn byk sekolah ddaerah tertinggal yg minim akan tenaga pengajar&fasilitas penunjang shg mutu pendidikannya rendah hrs bersaing dgn sekolah di kota besar/daerah yg lbh maju yg segala2nya terpenuhi. Dgn nilai standart yg sama otomatis byk siswa ddaerah tertinggal akan klh bersaing dgn siswa di kota bsr/ daerah yg lebih maju, hal ini mununjukkan suatu ketidakadilan dr pemerintah terhadap pendidikan di Indonesia.

  2. UAN ada penting dan g nya siech….
    cz memang bnyk bgtz yg curaang…
    tp xlo g UAN malah mereka smakin bebas aja kan…

  3. gak penting blas. kalau mau UN mending dilihat pemerataan system pendidikan di Indonesia dulu. Sudah sesuai standart semua belum? atau paling tidak standartnya sama semua. Barulah ada UN yang dari segi kualitas soal juga sama. Kan lucu kalau dari sekian banyak sekolah di Indonesia dengan standart pengajaran yang tidak sama, tapu soal UN nya sama. He2, katanya… sekolah itu asal bisa baca dan tulis, biar gak gampang dibohongin. Tapi ternyata setelah saya pikir2 memang banyak benernya kok.
    UN? No Way

  4. woyy! ngaca dulu! masi bnyak yg blom d benahin untk urusan sana sini.. entah itu kbocoran soal, pengawasan kurang ketat,.. klo mau nyelenggarain UN, musti SIAP DOONK!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s