Wah…Anggaran Depdiknas Terbesar di RAPBN 2010 !

 

Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) pada RAPBN 2010 memperoleh alokasi anggaran terbesar yang mencapai Rp 51,8 triliun.

“Anggaran besar untuk Departemen Pendidikan Nasional tersebut untuk menuntaskan pelaksanaan program wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun, pemerataan, dan perluasan akses pendidikan, serta peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing pendidikan,” kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Pidato Pengantar RAPBN 2010 dan Nota Keuangan di depan Rapat Paripurna Luar Biasa DPR-RI, di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Senin (3/8).

Pada Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2010, pemerintah mengalokasikan anggaran belanja untuk seluruh kementerian/lembaga mencapai Rp 327,6 triliun, meningkat Rp 10,6 triliun dibanding RAPBN tahun 2009 lalu.

Menurut Kepala Negara, dengan anggaran pendidikan yang mencapai 20 persen dari APBN itu diharapkan dapat menaikkan kesejahteraan guru, meningkatkan mutu pendidikan guna membangun keunggulan dan daya saing bangsa di abad 21.

Diungkapkan oleh Presiden, lembaga lainnya yang juga memperoleh anggaran yang cukup besar yaitu Departemen Pertahanan sebesar Rp 40,7 triliun dan Departemen Pekerjaan Umum Rp 34,3 triliun. Sementara itu, Departemen Agama memperoleh Rp 26,0 triliun, Kepolisian Negara Republik Indonesia sebesar Rp 25,8 triliun, Departemen Kesehatan sebesar Rp 20,8 triliun, dan Departemen Perhubungan sebesar Rp 16,0 triliun.

semoga dana sebesar itu benar dalam pemanfaatannya, tidak trercampuri oleh manusia yang kurang bermoral. tetapi dana tersebut meratakah? sampai pelosokkah? lantas sekolah yang SBI dan lebih bonavit masih dapatkah? ketidak sesuaian pemanfaatan dari masyarakat harusnya ada pelaporan agar cepat terusut dan bisa di cegah lebihnya.

3 thoughts on “Wah…Anggaran Depdiknas Terbesar di RAPBN 2010 !

  1. semoga ini bukan hanya rancangan dan rencana….
    Info yang sangat menarik….. trim’s

    ==================================================
    terimakasih kunjungannya
    iya nih buat kemajuan pendidikan di negeri ini
    semoga aja benar adanya dan penggunannya

  2. Apalah guna anggaran pendidikan naik jika penuh dengan korupsi & tdk adanya pemerataan diaerah yg tertinggal sprt d papua, hal ini hanya akan membuat menderita dunia pendidikan kita…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s