Sebaiknya Formalin Dicampur Bitrex

 

Jakarta, Kompas – Untuk melindungi masyarakat dari bahaya formalin di sejumlah bahan pangan, seperti tahu atau ikan asin, sebaiknya formalin dicampur bahan kimia bitrex (denatonium benzoate) agar pahit.

”Saya berulang kali mengusulkan pada pemerintah, tapi tidak ada tanggapan. Padahal, bitrex harganya murah,” kata Ketua Yayasan Pemberdayaan Konsumen Kesehatan Indonesia dr Marius Widjajarta di Jakarta, pekan lalu.

Hal yang sama diusulkan Forum Peduli Kesehatan Masyarakat (FPKM), pekan lalu. Pihak forum tersebut mendesak penertiban penggunaan formalin dan boraks di kalangan produsen makanan di wilayah Jabodetabek. Langkah tegas pemerintah diperlukan untuk mencegah penggunaan bahan berbahaya itu guna menangkal berbagai penyakit yang disebabkan bahan berbahaya itu. ”Pemerintah harus memberlakukan sanksi tegas terhadap produsen yang melanggar. Perlu menyeret pelakunya ke meja hijau,” kata Ketua Umum FPKM Basuni Suryanata Negara. Selain itu, impor juga harus dihentikan.

”Pemerintah harus menutup keran impor, baru mengevaluasi penggunaan formalin. Jangan melakukan sebaliknya,” ujarnya. Basuni mengungkapkan, pihaknya memiliki bukti tentang tingginya penggunaan formalin pada tahu, mi, kwetiau, ayam potong, saus cabai, kecap, ikan basah, dan ikan asin. Sementara itu, penggunaan boraks sebagai pengawet dan pengenyal makanan banyak ditemukan pada produk pangan, seperti bakso, otak-otak ikan, nugget ayam, dan lontong. ”Seharusnya, pemerintah memberantas industri makanan menggunakan formalin dan boraks sebagai pengawet. Pelakunya harus ditangkap,” katanya. Data yang dimilikinya menyebutkan, 97 persen dari total 455 unit produsen tahu di wilayah Jabodetabek masih menggunakan formalin sebagai pengawet.

Dari analisis, saat ini terjadi penurunan tingkat kesehatan masyarakat sebesar 15 persen karena kontaminasi bahan kimia berbahaya pada produk makanan.

sebenarnya hal ini sangat berbahaya bagi komsumen…ntah itu generasi sekarang atau berimbas ke generasi mendatang. diracunin dengan formalin akan membuat SDM Indonesia malah tambah bobrok. sikap tegas pemerintah, BPPOM dan MUI mungkin harus ikut andil, demi kesejahteraan umat.

3 thoughts on “Sebaiknya Formalin Dicampur Bitrex

  1. setuju dengan pencampran itu, sy prihatin sekali dengan kondisi saat ini karena sudah merebak samapi ke jajanan anak kecil pun (sperti ba’wan, bala-bala/goreng-gorengan) pun sdh memakai bahan seperti borek (sejenis pijer).

  2. Saya setuju dg pencampuran itu, tapi klo tdk salah persepsi bahwa pencampuran tersebut bertujuan agar formalin tdk digunakan utk makanan krn akan trasa pahit tapi apakah dg penambahan tsb tdk akan mengurangi fungsi/kegunaan sbg pengawet utk mayat
    atau mgkin punya efek lain trmakasih

  3. Yg harus ditindak adalah penjual bahan kimia ilegal yg sembarangan menjual bahan tsb tanpa ijin. Sehingga kedepan hanya penjual yg memiliki ijin yg boleh menjual dan hanya dijual kepada pemilik usaha yg mempunyai ijin dan sesuai bidangnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s