SEKILAS TENTANG GANGGANG DAN PENANGGULANGANNYA (bagian 4): Teknologi Ultrasonik

Istilah Ulrasonik, umunya dipakai untuk menyatakan bunyi yang memiliki frekuensi di atas frekuensi bunyi yang dapat didengar, biasanya di ata 20000 Hertz.

Bunyi pada frekuensi 20 – 100 kHz, biasanya digunakan untuk ilmu pengetahuan dan komunikasi pada kelelawar, lumba – lumba dan beberapa hewan tertentu.. Frekwensi yang jauh lebih tinggi, antara 1-20 MHZ, digunakan untuk ultrasound medis. Bunyi seperti itu diproduksi oleh ultrasonik transducers.

Bunyi ultrasonik dapat diproduksi oleh transducers yang beroperasi baik oleh efek piezoelektrik maupun magnetostrictive. Magnetostrictive transducers dapat digunakan untuk menghasilkan bunyi Ultrasonik yang tinggi antara 20-40 kHz mencakup untuk pembersihan ultrasonik dan aplikasi mekanis lainnya

LG Sound mula- mula disebut sebagai Aquasonic, suatu pengeras suara yang berfungsi atas air dengan radius hanya 15 meter. Yang berfungsi sebagai alat komunikasi beberapa abad yang lalu. ,Model terbaru, Aquasonic tranducer dapat memancarkan gelombang ultrasonic di bawah air, alat ini digunakan untuk berbagai tujuan.

Sistem kerjanya dengan menghasilkan gelombang ultrasonik (berfrekuensi > 20000 Hertz), di dalam air. Gelombang atau getaran tersebut dapat merobek Sel vakuola dari ganggang, dimana tempat makanan diproses, dengan demikian membunuh ganggang. Selain itu alat ini juga membunuh spora ganggang yang terapung di air, sehingga mencegah pertumbuhan ganggang lebih lanjut. Transducer ini dirancang dengan suatu unsur tahan air, yang (mana) mengkonversi daya listrik ke dalam getaran bunyi; yang frekwensinya fatal untuk berbagai macam dari ganggang, tetapi btidak bahaya dan tidak dapat didengar untuk manusia dan (kebanyakan) binatang.

Ada sekurang – kurangnya 20.000 jenis Algae dalam variasi dan turunan. Lebih umum disebut “Algae Pengembara” yang terbawa oleh hujan dan angina, akan terbunuh paling cepat 3 – 2 minggu. Sekalipun Algae mati lebih cepat, tetapi biasanya pengaruhnya baru terlihat jelas sampai 6 minggu.

Badan air, jenis LG Sound yang digunakan mempengaruhi efektifitas pembasmian Algae. Pada kolam renang, Algae hutan yang tumbuh pada sambungan ubin adalah yang paling tamgguh. Jenis lainnya adalah tipe Filamentos, Algae jenis ini memiliki semacam gorden yang menghalangi getaran ultrasonic.

Alat ini sebaiknya dioperasikan secara terus – menerus, disamping pemakaian daya yang relative kecil,, vibrasi Ultrasonik yang permanent pada volume air dapat mrncegah Algae baru berkembang.

LG sound XL telah digunakan hampir di penjuru dunia, untuk segala bidang dan keperluan dengan pemakaian teratur. LG sound dapat membunuh algae/ ganggang dalam radius  100 m pada Danau, telaga, kolam renang (ukuran besar), Reservoar air minum, Menara pendingin, sistem pemurnian air, Reservoar air untuk industri hortikultura, Saluran Irigasi, penampungan air limbah, dan pada pengolahan Air Limbah.

Data teknis LG sound XL

Range Radius 100 m (horizontal&vertikal)

Daya 45 watt

input 220 atau 120 V

Panjang kabel 17 m


Instalasi : Kotak elektronik ini harus ditempatkan pada tempat yang kering dan tertutup. Setelah meletakkan busi dari transducer ke dalam kontak penghubung dari kotak elektronik, tranducers berpelampung dapat ditempatkan sedemikian mungkin dalam air (dilewatii sebanyak mugkin air). Gelombang memancar dari tranducers dengan sudut 180o.Mungkin kira – kira 20 cm dari permukaan dan tidak boleh kurang 20 cm dari dasar.

Jika semua instruksi dilaksanakan maka hasil yang optimal akan didapatkan dalam 1 atau 2 hari, dapat diamati dibawah mikroskop.

Ada satu tipe LG sound yang lebih kecil, biasa digunakan pada kolam ikan di rumah – rumah. Biasanya digunakan untuk memperindah kolam agar bebas dari gangguan lumut / ganggang dan agar ikan – ikan dapat hidup tanpa masalah. Alat ini dapat membuat pekerjaan membersihkan kolam menjadi lebih mudah.

Dari empat produk yang dimiliki LG, alat ini paling kecil dan paling murah. LG Sound SSS biasa dipakai oleh pemilik kebun, atau orng yang hobi memelihara hewan air agar kolam terlihat lebih indah dan bebas dari lumut / ganggang.

Data teknis  = LG sound SSS

Range = 10 x 10 meter

Daya  = 20 watt

input =  220 atau 120 V

Panjang kabel  = 10 m

Tipe lain dari lat LG Sound yaitu LG Sonic Pool, alat ini dapat digunakan pada kolam renang, suatu cara pemusnah lumut / ganggang yang ramah lingkungan. Selama ini metode yang dipakai pada kolam yaitu dengan membubuhkan senyawa klor pada kolam , cara dapat mengganggu dan menyebabkan perih di mata dan bau yang kurang enak. Dri segi effisiensi biaya, pemilik kolam renang dapt menghemat biya pemeliharaan kolam dan pembelian bahan kimia  30 – 70 %.

Tranducer alat ini dapat disimpan pada tempat terlindung dan tak terlihat mata (missal : dibawah tangga), Kotak elektriknya harus disimpan di tempat yang terlihat dan aman dari gangguan. Alat ini juga dapat digunakan untuk bak lain yang berukuran hampir sama, missal penampungan air hujan dan lain-lain.

Data teknis = LG Sound POOL

Range = 50 x 50 meter

Daya = 30 watt

input  = 220 atau 120 V

Panjang kabel  = 10 m

Tipe terakhir dari alat LG Sound yaitu LG Sound XXL, Ini adalah alt penghancur algae yang sangat kuat di pasaran dunia. Menurut data yang ada, LG Sound XXL sangat efektif untuk membunuh lumut / ganggang dengan getaran ultrasoniknya. Jarak dan jenis ganggang yang akan dibunuh menentukan kecepatan pembasmi ganggang tersebut. LG Sound XXL ini memiliki kemampuan membunuh ganggang pada jarak 400 meter untuk ganggang hijau – biru, dan sampai 150 meter untuk ganggang penjelajah yang lain pada areadanau, telaga kolam renang ukuran besar, menara pendingin, sistem pemurnian air, dan pada pengolahan air buangan.

Data teknis  = LG sound XXL

Range  = Radius 150 m (vertikal & horizontal)

Daya  = 25 watt

input  = 220 atau 120 V

Panjang kabel  = 17 m

Instalasi : Kotak elektronik ini harus ditempatkan pada tempat yang kering dan tertutup. Setelah meletakkan busi dari transducer ke dalam kontak penghubung dari kotak elektronik, tranducers berpelampung dapat ditempatkan sedemikian mungkinat dalam air (dilaewati sebanyak mugkin air). Gelombang memancar dari tranducers dengan sudut 180o.

Jika semua instruksi dilaksanakan maka hasil yang optimal akan didapatkan dalam 1 atau 2 hari,

Dari semua tipe LG Sound diatas, dalam pengoperasian nya memiliki sistem yang tidak bebrbeda. Perbedaannya terletak pada kapasitas vibrasi bawah air dan range aksinya. Tiap alat dibuat khusus untuk aplikasi tertentu.

@_pararaja

11 thoughts on “SEKILAS TENTANG GANGGANG DAN PENANGGULANGANNYA (bagian 4): Teknologi Ultrasonik

  1. Saya tertarik dengan LG SOUND POOL untuk kolam renang saya, dimana saya bisa mendapatkan dan berapa harganya?
    trims atas infonya,
    Judi PW

  2. rolong kirimkan saya harga-harga LG sound an saya minta tolog am anda bisa ga saya mendapatkan LG sound tu coz sya lagi cari judul untuk penelitian saya dan ternyata saya tertarik dengan LG sound.kalau bisa kirikam juga makalah dan bahan2 LG soun ini.termkasih

  3. Dear, Andriyadi.

    Salam kenal. Mohon maaf jika sangat terlambat untuk menjawab pertanyaan saudara karena suatu hal kesibukan.

    – Biaya pembelian lgsonic XL @ buah Rp. 10.710. 166,67
    – Biaya pembelian lgsonic SSS @ buah Rp. 7.130.500,00

    Untuk perhitungan effisiensi LG sonic dibanding dengan metode kimia, fisika, dan lainnya, Insya4JJI nanti saya emailkan langsung.

    Selebihnya silahkan mengexplore di http://www.lgsonic.com
    http://www.indonetwork.co.id

    Regards.
    skimaters.

  4. teima kasih atas bantuanya.
    saya minta tolong 1 lagi bisa gak dari SMK 3 memberikan saya teori dan rangkaian alat ini cos saya sedang dalam penelitian tentang alat ini untu menyelsesaikan TA saya.kalau bisa sedetail mungkin.terimakasih

  5. salam ..
    saya tertarik untuk menggunakan teknologi lg sound untuk mengontrol ganggang di danau> mhn no kontak yg bisa dihubungi.
    indan-jogjakarta

  6. Saya tertarik untuk menggunakn teknologi LG SOUND untuk menghilangkan ganggang yang ada di danau / situ, mohon nomor kontak yang bisa dihubungi.
    Budi – Purwakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s