Pompa Air Tanpa Motor

Mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang pompa hidran. Pompa ini mampu mengalirkan air tanpa bantuan mesin pemompa. Daya penggeraknya adalah tekanan dinamik yang ditimbulkan oleh gaya air yang meluncur dari suatu ketinggian.

Tekanan air itu kemudian diubah sebagai tenaga pendorong mengangkat air ke tempat sasaran yang lebih tinggi. Prinsip-prinsip tersebut pun ada dalam Pompa Air Tanpa Motor (PATM) karya Ade R Purnama dari Bandung, Jawa Barat. Hanya saja dia telah melakukan serangkaian uji coba yang menjadikan modifikasinya tersebut layak untuk diaplikasikan di lapangan dengan kemampuan yang lebih tinggi dibandingkan dengan pompa hidran biasa. Bahkan temuan Ade telah mendapatkan hak paten pada tahun 1996.

Keunggulan

PATM tergolong unik karena memanfaatkan kekuatan alamiah berupa tekanan atau gaya air. Wajar bila alat ini dikatakan hemat karena tidak perlu menggunakan motor penggerak dan tidak memerlukan bahan bakar/tenaga listrik. Biaya perawatan pun kecil. Alat ini mampu bekerja terus menerus, 24 jam, dan mampu mengalirkan air sampai ketinggian ratusan meter dari sumber air. Tidak perlu ada operasionalisasi yang rumit, karena alat telah bekerja secara otomatis.

Sistem Kerja

Pompa ini memiliki tiga bagian utama yakni: Sumber air; dapat berupa danau, aliran sungai, kolam, atau bendungan kecil dengan debit paling sedikit 20 lt/detik/unit PATM Unit pompa; dipasang antara 18 dan 24 meter dari sumber air dengan posisi minimal 2 meter dan maksimal 5 meter permukaan air serta dihubungkan dengan pipa penghubung berukuran 6 inci (tipe menengah) Jaringan pipa pengeluaran dan pipa penghantar; dapat dipasang sepanjang puluhan kilometer apabila ketinggian antara sumber air dan daerah sasaran diukur tidak lebih dari 1.000 meter (QD).

Sistem kerja PATM diawali dengan aliran air dari sumber melalui pipa pemasukan atau pipa penghubung ke katup limbah. Gaya tekan air yang masuk ke dalam pompa akan mendorong katup pompa (katup limbah) ke atas sehingga tertutup dan menghentikan aliran air dalam pipa pemasukan. Penghentian aliran air secara tiba-tiba ini akan menghasilkan tekanan tinggi dalam pompa.

Tekanan tinggi akan mengatasi tekanan dalam ruang udara pada katup penghantar sehingga air dari sumber mengalir lagi dari pipa penghubung. Perputaran ini berlangsung berulang-ulang dengan frekuensi yang sangat cepat sehingga air mengalir melalui pipa pemasukan dan pengeluaran secara kontinyu. Pada dasarnya prinsip kerja PATM merupakan proses pengubahan energi kinetik ‘gaya gerak’ air menjadi tekanan dinamik sehingga menimbulkan momentum atau ‘pukulan air’ yang berkekuatan tinggi dalam pipa saluran. Tekanan ini mengakibatkan katup pompa dan katup penghantar dalam tabung pompa terbuka dan tertutup secara bergantian.

Tekanan dinamik diteruskan untuk menghasilkan daya tekan dalam pipa pemasukan sehingga memaksa air naik ke pipa pengeluaran dan didorong ke pipa penghantar. Jadi prinsip kerja PATM yaitu melipatgandakan kekuatan gaya dorong air.

Sumber air

PATM ini membutuhkan air yang cukup yakni minimal 20 liter/detik. Guna menjaga keberlangsungan pasokan air ke pipa pemasukan, air perlu dikumpulkan dalam bendungan.  

 

Adopted by @_pararaja

12 thoughts on “Pompa Air Tanpa Motor

  1. Diluar sana mash bnyak lulusan smk3 kmia madiun yg nganggur dan mereka kbanyakan bekerja diluar bidang yg dipelajari,diharapkan kerjasama atas dasar kekeluargaan demi majunya dan lebih dikenalnya smk 3 kimia madiun yg memiliki rumor bhwa smk 3 kmia merupakan salah 1 dr 7 skolah jurusan kimia di indonesia,skima diharapkan bs memperluas hubungan sekolah dan dunia perusahaan secara langsung,agr smua pngusaha mngenal lebh bnyk soal skima scara nyata?diperluasnya informasi2 lowongan pkerjaan kepada para alumni2 skima,salah satunya melalui siswa yg mash berada di skima,agr memberi info lwongan pekerjaan kpada alumnus skima…
    By.redy eko s._
    alumny SKIMA 3 2002

  2. Dear, Redy Eko.s.

    Selamat bernostalgia.
    Terima kasih atas perhatian dan masukannya.

    Kami mengerti bahwa situasi ekonomi masih dalam kondisi perbaikan dan kita harapkan menjadi lebih baik tentunya tanggung jawab tetap dominan pada pemerintah.

    Kami menyadari bahwa persaingan, tuntutan, dan tantangan yang besar adalah suatu hal yang harus dijalani dengan optimistis. Rezeki memang sudah ada yang mengatur tapi manusia dituntut untuk berusaha dalam mengukir masa depannya sendiri.

    Untuk itu salah satu motto kita sekarang adalah “menciptakan peluang usaha (entrepreneur)” karena “mencari peluang usaha” sudah lama kita tinggalkan. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan hal2 tersebut memang perlu adanya dan itu merupakan suatu hal yang wajar, itu suatu pilihan hidup.

    Kami telah memfasilitasi keinginan para lulusan dengan adanya Bursa Kerja SKIMA (Silahkan anda menghubungi Bp. Marwan atau Bp.Aris) atau langsung ,menghubungi sekolah via kepala sekolah (Bp. Tavip).

    Komunikasi, silaturahmi, connection, information, dsb mungkin perlu di tingkatkan.

    Di rubrik milis skimaters banyak informasi yang mungkin anda dapatkan baik dari sekolah maupun alumni selain kolom loker, dsb.

    Keep brothership.
    Regards.

  3. iya…kita tahu kok, tapi ikut membangun sekolah adalah cita2 kami.
    dengan cara apa dan bagaimana mungkin semua ada seninya…
    merekrut adek kelas, ataupun dukungan or saran ke sekolah sering kita lakukan…
    so guy’s mari kita maju dan kembangkan sekolah kita..
    mari bersatu di bawah SKIMA

  4. Terima kasih atas informasi tentang “Pompa Air Tanpa Motor” dan sudah kami praktekkan
    Kami menggunakan wadah tampungan air (Drum yang terbuat dari kaleng isi +- 200 liter)
    dengan pipa masuk dan pipa keluar 1/2 inci, pertamanya sempat mengalir hanya wadahnya kok secara perlahan menciut, dimana sih salahnya ? mohon bantuannya.
    Terima kasih.

  5. ass.Wr.Wb

    saya pernah dengar dari saudara pompa dengan media 2 drum tapi secara teknis tidak paham cara instalasinya mohon penceranya

    Wass.Wr.Wb

    cigalumpit

  6. assalamualaikum..pak..
    saya dari mahasiswa teknik mesin universitas sultan ageng tirtayasa cilegon-banten.
    saya ingin konsultasi untuk penelitian tugas akhir saya di bidang konversi energi.
    boleh saya mengetahui lebih detailnya mengenai pompa hidram tersebut karena tugas akhir yang saya ajukan ini mengenai analisa pengaruh water hammer terhadap debit air pompa hidram..
    tetapi saya kurang memiliki data detailnya mengenai pompa tersebut pak..
    boleh saya sharing dengan bapak..
    boleh saya minta email bapak untuk bisa menanyakan lebih lanjut..

  7. makasih atas semuanya sangat meme bantu … eman pernah sa coba kenapanya airnya gak mau naik apa pipa penyedotnya ter lalu kecil…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s