Belajar Manajemen Perusahaan. Chapter.13 : INOVASI & ACTS (Summary version)

TUJUAN
– Memahami maksud dan arti pentingnya Inovasi (ACTS)
– Memotivasi bagaimana menjadi anggota sebuah team
– Dapat berinovasi (menemukan cara-cara baru) secara proaktif dalam menyelesaikan tantangan kerja sehari-hari
– Mengefektifkan penggunaan metode ACTS
– Menstandarisasikan laporan (notulensi) inovasi
– Menghargai gaya inovasi yang berbeda
– Dapat berperan dalam menghasilkan pemecahan yg inovatif & meningkatan dengan melaksanakan proses ACTS
PROSES ACTS
– Ask (Tanya) : Apa Yang ingin kita kerjakan ; Apa yang kita takutkan/khawatirkan
– Chek (cek) : Apa yang telah kita ketahui ; apa yang telah kita kerjakan dapat membantu ; apa yang tiap anggota kerjakan ; ketrampilan yang bermanfaat apa yang dimiliki oleh tiap-tipa orang ; Masalah apa yang sebenarnya
– Think (Fikir) : Ide apa yang kita miliki ; Modifikasi faktor pengaruh ; penyelidikan simbol alam ; eksperimen ; keuntungan – kerugian
– Suggest (saran) : Minta persetujuan ; jelaskan dan lakuka ; terapkan (Action Plan)
ACTS SEBUAH MODEL PEMECAHAN MASALAH
– Keterkaitan antar poin dan pola fikir pemecahan
– Penggunaan data real dan analisa
– Penggunaan gaya inovasi dan tekhnik pengembangan ideMetode untuk memilih pemecahan yang benar
APAKAH INOVASI
– Mempunyai ide baru/dan atau yang lebih baik bisa meningkatkan produk/hasil, pelayanan dan prosedur kerja
– Bersifat Dramatis & mendapat Perhatian yang Nyata
– Kreatifitas , Individualisme
– Inovasi bisa merubah (fenomena sekali tembak) secara langsung atau bertahap
GAYA INOVASI
– Visioning : Melihat pada gambaran yang diinginkan sebagai tujuan
– Modifyng : Membuat dan meningkatkan pada apa saja yang telah dicoba dan teruji
– Experimenting : Menggabungkan dan menguji kenyataan
– Exploring : Meragukan informasi yang ada dan menemukan cara baru
NILAI TIAP GAYA INOVASI
EXPERIMENTING
– Tetap pada realitas
– Tahap pembuktian pengalaman
– Pendekatan analitik
– Mengikutsertakan orang lain dalam mengambil keputusan
– Hasil dan keuntungan bisa dicapai
– Rendah biaya
– Menggunakan sumber daya yang ada
– Menggunakan metode yang hemat waktu
EXPLORING
– Banyak ide baru
– Melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda
– Berani menantang norma-norma
– Pikiran yang terbuka
– Membangkitkan semangat
– Tidak takut kegagalan
– Menawarkan alternative
– Menemukan hal yang mustahil
– Mengenalkan variabel/faktor lain
MODIFYNG
– Tidak mereka-reka aturan
– Hemat waktu, biaya dan penggunaan
– Sumber daya yang tersedia
– Mendorong ide-ide
– Praktis, realistis
– Fleksibel dan bisa menyesuaikan
– Menghasilkan pekerjaan yang lebih bermutu
– Mudah mendapat dukungan dari atasan dan sekerja
– Sistematis, proses yang berkesinambungan
– Lebih cepat menerapannya
4 PRINSIP INOVASI
– Kita semua mempunyai kemampuan untuk menjadi inovatif
– Kita mempunyai perbedaan cara untuk menangani dan menyelesaikan masalah
– Kita menggunakan suatu kombinasi dari keempat gaya inovasi
– Gaya ini seperti bermacam-macam bahasa yang lebih seperti sebuah gambar dari kepribadian kita
MENGOPTIMALKAN KINERJA SEBUAH TIM INOVASI
– Menyadari keragaman perbedaan sudut pandang dan gaya inovasi sebagai sebuah kekayaan bukan sebaliknya
– Pengaturan Tempat Duduk
– Mendengar dan sulitnya memahami maksud orang lain
– Apakah kelompok akan membangun / merusak ide yang sudah ada
– Bagaimana Tim Sampai pada keputusan
JANGAN JADI Mr. Averageman
Dilahirkan pada tahun 1901, nilai-nilainya antara C & D, kawin dengan nona Medicore pada tahun 1924 mempunyai seorang anak laki-laki bernama Averageman Jr dan seorang anak perempuan bernama Baby Medicore. Dia mempunyai masa pengabdian tidak baik selama 40 tahun dan memegang berbagai posisi tidak penting. Dia tidak berani menghadapi resiko dan memanfaatkan peluang. Dia juga tidak berani mengasah bakat dan terlalu bersikap pasif.
Buku kegemarannya “Noninvolvement ; The Story of Playing It Save (Tiada keterlibatan ; suatu kisah bagaimana untuk tidak menyusahkan diri). Dia hidup selama 60 tahun tanpa mempunyai tujuan, rencana, kemauan, keyakinan atau tekad. Pada batu nisannya tertulis kata-kata berikut :
– Disinilah makam Mr. Averageman
– Dilahirkan pada tahun 1901, wafat tahun 1921 dikebumikan pada tahun 1964
– Dia tidak pernah mencoba sesuatu
– Harapannya pada kehidupan terlalu sedikit
– Kehidupan tidak berarti baginya.
KEKHAWATIRAN
– Mungkin saya melakukan kesalahan
– Orang² tidak menyukai saya
– Mungkin saya akan gagal
– Saya tak ingin merasa tidak enak
– Saya bisa belajar dari kesalahan
– Saya suka menolong
– Saya percaya diri
– Saya bisa menyesuaikan
BEBERAPA NILAI DAN ARTI PENTING
– Dependensi Manusia
– Tujuan ‘Kesejahteraan’
– Perhatian yang paling utama dari para manajer
– Perluasan Pasar yang cepat
– Perubahan Dari
– Prilaku Konsumen
o Kemajuan Iptek
o Mindset
MENGEMBANGKAN USULAN TEAM
– Dengarkan hal-hal yang baik dari setiap usulan
– Mendorong orang tersebut untuk memperinci ide-idenya
– Kembangkan ide tsb
UCAPAN MENDORONG ORANG LAIN
– Pekerjaan bagus, pertahankan hal tsb
– Saya bangga padamu
– Anda adalah salah satu anggota team yang penting
– Mari kita saling belajar
– Kita satukan pikiran untuk selesaikan masalah ini
– Sangat bagus
– Ayo, cobalah
– tu ide cemerlang
– Lakukan hal yang terbaik
– Sangat fantastis
KONSEP PROAKTIF
BAHASA REAKTIF
– Tidak ada yang dapat lakukan
– Memang sudah begitulah saaya
– Ia membuatku bagitu marah
– Mereka tidak akan mengizinkan itu
– Saya terpaksa melakukan it
– Saya tidak bias
– Saya harus
– Seandainya saja
BAHASA PROAKTIF
– Mari kita lihat alternatif yang kita miliki
– Saya dapat memilih pendekatan yg berbeda
– Saya mengendalikan perasaan saya sendiri
– Saya dapat memberikan presentasi yang efektif
– Saya akan memilih respons yang sesui
– Saya memilih
– Saya lebih suka
– Saya akan
SISTEM DAN STANDAR LAPORAN
– Target Tema dan Pembagian Tim
– Standar Laporan
Urutan Proses; SISTEM DAN STANDAR LAPANGAN
– Notulensi lengkap
– Besar Huruf
Tekhnik Presentasi
– Penekanan Poin penting
– Penyajian data/gambar/table
– Waktu

Tinggalkan Balasan

