Belajar Manajemen Perusahaan. Chapter. 11. : Solusi bidang Manufaktur melalui MRP9000

MRP9000(tm) menyediakan sarana berupa sistem pengendali bagi kegiatan manufaktur, yang menggabungkan filosofi dari MRPII dan teknik penyelenggaraan operasional yang menjadi standar kendali mutu yang lazim dikenal dengan sebutan ISO 9000 itu.

Standar kendali atas kualitas tersebut akan membentuk sebuah sistem yang terintegrasi secara penuh, sebuah paket software manufaktur yang benar-benar lengkap, yang memungkinkan aktivitas bisnis menjadi cukup kompetitif guna bersaing secara internasional.

Paket MRP ini bekerja dengan Microsoft Access yang bekerja dalam platform Windows NT dan SQL server. MRP9000 menawarkan kemampuan olah yang benar-benar akrab bagi penggunanya, dalam lingkungan operasi client server pada format Windows yang sudah sangat populer saat ini, seraya menerapkan pula sarana bantu yang benar-benar sempurna yang akan menyediakan kesempatan bagi manufaktur untuk memasuki arena persaingan global yang semakin ketat dewasa ini.

MRP9000 dirancang berdasarkan software manufaktur yang sudah teruji keberhasilannya, PRO:MAN, yang sudah diterapkan pada ratusan pengguna manufaktur di seluruh dunia, untuk bisa memenuhi kegiatan bisnis yang terdiri dari aktivitas memproduksi-dan-menyimpan-sebagai-persediaan atau yang bisnisnya adalah memproduksi-berdasarkan-pesanan.

Sistem bakunya meliputi software untuk inventory control, penjualan dan pemasaran, pembelian, perencanaan produksi, MRP/CRP, pengendalian manufaktur, serta laporan keuangan yang lengkap. Sejumlah tambahan juga tersedia meliputi Multi-Location/Lot Tracking, Quoting/Estimating, Physical Inventory, Shop Floor Control, TeleData, Return Material Authorization, Engineering Change Order, dan TeleData. Semua modul tersebut bekerja secara integrated dan dioperasikan dalam modus online dan real-time.

Proven Cycle Design (Siklus desain yang teruji)

MRP9000 terdiri dari lima buah siklus yang lengkap dan integrated, yang terdiri dari Inventory, Sell, Plan, Make, dan Buy.

Semua siklus tersebut ditayangkan dalam bentuk grafis yang menggambarkan diagram alir, serta bekerja secara bebas satu sama lainnya, meski tetap terintegrasi secara penuh.

Informasi dimasukkan pada sebuah siklus akan bisa digunakan oleh siklus lain yang berkaitan, sehingga tidak menyebabkan terjadinya duplikasi masukan data.

Microsoft Access 97

MRP9000 ditulis dengan menggunakan Microsoft Access. Dengan catatan penjualan yang mencapai lebih dari 10-juta keping saat ini, maka boleh dibilang kalau Access adalah salah satu dari software database yang paling populer selama ini.
Berdasarkan catatan yang dikeluarkan oleh Microsoft, saat ini frekuensi penjualan Access terjadi tiap sembilan detik sekali dibagian manapun di dunia ini. Access akan terus-menerus dikembangkan dan diperbaiki, dan akan menjadi bendera utama paket database dari Microsoft.

Keadaan seperti itu merupakan sebuah petunjuk yang sangat penting mengenai betapa terjaminnya pengguna software MRP9000 in, mengingat Microsoft Access akan terus berkembang menjadi standar database yang mendunia. Versinya yang untuk SQL Server sudah pula diluncurkan, yang akan memberikan kemampuan untuk diterapkan di kelas bisnis tingkat yang mana pun, serta memiliki kemampuan handal yang menjadi kebutuhan organisasi bisnis besar pada umumnya.

Interconnectability (saling terkoneksi dengan yang lain)

Karena MRP9000 bekerja pada Microsoft Access maka hubungannya dengan aplikasi-aplikasi lain keluaran Microsoft seperti Excel, E-Mail, Project, Word, dan lain sebagainya, akan berlangsung secara mulus tanpa hambatan.
Dengan kemampuannya tersebut maka aplikasi MRP9000 semakin meluas pula kemampuannya sehingga sistem mampu menghasilkan informasi lebih banyak, meliputi grafis, jaringan, dan konektivitas perkantoran secara menyeluruh.

Microsoft Access juga memiliki seperangkat standar untuk melakukan hubungan dengan sistem database lain melalui ODBC (Open Data Base Connectivity), yang memungkinkan data-data yang berasal dari sistem database lain untuk saling termanfaatkan dengan program-program, pelaporan, dan grafik yang terdapat di MRP9000.

Mudah dioperasikan.

MRP9000 mudah diinstal dan sekaligus juga mudah pengoperasiannya. Hal ini dikarenakan panduan operasionalnya yang menggunakan tampilan grafis yang menerapkan format Windows sepenuhnya. Tak dibutuhkan waktu lama untuk mempelajarinya, khususnya bagi mereka yang masih baru mengenalnya, dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi manufaktur yang lain. Ini disebabkan oleh penggunaan ilustrasi grafis yang sempurna untuk menggambarkan aliran dan urutan proses masing-masing manufaktur pemakai sistem ini, serta adanya fasilitas bantu, ‘help’, yang bisa langsung dipanggil untuk memberikan uraian yang jelas sebagai penjelasannya, dengan cara meng-klik-nya saja.

 

Adopted from : Intuitive Manufacturing System, Inc.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s