Belajar Manajemen Perusahaan. Chapter. 10 : Maintenance Management Software (Software Aplikasi Pemeliharaan)

Manajemen Pemeliharaan – Upaya terbaik untuk peningkatan produktivitas  

Perusahaan yang membiarkan dirinya mengalami kegagalan peralatan produksinya serta mengabaikannya, sama saja dengan memberikan dirinya kalah bersaing terhadap pesaingnya, dengan kekalahan yang tidak wajar.

Sangat aneh, kiranya, jika sementara sebuah perusahaan yang membiarkan dirinya mengalami gangguan pada alat-alat produksinya, maka pihak lain berani menghabiskan pengeluarannya yang cukup besar untuk terus-menerus mencari software yang bisa meningkatkan sistem informasi berkenaan dengan aktivitas pemeliharaan dan perawatan terhadap aktiva tetap berupa mesin-mesin tersebut.

Masih cukup banyak perusahaan yang begitu bodoh, sehingga tidak segera memperhatikan penerapan sistem yang mampu mengelola informasi berkenaan dengan aset-aset yang menjadi modal bisnisnya. Dan hasilnya bisa dilihat pada laporan-laporan keuangan, atau laba/rugi, yang menunjukkan bagaimana jeleknya cara mereka menangani aset-aset permodalannya tersebut.

Produk untuk manajemen pemeliharaan dan perawatan aset
berasal dari: PSDI       

THE MAXIMO ADvantage solusi Microsoft tersedia dalam database Access, MAXIMO ADvantage mengembangkan sistem yang mampu melakukan penghematan dan produktivitas yang berlangsung secara otomatis dari manajemen pemeliharaan dan perawatan bagi fasilitas dan pasar manufaktur kecil.

Work and Labor Management (manajemen pekerjaan dan tenaga kerja)

Materials Management (manajemen material/barang)

Aplikasi Work Order akan menghasilkan, merubah, dan menutup untuk terjadinya transaksi-transaksi yang berkenaan dengan adanya pekerjaan-pekerjaan yang harus dikerjakan, yang dikelompokkan berdasarkan nomor WO-nya.

Inventory (Persediaan material/barang) aplikasi ini akan melakukan penambahan jenis item, melakukan perubahan atas informasi batas minimal persediaan, serta menetapkan suatu batas kuantitas di mana sebuah material/bahan harus dilakukan pemesanan kembali, untuk secara otomatis menimbulkan laporan permintaan pembelian. Juga akan diterbitkan data pengeluaran dan pemakaian material/barang yang digunakan untuk suatu Work Order tertentu, pekerjaan perbaikan, catatan pemeliharaan dan akuntansi persediaan.

Work Request (permintaan pelaksanaan kerja) aplikasi ini akan membentuk dan menelusuri semua permintaan perbaikan, termasuk  pembatalan, pengiriman, pembukuan catatan secara lengkap, dan pembebanan biayanya.

Receiving (penerimaan) aplikasi akan menerima kedatangan barang, baik yang dibeli atas dasar permintaan pembelian atau beli langsung, untuk direkam pada catatan persediaan (stok), dan secara otomatis akan meng-update nilai persediaan.

Perencanaan & Penjadualan aplikasi ini akan mengendalikan sumberdaya tenaga kerja dan material termasuk informasi mengenai kontraktor. Akan membantu dalam pengaturan dan pengelompokan jenis-jenis dan klasifikasi tenaga kerja berdasarkan kebutuhan-kebutuhan atas beban kerja tertentu, dan menyeimbangkan antara kebutuhan tenaga kerja dan materialnya.

Kartu Material merupakan aplikasi yang akan membebankan material yang tidak termasuk ke dalam material stok yang digunakan pada penyelesaian sebuah work-order permintaan pekerjaan serta panggilan mendadak, serta mencatat waktu penyelesaian pekerjaan dan akuntansi materialnya.

Work Order Bar Code merupakan aplikasi yang memungkinkan pemasukan data work-order dengan menggunakan scanner untuk barcode.

Inventory Bar Code akan menjadi aplikasi yang memungkinkan untuk melakukan pengeluaran barang dan kinerja dari persediaan fisik dengan menggunakan scanner barcode.

Time Cards (kartu pencatat jam operasi) akan menjadi sebuah aplikasi yang akan menerapkan pembebanan biaya berdasarkan alokasi waktu yang digunakan untuk menyelesaikan sebuah work-order, permintaan pekerjaan, serta panggilan mendadak, atau merupakan pencatatan akuntansi atas waktu dan materialnya.

Aplikasi kunci lainnya

Apalikasi penagihan (tersedia dalam versi 3.40) memfasilitasi prosedur pembebanan biaya, membuat tagihan dan menelusuri data penerimaan pembayaran dari pelanggan atas pelaksanaan kerja dari Work-Order tertentu, meliputi beban biaya material dan tenaga kerjanya.

Preventive Maintenance (pemeliharaan dan perawatan)

Preventive Maintenance merupakan aplikasi yang memungkinkan Anda untuk membuat jadual PM (preventive maintenance, pemeliharaan dan perawatan) untuk peralatan tertentu atau fasilitas-fasilitas perusahaan. Work-order akan dibuat secara otomatis berdasarkan skedul waktu yang sudah ditetapkan, lengkap dengan peralatan-peralatan, bahan-bahan, serta prosedur kerjanya. Jadual PM bisa didasarkan atas satuan meter, jam kerja aktif, atau pemanfaatannya.

Component Management (manajemen komponen) merupakan sebuah aplikasi untuk menghasilkan peringkat peralatan.  meliputi sub-komponen dan sistem yang lebih besar di mana peralatan itu terdapat.

Purchasing (pembelian)

Purchase Order (permintaan pembelian) merupakan aplikasi yang memungkinkan untuk menghasilkan permintaan pembelian, termasuk penyediaan informasi dalam besaran mata uangnya, untuk memudahkan persetujuan pimpinan.

System Administration merupakan aplikasi untuk mempersiapkan pemberian kode bagi sistem dan pengguna untuk keperluan pengamanan dan pengelompokan staf.

Spot-Buy Requisitions (permintaan pembelian langsung) digunakan untuk menghasilkan permintaan-permintaan yang bersifat mendadak untuk item-item barang yang tidak tersedia sebagai stok atau merupakan barang yang jarang digunakan dan disediakan.

Interfaces merupakan aplikasi yang memungkinkan ADvantage untuk terhubung langsung pada sistem lainnya yang Anda gunakan untuk keperluan pendugaan masa pemeliharaan, manajemen energi, TPM, dan lain sebagainya.

Reports (pelaporan-pelaporan) merupakan aplikasi yang akan memberikan Anda kesempatan untuk memilih dari sejumlah pelaporan baku, membuat sendiri laporan dengan bantuan Smart Reports atau membuat bentuk laporan tersendiri, dan analisanya.

THE MAXIMO —

memberikan Anda fungsi-fungsi manajemen pengolahan data yang sempurna dan memiliki fleksibilitas sesuai kebutuhan dari perusahaan-perusahaan kelas atas. MAXIMO mendukung sistem database SQL utama, termasuk Oracle, Sybase, dan bekerja pada platform UNIX atau NT server pada lingkungan operasional client/server.

Adopted from : Adopted from : Intuitive Manufacturing System, Inc.

 

One thought on “Belajar Manajemen Perusahaan. Chapter. 10 : Maintenance Management Software (Software Aplikasi Pemeliharaan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s