Live Your Life

The successful person in the world are they who always seek for new opportunities when they’ve got their previous ones“. – Brian Tracy –

Apa yang telah kita capai saat ini tentu membutuhkan perjuangan yang keras dari kita untuk meraihnya. Namun setelah mencapai tujuan-tujuan ini, terkadang kita lupa untuk membuat tujuan-tujuan baru di dalam hidup. Kebahagiaan yang kita rasakan saat suatu tujuan telah tercapai tidak akan bertahan lama. Pasti lama kelamaan rasa itu menjadi biasa saja. Sebuah survey yang pernah dilakukan di Amerika Serikat menunjukkan, bahwa rata-rata seseorang akan merasa sangat bahagia setelah mencapai tujuan-tujuan dalam hidupnya, maksimal selama 90 hari. Setelah itu, kondisi emosinya menjadi normal lagi. Kebahagiaan dan kebanggaan dalam meraih hal ini yang tadinya begitu menggebu menjadi biasa-biasa saja. Apa makna dari survey ini ?

Artinya, kita boleh saja merayakan kemenangan kita dalam meraih tujuan, tapi setelah itu jangan lupa untuk membuat tujuan baru. Kalau kita menganggap bahwa tujuan yang telah tercapai tersebut adalah tujuan akhir, maka bisa dipastikan bahwa rutinitas dalam hidup kita setelahnya akan menjadi bosan, kosong, dan tak tentu arah. Jelas, rutinitas pasti akan membosankan jika kita tidak tahu, apa sebenarnya TUJUAN yang ingin DICAPAI dari rutinitas tersebut.

Buatlah selalu beberapa TUJUAN BARU di dalam hidup anda setelah tujuan-tujuan lama telah tercapai. Tujuan baru berarti tujuan yang spesifik di masing-masing bidang dimana anda berada. Misalnya,untuk posisi anda sebagai seorang manager di kantor, apa tujuan anda selanjutnya ? Tujuan ini adalah sesuatu yang sifatnya sangat personal, dan merupakan tujuan anda pribadi, bukan tujuan kantor. Misalnya, target untuk meningkatkan penjualan tahun ini sebesar 30 %, ini adalah tujuan milik kantor, bukan milik anda. Anda hanya sebagai pelaksana dari tercapainya tujuan tersebut. Mungkin anda bisa membuat tujuan pribadi dari tujuan kantor ini misalnya, dengan bekerja keras mencapai target peningkatan 30 % ini, anda akan mendapatkan bonus tambahan sebesar sekian juta rupiah. Atau mungkin dalam posisi anda sebagai seorang kepala keluarga, apa tujuan anda setelah tujuan sebelumnya mempunyai beberapa orang anak kecil yang lucu telah tercapai ? Bisa saja anda mempunyai tujuan bagaimana agar anak-anak anda bisa bersekolah di tempat yang berkualitas, bagaimana anda bisa mendidik mereka dengan benar, sehingga saat mereka tumbuh, mereka bisa menjadi seorang anak yang mempunyai budi pekerti yang tinggi,cerdas, dan ramah.

Bagaimana emosi kita saat sedang bekerja mencapai suatu tujuan ?

 

NIKMATILAH PROSES yang kita lakukan dalam mencapai tujuan tersebut. Saat anda melakukan presentasi kepada klien misalnya,nikmati proses anda melakukan hal ini dengan semangat yang tinggi. Bayangkan tujuan akhir anda yang bisa dicapai setelah melakukan semua kerja ini. Atau saat anda bersama keluarga, nikmati proses ketika anda menyiapkan makan kepada mereka. Bayangkan bagaimana anak anda bisa tumbuh dan berkembang dengan makanan ini, dan mereka bisa menjadi anak yang sukses seperti yang anda harapkan. Mungkin tidak semua proses membuat kita senang. Ada saat-saat dimana kita mesti menghadapi proses yang tidak mengenakkan, proses yang membuat kita jengkel. Misalnya saja, anak anda tidak menurut apa yang anda katakan. Justru disitulah yang menarik dari proses ini, bagaimana kita menyikapi situasi yang tidak berjalan sesuai dengan yang kita rencanakan.

 

Kedewasaan kita akan banyak terbentuk pada proses ini,membuat kita lebih matang dan berpengalaman dalam menjalani kehidupan. Saat kita bisa menikmati langkah demi langkah dalam melakukan proses ini, hidup akan terasa lebih bernilai bagi kita. Bahkan John Maxwell juga pernah mengatakan, bahwa sukses bukanlah sebuah tujuan akhir, tapi kenikmatan menikmati proses dalam mencapai tujuan kita.

 

Dan yang ketiga, kehidupan juga bisa dibuat lebih semarak jika kita mencoba melakukan aktivitas rutin dengan CARA YANG BERBEDA. Misalnya, jika selama ini kita berangkat ke kantor selalu melalui jalan yang sama, mungkin mencoba memutar melalui jalan lain akan memberikan view yang berbeda, dan menghilangkan kesan rutinitas yang selama ini kita lakukan. Apabila saat ini untuk masuk ke kantor anda di lantai lima, anda selalu naik lift yang sama, mengapa sekali-kali tidak mencoba datang lebih pagi dan mencoba naik tangga, misalnya ? Setidaknya, jantung anda akan berdetak lebih cepat, membuat adrenalin bekerja, dan membuat kita lebih `panas’, lebih siap dalam menghadapi tantangan di kantor sepanjang hari.

 

Selamat mencoba, dan sukses untuk anda !

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s