MENGENAL BAHAN KIMIA PENGAWET MAKANAN DAN BAHAN TAMBAHAN PANGAN.

Bagaimana mencegah pangan agar tidak rusak..?

1.      Gunakan bahan baku yang baik.

2.      Bersihkan semua alat sebelum digunakan.

3.      Cuci tangan sebelum dan sesudah bekerja.

4.      Masaklah pangan secara seksama dan sempurna untuk membunuh mikroorganisme yang ada di     dalamnya.

5.      Simpanlah pangan di tempat yang sesuai.

Selain dengan cara seperti di atas, untuk menghindari/mencegah serta menghambat pertumbuhan bakteri dalam pangan agar lrbih tahan lama dilakukan proses pengawetan pada pangan

Salah satu dari beberapa teknik pengawetan pangan adalah memberikan bahan tambahan pangan (BTP) untuk pengawetan, hal ini dilakukan dengan menambahkan suatu bahan kimia tertentu dengan jumlah tertentu yang diketahui memiliki efek mengawetkan dan aman untuk dikonsumsi manusia. Jenis dan jumlah pengawet yang diijinkan untuk digunakan telah dikaji keamanannya.

BTP digunakan dalam pangan setidaknya mempunyai lima alasan utama, yaitu:

Untuk mempertahankan konsistensi produk.

Emulsifier memberikan tekstur produk berbentuk emulsi atau suspensi yang konsisten dan mencegah pemisahan fasa air dengan fasa lemak suatu emulsi atau pemisahan fasa cair dan fasa padat suatu suspensi. Penstabil dan pengental menghasilkan tekstur yang lembut dan homogen pada pangan tertentu.

Untuk meningkatkan atau mempertahankan nilai gizi.

Vitamin dan mineral yang ditambahkan ke dalam pangan seperti susu, tepung, serelia lain dan margarin untuk memperbaiki kekurangan zat tersebut dalam diet seseorang atau mengganti kehilangannya selama proses pengolahan pangan. Fortifikasi dan pengayaan pangan semacam ini telah membantu mengurangi malnutrisi dalam populasi masyarakat Amerika. Semua pangan yang mengandung nutrien yang ditambahkan harus diberi label yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku secara internasional atau sesuai ketentuan masing-masing negara.

Untuk mempertahankan kelezatan dan kesehatan (wholesomeness) pangan.

Pengawet menahan kerusakan pangan yang disebabkan oleh kapang, bakteria, fungi atau khamir. Kontaminasi bakteria dapat menyebabkan penyakit yang dibawa makanan (food born illness) termasuk botulism yang membahayakan kehidupan.
Antioksidan adalah pengawet yang mencegah terjadinya bau yang tidak sedap.
Antioksidan juga mencegah potongan buah segar seperti apel menjadi coklat bila terkena udara.

Mengembangkan atau mengatur keasaman/kebasaan pangan.

Bahan pengembang yang melepaskan asam bila dipanaskan bereaksi dengan baking soda membantu mengembangkan kue, biskuit dan roti selama proses pemanggangan. Pengatur keasaman/kebasaan membantu memodifiksi keasaman/kebasaan pangan agar diperoleh bau, rasa dan warna yang sesuai.

Untuk menguatkan rasa atau mendapatkan warna yang diinginkan.

Berbagai jenis bumbu dan penguat rasa sintetik atau alami memperkuat rasa pangan. Sebaliknya warna memperindah tampilan pangan tertentu untuk memenuhi ekspektasi konsumen.

Tujuan penggunaan bahan tambahan pangan pengawet

Pengawetan pangan disamping berarti penyimpanan juga memiliki 2 (dua) maksud yaitu :

1.      menghambat pembusukan dan

2.      menjamin mutu awal pangan agar tetap terjaga selama mungkin.

Penggunaan pengawet dalam produk pangan dalam prakteknya berperan sebagai antimikroba atau antioksidan atau keduanya. Jamur, bakteri dan enzim selain penyebab pembusukan pangan juga dapat menyebabkan orang menjadi sakit, untuk itu perlu dihambat pertumbuhan maupun aktivitasnya.

Jadi, selain tujuan di atas, juga untuk memelihara kesegaran dan mencegah kerusakan makanan atau bahan makanan. Beberapa pengawet yang termasuk antioksidan berfungsi mencegah makanan menjadi tengik yang disebabkan oleh perubahan kimiawi dalam makanan tersebut.

Peran sebagai antioksidan akan mencegah produk pangan dari ketengikan, pencoklatan, dan perkembangan noda hitam. Antioksidan menekan reaksi yang terjadi saat pangan menyatu dengan oksigen, adanya sinar, panas, dan beberapa logam.

Siapa yang boleh menggunakan bahan tambahan pangan pengawet?

       Bahan tambahan Pangan Pengawet boleh digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang memproduksi pangan yang mudah rusak. Pencantuman label pada produk pangan sesuai dengan Peraturan Pemerintah No.69 tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan.

 

Label pangan adalah setiap keterangan mengenai pangan yang berbentuk gambar, tulisan, kombinasi keduanya, atau bentuk lain yang disertakan pada pangan, dimasukkan ke dalam, ditempelkan pada, atau merupakan bagian kemasan pangan.

Label pangan sekurang-kurangnya memuat :

          Nama produk

          Berat bersih atau isi bersih.

          Nama dan alamat pabrik yang memproduksi atau memasukkan pangan ke wilayah Indonesia.

Penambahan bahan pengawet pada produk pangan menjadi bahan perhatian utama mengingat perkembangan iptek pangan menyangkut hal tersebut yang begitu cepat serta sering menimbulkan teka-teki bagi konsumen menyangkut keamanannya.

Garam atau NaCl

Telah berabad lampau digunakan hingga saat ini sebagai bahan pengawet terutama untuk daging dan ikan. Larutan garam yang masuk ke dalam jaringan dan mengikat air bebasnya, sehingga menghambat pertumbuhan dan aktivitas bakteri penyebab pembusukan, kapang, dan khamir. Produk pangan hasil pengawetan dengan garam dapat memiliki daya simpan beberapa minggu hingga bulan dibandingkan produk segarnya yang hanya tahan disimpan selama beberapa jam atau hari pada kondisi lingkungan luar. Ikan pindang, ikan asin, telur asin dan sebagainya merupakan contoh produk pangan yang diawetkan dengan garam.

Gula atau sukrosa

Gula atau sukrosa merupakan karbohidrat berasa manis yang sering pula digunakan sebagai bahan pengawet khususnya komoditas yang telah mengalami perlakuan panas. Perendaman dalam larutan gula secara bertahap pada konsentrasi yang semakin tinggi merupakan salah satu cara pengawetan pangan dengan gula. Gula seperti halnya garam juga menghambat pertumbuhan dan aktivitas bakteri penyebab pembusukan, kapang, dan khamir. Dendeng, manisan basah dan atau buah kering merupakan contoh produk awet yang banyak dijual di pasaran bebas.

Cuka buah atau vinegar

 

Merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengawetkan daging, asyuran maupun buah-buahan. Acar timun, acar bawang putih, acar kubis (kimchee) merupakan produk pangan yang diawetkan dengan penambahan asam atau cuka buah atau vinegar.

 

Data pengaturan bahan pengawet dari Codex Alimetarius Commission (CAC), USA (CFR), Australia dan New Zealand (FSANZ) tercatat 58 jenis bahan pengawet yang dapat digunakan dalam produk pangan. Indonesia melalui Peraturan Menteri Kesehatan No. 722 tahun 1988 telah mengatur sebanyak 26 jenis bahan pengawet.

 

Sehubungan denga teka-teki yang muncul menyangkut keamanan penggunaan bahan pengawet dalam produk pangan, maka Tabel berikut disajikan kajian keamanan beberapa pengawet yang banyak digunakan oleh industri pangan.

 

Tabel.  Pengaruh beberapa bahan pengawet terhadap kesehatan

 

Bahan Pengawet

Produk Pangan

Pengaruh terhadap Kesehatan

   Ca-benzoat

   Sari buah, minuman ringan,    minuman anggur manis,
   ikan asin

   Dapat menyebabkan reaksi    merugikan pada asmatis dan yang    peka terhadap aspirin

   Sulfur dioksida
   (SO2)

Sari buah, cider, buah    kering, kacang kering,    sirup, acar

   Dapat menyebabkan pelukaan    lambung, mempercepat serangan    asma, mutasi genetik, kanker dan
   alergi

   K-nitrit

   Daging kornet, daging    kering, daging asin, pikel    daging

Nitrit dapat mempengaruhi    kemampuan sel darah untuk    membawa oksigen, menyebabkan    kesulitan bernafas dan sakit    kepala, anemia, radang ginjal,
   muntah

   Ca- / Na-propionat

   Produk roti dan tepung

   Migrain, kelelahan, kesulitan tidur

   Na-metasulfat

   Produk roti dan tepung

   Alergi kulit

   Asam sorbat

   Produk jeruk, keju, pikel dan    salad

   Pelukaan kulit

   Natamysin

   Produk daging dan keju

   Dapat menyebabkan mual, muntah,    tidak nafsu makan, diare dan    pelukaan kulit

   K-asetat

   Makanan asam

   Merusak fungsi ginjal

   BHA

   Daging babi segar dan    sosisnya, minyak sayur,    shortening, kripik kentang,    pizza beku, instant teas

   Menyebabkan penyakit hati dan    kanker.

 

 

Mencermati kemungkinan gangguan kesehatan seperti yang tercantum dalam Tabel, maka FDA mensyaratkan kepada produsen pangan untuk membuktikan bahwa pengawet yang digunakan aman bagi konsumen dengan mempertimbangkan :

          Kemungkinan jumlah paparan bahan pengawet pada konsumen sebagai akibat mengkonsumsi produk pangan yang bersangkutan.

          Pengaruh komulatif bahan pengawet dalam diet.

          Potensi toksisitas (termasuk penyebab kanker) bahan pengawet ketika tertelan oleh manusia atau binatang.

       Namun demikian perlu diperhatikan hal-hal penting dalam menggunakan bahan tambahan pangan pengawet adalah :

          Pilih pengawet yang benar/yang diijinkan untuk dalam pangan serta telah terdaftar di Badan POM RI.

          Bacalah takaran penggunaannya pada penandaan/label.

          Gunakan dengan takaran yang benar sesuai petunjuk pada label.

          Membaca dengan cermat label produk pangan yang dipilih/dibeli serta mengkonsumsinya secara cerdas produk pangan yang   menggunakan bahan pengawet.

Adopted from BPOM.

145 thoughts on “MENGENAL BAHAN KIMIA PENGAWET MAKANAN DAN BAHAN TAMBAHAN PANGAN.

  1. mau tanya kalo mengawetkan beras pake apa?

    ===================================================

    makasih atas kunjungannya

    sampai saat ini beluam saya menemukan bahan atau zat kimia pengawet beras.
    jika memang ada mungkin berbahaya untuk konsumsi, kalaupun yg saya ketahui adalah pemutihan terhadap beras dengan carbon, yg mana itu masih kontroversi

    beras awet mungkin dari varietas unggul, atau cara penyimpanannya yg baik

  2. it’s lumayan.sebaiknya this situs di perbarui.tapi nggak papa thanks!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    ============================================

    makasih ya kunjungannya
    mungkin masih tahap perkembangan

  3. Ass… perkenalkan saya adalah pengrajin tahu, mohon di bantu bahan pengawet untuk tahu selain formalin, untuk di tahu dan air rendaman, atas bantuannya saya ucapkan terimakasih. wass….

  4. Wassalam. wr.wb.

    Dear, Heru.

    Sebagai bahan pengawet pengganti formalain dapat dipakai misalnya

    Tumbuhan : jahe, kayu manis, jeruk nipis, lemon, andaliman, daun salam, kunyit, kayu sengon, lemon, dsb

    Hewani : Lisozin, laktoperoksidase, kitosan, dsb

    atau bahan kimia lainnya seperti cuka asap, Na- benzoat, CaCl, NaCl, K-Sorbat, dsb.

    Semua harus sesuai takaran/ dosis, karena:

    Natrium benzoat untuk pengawet makanan maksimal 1 gram per satu kilogram atau satu liter air. Jika berlebihan bisa mengundang alergi pada penderita asma dan menyebabkan hiperaktif pada anak yang mengonsumsi. Jika sesuai takaran tidak berefek.

    Takaran dari kalsium klorida (CaCl) sebagai pengenyal dan pengawet makanan berkisar 1-5 gram per satu kilogram atau satu liter air. Tak ada efek samping, jika berlebihan terasa pahit.

    Selebihnya silahkan lihat situs lainnya atau di postingan kami yang terbaru..

    Regards.

  5. Salam Rahmita, wach mau belajar atau mau usaha nich….
    yach ini juga sama2 belajar.

    mungkin butuh
    1. natrium nitrit buat pengawet warna daging, membentuk flavour khas, menghambat pembusukan daging oleh bakteri, max 50 ppm penambahan.
    2. untuk rasa pakai MSG
    3. garam dan gula sebagai pencipta rasa dan meningkatkan osmosis
    4. tambahkan emulsifier sckpy

    sedikit tambahan

    Zat aditif ini dapat mencegah atau menghambat fermentasi, pengasaman atau penguraian lain terhadap makanan yang disebabkan oleh mikroorganisme.

    Contoh bahan pengawet dan penggunaannya:

    1. Asam benzoat, natrium benzoat dan kalium benzoat, untuk minuman ringan, kecap, acar ketimun dalam botol dan caos.
    2. Natrium nitrat (NaNo3), untuk daging olahan dan keju.
    3. Natrium nitrit (Na No2), untuk daging olahan, daging awetan dan kornet kalangan.
    4. Asam propionate, untuk roti dan sediaan keju olahan.
    5. Anti oksidan
    Zat aditif ini dapat mencegah atau menghambat oksidasi.
    Contoh:
    a. Asam askorbat (bentukan garam kalium, natrium, dan kalium), digunakan pada daging olahan, kaldu, dan buah kalangan.
    b. Butil hidroksianisol (BHA), digunakan untuk lemak dan minyak makanan
    c. Butil hidroksitoluen (BHT), digunakan untuk lemak, minyak makan, margarin dan mentega.
    6. Pengemulsi, pemantap, dan pengental
    Zat aditif ini dapat membantu pembentukan atau pemantapan sistem dispersi yang homogen pada makanan.
    Contoh: agar-agar, gelatin, dan gom arab
    7. Pemutih dan pematang tepung
    Zat aditif ini dapat mempercepat proses pemutihan atau pematangan tepung sehingga dapat memperbaiki mutu pemanggangan.
    Contoh: Asam askorbat, aseton peroksida, dan kalium bromat
    8. Pengatur keasaman
    Zat aditif ini dapat mengasamkan, menetralkan, dan mempertahankan derajat keasaman makanan. Contoh: asam asetat, aluminium amonium sulfat, amonium bikarbonat, asam klorida, asam laktat, asam sitrat, asam tentrat, dan natrium bikarbonat
    9. Anti kempal
    Zat aditif ini dapat mencegah pengempalan makanan yang berupa serbuk. Contoh: aluminium silikat (susu bubuk), dan kalsium aluminium silikat (garam meja)
    10. Pengeras
    Zat aditif ini dapat memperkeras atau mencegah melunaknya makanan. Contoh: aluminium amonium sulfat (pada acar ketimun botol), dan kalium glukonat (pada buah kalangan)
    11. Sekuestran
    Adalah bahan yang mengikat ion logam yang ada dalam makanan. Contoh: asam fosfat (pada lemak dan minyak makan), kalium sitrat (dalam es krim), kalsium dinatrium EDTA dan dinatrium EDTA
    12. Penambah gizi
    Zat aditif yang ditambahkan adalah asam amino, mineral, atau vitamin untuk memperbaiki gizi makanan.
    Contohnya: Asam askorbat, feri fosfat, vitamin A, dan vitamin D.

  6. makasih infonya…
    saya mau menanyakan,
    bagaimana cara mengawetkan susu kedelai

    ========================================
    sama2..
    mengawetkan susu kedelai?
    dalam hal ini buat konsumsi atau dijual biasa (warung) ataukah produksi skala pabrik?..mungkin dari penambahan gula itu juga bisa membantu sebagai pengawet. atau zat2 kimia yang diperbolehkan oleh BPPOM yang bisa didapatkan di warung2.

  7. Asslamkm…. mau nanya nih…

    bisa berikan penjelasan tentang range pH penggunaan bahan pengawet…

    terutama untuk mengawetkan nira tebu…pH nira tebu sekitar 4 – 5..
    Penggunaan bahan pengawet selain natrium benzoat, apalagi yang bisa digunakan…?

    terimakasih pak sebelumnya atas jawabannya…
    kalo bisa dikabari lewat email: (r12cimot@yahoo.com)

  8. Tolong diinformasikan pengawet tambahan untuk telur asin, apabila saya pakai garam aja pada telur asin yg saya buat hanya mampu 1 minggu, yg saya ingin kan telur bisa tahan sampai 3 bln, dan jelaskan komposisinya berserta pengaplikasianya ke dalam telur asin, terima kasih

  9. Assalamualaikum wr wb

    Saya mau menanyakan bahan pengganti BORAX untuk pangan?
    Berapa perbandingan komposisinya/

    Terima kasih

  10. saya pernah mendengar kalsium sebagai pengawet tanpa label. apa itu bisa dan aman digunakan untuk cake? terimakasih.

  11. Yth pengelola.
    saya mohon bantuan agar diberitahu caranya atau bahannya apa pengganti bumbu masak seperti bawang, tumbar, garam dsb yang berasal dari proses kimiawi yang tidak berbahaya jika digunakan.
    karena dengan bahan bumbu alami usaha kami yang masih kecil ini disektor makanan mengalami kerugian karena mahalnya bumbu masaknya.
    demikian terimakasih. mohon dikirim lewat e mail saja, karena saya takut akan kesulitan menemukan situs ini lagi. terimkasih

  12. ass. saya mau bertanya untuk membantu karya tulis yang sedang saya jalani. sebenarnya dalam pembuatan mie instan, pengawet apa yang digunakan? dan apa bahayanya apabila dikonsumsi berlebihan? terimakasih sekali.
    wass.

  13. hai, saya John ingin menanyakan kpd bapak/ibu yg mengetahui apa dan dimana saya bisa beli Na-metasulfat & CA-Na/propionat, apakah ada yg lain selain 2 nama tadi? Karena sy jualan makanan kolak….Dan yg ingin saya tanyakan apakah pengawet yg saya sebutkan td di atas itu berbahaya apa tidak utk kesehatan.
    Cara pemakaiannya bagaimana, dimasak langsung ato sesudah d masak baru di taruh ke dalam masakannya?
    Saya tunggu balasannya di email saya johnmxchow@yahoo.com
    Terima kasih atas informasinya.

  14. Assalamualaikum,

    Saya mau nanya,
    Bahan pengawet apa yang bisa digunakan untuk makanan kering seperti rempeyek,kulit pangsit ? Selama ini tanpa pengawet hanya mampu bertahan 3 mggu, setelah itu menjadi tengik dan melempem. Apakah Benzoat bisa digunakan ?. Kalau bisa benzoat yang jenis apa (Asam,Natrium atau Calium ).
    Apakah bahan pengawet anti oksidan,seperti Asam Asorbat, BHA dan BHT bisa dipakai untuk mencegah makanan menjadi tengik ? Kalau bisa apa yah nama dagang untuk ketiga jenis Bahan Pengawet tersebut ?

    Mohon jawaban dikirim ke email saya.

    Terimakasih sebelumnya,

  15. Tolong diinformasikan pengawet tambahan untuk saya gunakan pada produk telur bebek asin, karena saya gunakan pengawetan garam dengan proses pemasakan dengan dikukus sampai 4 jam hanya mampu bertahan selama 1 minggu (pada suhu ruang terbuka) dan 2 minggu untuk didalam lemari es, yang saya inginkan telur asin tersebut dapat bertahan minimal 1 bulan pada kondisi suhu ruang terbuka, tolong informasinya.

  16. Sekarang roti menjadi hot issue di Amerika ketika org Amerika-pun sekarang ini menjerit: Too Much Bread Improver, Too much Bread softener, Too Much Preservative.

    Pengujian roti di Malaysia menunjukkan bahwa 92% dari roti yang ber-edar (termasuk roti ternama atau roti yang dihidangkan di restoran siap saji) mengandung pengawet hingga 5 kali dari yang dibenarkan oleh undang-undang.
    Diperkira-kan hal yang sama juga terjadi pada industri makanan di Indonesia-pun.

    Di Indonesia makanan basah seperti mie basah, bakso basah, tahu basah, roti, dll, mengandung terlalu banyak pengawet. Dan karena mau murah mereka memakai pengawet yang bukan food grade. Padahal kebanyakan pengawet dihubungkan dengan penyakit ADD hiperaktive. Dan Bread Improver yang terlalu banyak untuk supaya roti dapat mengembang besar sekali bisa menimbulkan kanker (Source Wikipedia: Bread Improver)

    Kemarin ini di sekolah untuk anak kurang mampu, aku lihat anak cewek umur 5 tahun cakep, tapi kalau diperhatikan lagi anak kecil ini terkena penyakit ADD hiperactive(Jadi kerja-nya goyang melulu). Kasihan sekali, ya !!

    Sekarang juga sudah ada pengganti roti yang lebih sehat, yaitu roti beras kering (rice cake).
    Kalau yang buatan Australi nama-nya Sun Rice, kalau yang buatan lokal nama-nya N_asiKriuk Debbie (Tersedia di All Fresh atau Mini market Nano Pluit atau Supermarket Rezeki). Harga-nya juga tidak mahal.
    Rice cake /roti beras kering ini:
    Karena kering, tidak perlu pengawet.
    Karena terbuat dari beras, tidak perlu pengembang yang bisa menyebabkan kanker.
    Karena terbuat dari beras, bukan gandum, rendah kalori-nya, bisa tetap langsing.

    Karena banyak-nya obesitas (kegemukan), org Amerika sekarang juga berpindah dari gandum ke beras (cereal mereka yg pakai beras seperti cocoa puff atau rice krispy).

    Trm kasih.

  17. ass,saya ingin memproduksi minuman susu kedelai botolan lantas saya mau tanya kira2 berapa lama produk saya bisa bertahan apbila memakai natrium benzoate?trus apakah perlu di pasteurisasi lagi?

  18. Mohon peneranganya. Saya sgt menyukai minuman air tebu. Tiba2 saya punya ide usaha kemasan. Tolong beri penjelasan tentang keawetan air tebu dan pengawet apa yang sangat co2k. Bagaimana dg karbonansi? Pak sekali lg saya mohon peneranganya krn saya butuh sebuah usaha sebagai mata pencaharian. Terimakasih.

  19. saya ingin menanyakan zat apa yg ditambahkan penjual ikan di pasar2 tradisional yg beraroma wangi (tajam) seperti softener u/baju. Apakah itu pengganti formalin dan apa bahayanya bagi tubuh?

  20. salam, sy ingin usaha bumbu masakan siap saji yg uda ditumis.. apa bahan pengawetnya ya..tahan sampai brp lama.di ruangan terbuka..dan klau disimpan dilemari es??.dgn takaran brp..pinginnya dikemas dg plastik..klau pengganti bwg merah-putih ,cabe,tomat , bhn penyedap kimia ada ga ya.dan aman klau dikomsusi .klau ada apa itu ..seeklian takaran dan cara pemakaiannya..
    sy tunggu jawabannya mohon dikirim ke email saya ferarosa@yahoo.co.id
    trimakasih atas infonya..

  21. sya mencoba membuat jus PINANG MUDA hasilnya cukup di minati tapi kendala yang saya hadapi keasamanya (basi) biar nilai gizi nya tetap dengan bahan apa biar tahan dan awet

  22. Saya mau memulai usaha sari tebu dalam kemasan gelas plastik. kira kira ada yang tahu gak daya tahan sari tebu dalam kemasan, trus apa pengawet yang tepat agar aroma dan rasa tidak beruhah. makasih

  23. kalau kita amati pada setiap sumber permasalahan adalah pengawet makanan kenapa kita mesti memakai pengawet makanan orang menjawab agar makanan itu tahan lama dan tidak basi ok. tapi menurut saya lebih baik basi daripada kita menelan zat yang tidak seharusnya kita telan (zat pengawet) memang secara teknis kandungannya diatur kalau kelebihan apa penyebabnya dan akibatnya mohon jawabannya terima kasih

  24. SAYA MAU TANYA BAHAN PENGAWET MAKAN APA YANG PALING COCOK, KARENA SAYA MAU USAHA MINUMAN YANG BISA BERTAHAN LAMA DAN BAIK DIKOMSUMSI.THX

  25. Saya sedang jelankan usaha 1.Bawang goreng dan
    2.(nasi olahan yg akan kami olah sejenis berger dan campuran tepung dan bumbu rempah nantinya bisa tahan lama di frozen)
    Bahan kimia pengawet makanan yg bagaimana supaya utk bawang goreng yg ttp renyah dan tahan lama dan utk nasi olahan tersebut bisa tahan lama dan bisa disimpan didlm frezer,
    Tolong informasinya dan berapa standar yg aman utk bisa digunakan dg aman,,
    terima kasih

  26. Yth,
    Admin

    Apakah air tebu perlu di awetkan kalo sudah diperas dari batangnya?. Jika tanpa pengawet air tebu tersebut bisa bertahan berapa lama dalam kondisi tertutuP rapat?
    Perlakuan apa terhadap air tebu untuk membuatnya lebih awet tanpa pengawet? Misalnya penyaringan atau yg lain?

    Terimakasih admin…
    Saya lebih suka di jawab di forum ini dan di cc-kan ke email saya…
    Karena saya suka belajar bersama-sama dan tentunya web-blog ini jadi rame nantinya

  27. Assalamu’alaikum wr wb

    mohon bantuannya. pengawet apa yang cocok dengan produk olahan jenang dodol dan gethuk pisang. sekalian bagaimana cara penggunaannya yang pas dan tidak melebihi kadar. tolong balas di email. makasih

  28. meski di Indonesia penggunaan BTP sudah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan No. 722 tahun 1988, namun belum tentu bahan yang diizinkan di Indonesia boleh dipakai di negara lain. bahan tambahan pangan yang diperbolehkan di tiap negara tentu saja berbeda-beda

    https://luthfane09.student.ipb.ac.id/

  29. saya ingin membuat perniagaan berasas kan ikan mentah yang di perap dalam produk bungkusan. bahan utama selain ikan ialah limau @ cuka. bagaimana untuk membuat kan produk saya ini lebih tahan lama dalam kaedah pembungkusan ini? adakah penggunaan limau @ cuka perlu di gunakan dalam kaedah pendinginan atau penyejukan atau pembekuan? kaedah pembungkusan yang mana satu lebih sesuai untuk perniagaan ini? boleh kah anda berikan pendapat sama ada ikan mentah yang diperap sesuai di pasar kan menggunakan kaedah pembungkusan?

  30. assalamuallaikum Wr WB salam sejahtera

    saya mau tanya bapak/ibu guru dan siswa kalau saya mau beli tpt di mana ??

    dan di mana saya bisa menguji makanan dan minuman dari tinggkat bahaya dan ke awetanya ???
    mohon bantuanya

    wallaikumsalam Wr Wb

    bondan

  31. salam sejahtera…
    saya ingin tanya soal cara pengawetaan makanaan..
    bila bakso dikeringkan dan ditambah dengan pengawet daging,berapa lamakah bakso tersebut dapat bertahan tanpa dimasukan dalam frezer???…dan berapa banyak pengawet yg diperlukan???jenis pengawet apa yang cocok??proses pengeringan dilakukan pada suhu berapa dan berapa lama yang ideal??mohon bisa diemail ke david_surya777@yahoo.com untuk jawabaannya…terima kasih atas jawaban dan bantuannya…sukses selalu…

  32. salam sejahtera..
    saya ingin tanya soal yang membuat warna hitam pada isi kue pia kacang hijau, apakah itu ada efek samping pada kesehatan? yang saya tahu di manado bahan tersebut dinamakan “tausa” mohon bisa diemail ke kevin.anter@yahoo.com untuk jawabannya.. terimakasih atas jawaban dan bantuannya..

  33. saya seorang pengrajin tahu.
    sebagai pengawet sekaligus bumbu selama ini sy hanya menggunakan garam & kuning(kunyit), tahu bisa bertahan 1 hari & maksimal hanya 2 hari.
    saya ingin menambah pemasaran keluar kota/daerah, otomatis waktu perjalanan hingga pemasaran akan memakan waktu lebih dari 2 hari.
    mohon bantuan serta petunjuknya mengenai bahan pengawetnya serta takaran dosisnya.!
    terimakasih..

  34. terimakasih atas semua informasinya..
    tapi ada yang mau saya tanyakan mengenai hal ini.
    saya seorang pengrajin tahu.
    sebagai pengawet sekaligus bumbu selama ini saya hanya menggunakan garam & kuning(kunyit), tahu bisa bertahan 1 hari – maksimal hanya 2 hari.
    saya ingin menambah pemasaran keluar kota/daerah, otomatis waktu perjalanan hingga pemasaran akan memakan waktu lebih dari 2 hari.
    mohon bantuan serta petunjuknya mengenai bahan yang aman untuk pengawetnya serta takaran dosisnya.!
    terimakasih..

  35. haturnuhun atas semua informasinya..

    tapi ada yang mau saya tanyakan mengenai hal ini.
    saya seorang pengrajin tahu.
    sebagai pengawet sekaligus bumbu selama ini saya hanya menggunakan garam & kuning(kunyit), tahu bisa bertahan 1 hari – maksimal hanya 2 hari.
    saya ingin menambah pemasaran keluar kota/daerah, otomatis waktu perjalanan hingga pemasaran akan memakan waktu lebih dari 2 hari.
    mohon bantuan serta petunjuknya mengenai bahan yang aman untuk pengawetnya serta takaran dosisnya.!

    terimakasih..

  36. Sedikit berbagi info, ada satu cara yang biasa dipakai untuk mengawetkan makanan selain yang sudah ditulis yaitu dengan cara memvacuum kemasan yang digunakan, dengan cara ini maka oksigen yang ada di dalam kemasan dikeluarkan sehingga bakteri pembusuk tidak dapat bertahan hidup.

  37. ass.wr.wb

    saya mau usaha minuman kemasan yang terbuat dari teh,tapi yang saya tau teh itu kan gak tahan lama,yang saya mau tanyakan bagaimana cara mengawetkan minuman yang berbahan dasar teh dalam kemasan gelas, tq

  38. mau nanya,lou ingin cari n beli pengawet makanan seperti itu dmana ya….q tnggu informasinya,,terima kasih,,

  39. Assalamualaikum wr wb,

    saya berkeinginan untuk membuat saus sachet (saus tomat dan saus sambal), dan saya membutuhkan tentang alat pengawet dan pewarna yang tidak membahayakan untuk produk saya tersebut, sementara bahan yg akan saya gunakan nanti (bahan dasar) adalah : Pasta Tomat (kalengan impor), cabai merah (fresh), tomat (fresh), ebi kering, serta bahan rasa, yaitu garam, gula, lada, dan mecin, mungkin ada diantara anda yang bisa membantu niat saya ini, atas perhatiannya dan bantuannya saya ucapkan terima kasih

  40. ass, saya ingin sekali membuat susu kedelai yg bisa tahan sampai 1 bln ,….
    bahan pengawet apa yg bisa sa berikan?
    dan klu saya membuat susu kedelai 1klg kira berapa gram asam benzoat yg di berikan /
    trim

  41. saya ingin tanya soal cara pengawetaan makanaan..
    bila bola bakso ditambah dengan pengawet daging,berapa lamakah bakso tersebut dapat bertahan tanpa dimasukan dalam frezer???…dan berapa banyak pengawet yg diperlukan???jenis pengawet apa yang cocok??proses pengeringan dilakukan pada suhu berapa dan berapa lama yang ideal?

  42. kalau kode:
    CP (pengawet makanan) dan S 500 (pelembut adonan) itu apa ya? di toko bahan roti ada tp ragu2 aman/halalnya. Trims. Ditunggu jawabannya yah penting nih….

  43. mw tanya kalau untk pengawet adonan tepung yg brasal dr berbagai bahan halus. agar brwarna tdk berubah.bau brtahan n tdk brjamur memakai pengawet ap? Trims.

  44. sebenarnya bahan pengawet apa yang baik utk dikonsumsi dan yg us dihindari? dan bagaimana cara kita mengetahui bahan pengawet atau tidak sebelum dikonsumsi (misalnya pada susu)?

    Trims ^ – ^

  45. saya mau usaha susu kedelei.bahan pengawet apa yang bisa digunakan agar produk tahan sampai 4-5 hari tanpa merubah aroma dan rasa.dan bagaimana cara menggunakan pengawetnya itu?tolong emailkan ya….di sahir_alim33@yahoo.co.id

  46. Askum..
    Sya mau tnya bhan pengawet yg aman untk ksehatn buat makanan kering sperti kripik singkong,pisang,n kripik pangsit itu apa yach..?
    N apa merek dagang dpasar biasanya,
    Tlong djawab yach,n d krim lwat email za,cz tkt g’ bsa nmuin stus ne lg,
    Mkci sblum’x…:-)

  47. Saya mau jual bumbu soto,Rawon,Lodeh yang Sudah ditumis, pakai pengawet apa ya ,Dan prbandingannya brapa?apakah Ada pengganti bawang merah,bawang Putih,Kunyit,mohon penjelasan di email saya .terima kasih.

  48. kalo untuk mngawetkan tpung beras yg sudah di warnai, dan mau saya kmas lg, itu cara pengawetanya bagai mana? Dan sebaiknya saya memaki pewarna apa? Saya ingin efek warna hijau, apakah pkai daun suji, kmudian di keringkan? Atau memakai apa? Mohon info, trimakasih.

  49. assalamualaikum…salam kenal saya ardi..mo tanya,kalo untuk kulit pangsit cukupkah hanya campuran garam saja sebagai pengawet alami? mohon jawabannya.tks….

  50. PAK SAYA BARU MULAI BISNIS BAKSO KEMAS INSTAN BISA BERTAHAN 3-6 BULAN PAKAI BAHAN PENGAWET YANG COCOK APA YA?MOHON PENJELASAN NYA..DI TUNGGU BALASAN NYA.

  51. Saya baru merintis usaha kerupuk pangsit.. Saya ingin tau pengawet apa yg kira2 bisa bertahan hingga 3 bulan..? Apa nama pengawetnya dan berapa dosis yg pas..
    Trm ksh sebelumnya.. Tlg di bls lewat email saya saja ya..

  52. salam, sy ingin usaha bumbu masakan siap saji yg sudah ditumis.. apa bahan pengawetnya ya..tahan sampai brp lama.di ruangan terbuka..dan klau disimpan dilemari es??.dgn takaran brp..pinginnya dikemas dg plastik..klau pengganti bwg merah-putih ,cabe,tomat , bhn penyedap kimia ada ga ya.dan aman klau dikomsusi .klau ada apa itu ..seeklian takaran dan cara pemakaiannya..
    sy tunggu jawabannya mohon dikirim ke email saya belle_salim02@yahoo.com
    trimakasih atas infonya..

  53. tentunya yang bahan pengawet alam yang paling baik (meskipun skala industri itu kurang efisien n efektif.)

    Ciri-ciri Susu yang Baik :
    Warna putih susu dan kental
    Cairannya konstan dan tidak menggumpal.
    Aroma khas susu, tidak bau asam, tengik atau bau amis.
    Berat jenis lebih tinggi dari air ( diatas 1,0 ).
    Kalau dituang dari gelas masih menempel di dinding gelas.
    Kalau dimasak akan terbentuk lapisan busa lemak ( foam ).
    Bebas dari kotoran fisik seperti darah, debu, bulu serangga dan lain-lain.

    Note : Jika susu dalam kemasan, produk susu dengan proses UHT (apalagi berlabel halal, food safety/ ISO 22000, sangat direkomendasikan)

  54. assalamualaikum
    mohon pengarahan n sarannya
    saya mencoba usaha dendeng ikan
    saya mau nannya ,bahan pengawet apa untuk produk olahan dendeng ikan tp aman di dkonsumsi konsumen

  55. Waalaikum salam wr.wb..

    Bahan-bahan yang umum digunakan untuk pengawetan produk olahan daging antara lain adalah 1) garam (sodium chloride), 2) alkaline phosphates (sodium tripolyphosphate), 3) sweetener seperti dextrose, sukrosa dan sorbitol, 4) sodium atau potassium nitrite digabungkan dengan sodium atau potassium erythorbate atau ascorbate, 5) sodium laktat atau potassium lactate, 6) sodium acetate dan diacetate, 7) liquid smoke, 8) antioxidan seperti butylated hydroxy anisole (BHA), butylated hydroxy toluene (BHT) propyl gallate (PG), alpha tocopherols. Terdapat pula beberapa asam yang digunakan untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti asam laktat atau asam sitrat.

    Silahkan cek di :

    http://www.foodreview.biz/login/preview.php?view&id=55632

  56. terimakasih atas saran & pengarahanya pak.kini saya mulai mengerti,namun saya ingin belajar lebih dalam ,tentang takaran yang harus kami pakai agar aman di konsumsi konsumen & bahan pengawetnya apa saja agar dalam membuat usaha dendeng (ibu ibu PKK) nantinya produk kami membahayakan saat di konsumsi konsumen trimakasih

  57. RALAT ….terimakasih atas saran & pengarahanya pak.kini saya mulai mengerti,namun saya ingin belajar lebih dalam ,tentang takaran yang harus kami pakai agar aman di konsumsi konsumen & bahan pengawetnya apa saja agar dalam membuat usaha dendeng (ibu ibu PKK) nantinya produk kami tidak membahayakan saat di konsumsi konsumen trimakasih

  58. selamat malam
    saya mau tanya pak saya lagi belajar bikin sambel tauco dan sambel terasi .Agar bisa tahan setahun pengawet yang cocok bahan apa ya pak ? Takarannya berapa dan efek sampingnya apa ?tolong dibalas lewat email saya Bunggapratama@ymail.com . Terima kasih banyak atas bantuan bapak.

  59. mau tanya,jk mau bikin tepung instant siap saji utk ayam goreng,apa saja yaa komposisi bahanya?trma kasih

  60. Pak saya mau nanya dlam satu liter sari buah apel itu di beri natrium benzoat brpa persen ? Mhon dberi jwbany krna ni mata pencahrian saya pak trimakasih

  61. saya baru mengetahui bahan pengenyal mi (basah) namanya alfa atau alva. mohon informasinya dong..

  62. Dear Admin, saya ingin membuka usaha pembuatan sambel pecel yang di kemas. Namun membutuhkan pengawet agar bisa bertahan lebih lama, mohon info pengawet yang cocok untuk sambel pecel, dan yang beredar di toko merek dagangnya apa. Terimakasih, mohon jawaban melalui email: yonatan_gs@yahoo.co.id

  63. numpang tanya kak? kan biasanya dlam botol obat2an ada serbuk pengawet dalam kemasan kecil dan biasanya di taruh di dalam botol kapsul tsb, waktu itu kemasan trsebut terbuka dan pengawetnya itu brcampur dgn kapsul tsb, kalo misalnya obat itu diminum apakah berbahaya? dan bahayanya bagi keshatan apa kak? terimakasih :)

  64. assalammualikum
    mohon saran dan ilmunya
    saya punya usaha dodol betawi,saat ini saya ingin mengembangkan usaha kepasar modern,hanya saja dodol y diminta bs tahan setidaknya 2-3 bulan.sedang dodol y saya buat hanya tahan 1 minggu,saya pernah cb lesitin kedelai,saran dr teman tp ternyata tetap hy bertahan 1 minggu.mohon sarannya agar dodol y saya buat bs tahan lama,tp tentu sj pengawaet y dibolehkan dan mohon cr pemakaiannya.terimakasih

  65. secara langsung pastinya ada
    mungkin itu silika agar si obat tetap baik kondisinya, tdk lembab
    sebaiknya di ganti saja. kondisi tubuh manusia kan berbeda. jika kondisinya drop mungkin malah bahaya.

    mungkin lain kali bisa lebih hati2

  66. Klo sambel pecel kacang nya jangan di goreng pakai minyak,.itu kacang yang masih ada kulitnya di sangrai atau di goreng pakai pasir,.alhasil sudah terbukti 6 bulan awet

    klo bisa waktu menggiling kacang pisahkan,. kacang sama bumbu digiling sendiri” nanti klo sudah digiling baru di campur jadi satu,

  67. thanks madja atas sarannya….wkt proses pembuatan memang 7 jam dan pendinginan 18-24 jam.tp ttp saja hanya bertahan 7-10 hari,sedangkan dodol y diminta utk pasar modern setidaknya 1 bulan dapat bertahan tanpa keluar buluk pd dodol tersbt.nah itu y saya bingung krn dodol mubarok dan dodol garut bs berthn sampai 3 bln.trm ksh….

  68. Saya ingin produksi sambel. Bahannya saya goreng. Saya lihat disupermarket merk merk sambel rata rata menggunakan na benzoat. Agar sambel bisa bertahan lama. Mohon infonya berapa takaran yang amannya untuk 200gram ? Da dimana saya bisa beli didaerah jakarta. Mohon jawabannya diinfo ke email abadipromosi@gmail.com
    Terima kasih

  69. Kalau untuk 200gr skala kecil ya mas.
    Sebaiknya dilakukan trial aja…
    Brp gram tambahkan dan amati..berapa lama tahan produknya.
    Trus ulang lagi dgn takaran lain…dan mas akan dapatkan hasil berapa lama yg diinginkan dan berapa gram yg ditambahkan.

    Untuk pembelian bisa di toko kimia atau coba ke jatinegara pasas mester di lantai ground.

    Ok selamat mencoba….sukses bro

  70. yang sangat ingin saya tanyakan lagi berapa gram untuk bahan pengawetnya per satu liter air biar teh bisa awet 3 sampai 6 bulan,saya ucapkan banyak terima kasih atas jawabannya.

  71. Mas bisa lakukan trial sendiri.
    seumpama 1gr bertahan berapa lama hitung waktunya.
    Lakukan terus sampai ditemukan gram yg dibutuhkan dengan waktu yang diinginkan.

    Dan sebagai catatan
    Ada batas max aturan penambahan pengawet di dalam makanan itu sendiri. Selain aturan kemanusiaan dan kesehatan. Semakin panjang umur produk rasa dan kualitas biasanya berbeda.

  72. mau tanya, saya mau buat UKM susu dalam kemasan gelas plastik, bagaimana caranya agar susu kemasan itu tahan 1atau2 bulan? trims

  73. saya mau tanya bagaimana cara mengawetkan rasa manis pada jeruk baby manis,,karena dalam waktu semalam disimpan dalam kulkas rasanya berubah menjadi pahit,,tolong dibalas lwt sms ke nmr ini081216845175

  74. Dear admin
    Saya pernah dengar tentang komposisi minyak pisang yg mengandung alkohol, mohon penjelasannya, apakah benar info tersebut?
    Terimakasih

  75. Mas, saya mohon petunjuk, untuk pembuatan sambal ulek terasi dan sejenisnya, sebaiknya menggunakan pengawet apa ya? karena sambal ulek seperti ini cenderung cepat ber-gas dan baunya berubah setelah dibotolkan. terima kasih.

  76. saya usaha rendang serabut (kelapa yang dimasak rendang) , saya memakai bahan -bahan alami termasuk pengawet alami tapi hanya bisa bertahan 3 hari jika dalam kondisi kemasan tertutup …. klo kondisi terbuka bisa bertahan 1 minggu… saya membutuhkan pengawet untu bisa bertahan dlm kondisi tertutup max 1-2 bulan … saya minta saran pengawet yg bisa saya gunakan cara pemakaian, dosisnya… terimakasih

  77. pak bu…saya mau melanjutkan pertanyaan mengenai pengawet dodol tadi saya juga pengusaha dodol
    apakah ada pengawet untuk dodol hingga bisa bertahan sampe 1 bulan seperti dodol garut contohnya

  78. saya membuat telur asin, tetapi waktu/umur telur asin tersebut tidak bisa bertahan lama…
    untuk memperpanjang umur/waktu pengawetan telur asin/telur yg telah di asinkan ada nggak ya..?

  79. Saya ingin memproduksi susu kedelai, yang ingin saya tanyakan bahan pangan tambahan apa yang perlu ditambahkan agar susu kedelai yang saya buat tidak cepat memisah antara air dengan sari kedelainya

    Bahan tambahan tersebut dapat didapatkan dimana dan kalau ada mereknya tolong diinformasikan
    Saya ucapakan Terimakasih atas bantuan jawabannya

  80. 1. sy mau coba usaha minuman, yg sy butuhkan adlh info brp lama gula sebagai pengawet alami bertahan?
    2. klo mis sy pake manisan ( yg mengandung pengawet sulfur dioxide ) apa dampakny jika manisan tersebut sy masak dgn air?

    mohon tanggapannya. makasih banyak

  81. Boleh Gan Jika Mau Jadi Distributor Kami, Harga Murah Untung Besar
    Agents & Distributors
    Agar Agar | Agar Agar Jelly | Cincau | Sari Kelapa | Swalayan Online
    http://promoonline.weebly.com/
    Tlp: 021-90334770 Mobile: 082-11111-8067 Pin:31279A1E
    Kami Juga Menyediakan
    Agar Powder | Harga Agar Agar | Jual Agar Agar Jelly | Cincau Hijau | Produsen Sari Kelapa | Sari Kelapa Nata De Coco | Gudang Online Swalayan

  82. pak,saya mau tanya bahan pengawet untuk telur asin,memang telur asin sdah mengandung garam dan garam adalah pengawet makanan,yg saya tanyakan apakah ada bahan pengawet yg bisa memperpanjang exp telur asin,krna umur telur asin setelah direbus 4 jam di suhu kamar hanya 10 hari daya tahannya,saya pengin tau cara dan komposisi bahan pengawetnya bila ada.terima kasih banyak

  83. Mas, saya ingin bertanya untuk bikin soya kedelai supaya bisa tahan lama & tidak mudah basi gimana y?? dan untuk membuat soya kedelai yang enak sesuai dengan flavour /essence yang bisa dipakai essence merk apa & belinya dimana. diantaranya rasa coklat,strawberry,banana.Mohon dibantu ya ,Terima kasih

  84. Mohon bantuan informasi bagaiman agar sari kacang hijau saya awet hingga 3 – 6 bulan. Mhn di email. Trimakasih pak

  85. Pakai pengawet makanan saja mbak, mengenai ukurannya mbak bisa trial eror per gramnya berapa lamanya sari kacang awet.

  86. dipungkiri, bakso-makanan-minuman kemasan memang membutuhkan bahan kimia tambahan dalam pembuatannya. Zat kimia yang sering ditambahkan dalam makanan dan minuman yang paling populer adalah Natrium Benzoat (rumus kimianya C7H5NaO2) dengan nama pasaran sodium benzoat. Fungsinya untuk menambah umur makanan agar lebih awet.

    Dalam pembuatan bakso, fungsi tambahannya adalah agar bakso mudah dibentuk dan tampilannya menarik (bulat cantik dan kenyal). Memang sih, agar daging bakso mudah dibentuk, salah satu caranya adalah dengan mencampurkan tepung kanji (tepung tapioka/tepung sagu) kedalam adonan daging. Makin banyak tepungnya, makin mudah bakso dibentuk. Hanya saja, semakin banyak tepung yang ditambahkan, maka rasa enak baksonya akan berkurang. Di sinilah sodium benzoat berperan untuk menyatukan minyak/lemak dalam bakso dengan air sehingga bakso mudah dibentuk.

    Lalu, berapa ambang batas penggunaan bahan tambahan pangan sodium benzoat ini? Ukurannya berbeda untuk masing-masing negara. Batas maksimum penggunaan natrium benzoat menurut Permenkes RI nomor 722/Menkes/Per/IX/88 adalah 1 gr/kg. Sebagai perbandingan, satu sendok makan tepung beratnya kira-kira 10 gram (tentunya untuk sodium benzoat/natrium benzoat lebih dr 10 gr karena garam lebih berat dari pada tepung). Jadi jika 1 gram, maka sekedar seujung sendok saja. Nah kalau orang indonesia biasanya sesendok tanpa ukuran

  87. Cara Membuat Kue Pia Basah
    Pertama, pembuatan Isi : rebus kacang hijau sampai empuk, angkat dan tiriskan kacang hijau, lalu di haluskan. Sesudah itu, masak bersama minyak, kemudian masukkan gula pasir manis, garam asin dan vanilla, dan diaduk hingga kacang hijau nampak kering. Angkat dan dinginkan.
    Pembuatan kulit : campur tepung, bersama dengan ragi dan gula pasir, kemudian masukkanlah air putih hangat, lalu uleni sampai adonannya menjadi rata. Lalu, tambahkan margarin dan garam asin, kemudian uleni lagi hingga menadi kalis dan elastis. Lalu bulatkan adonan dan diamkan selama kurang lebih 45 menit.
    Selanjutnya, kempiskan adonan kacang hijau dan masing – masing sebanyak 30 gram, kemudian adonan dibulatkan dan didiamkan lagi selama kira – kira 30 menit. Setelah itu, kempiskan adonan dan isi dengan bahan isi kacang hijau. Lalu dibulatkan kembali dan biarkan kira – kira selama 15 menit sebelum adonan di oven pada suhu derajat 200′C selama lebih kurang 10 menit.
    Keluarkan kue pia dari oven panggangan, kemudian balik dan masukkan kedalam oven panggangan lagi, panggang selama lebih kurang 5 menit. Lalu angkat, dinginkan sebentar dan selanjutnya kue pia basah siap untuk disajikan.

  88. Mas bisa cari pengawet makanan yang foodgrade, masalah takarannya mas bisa uji coba per gram kuat berapa lama. Trial eror dulu

    Untuk essense sendiri banyak merk yang beredar dipasaran, mas bisa pilih yang foodgrade tentunya agar lebih aman.

    Bahan2 ini semua bisa dicari di toko bahan2 kue di daerah mas tinggal. Atau coba masuk ke pasar tradisional

  89. Banyak cara agar telur itik bisa bertahan lama, disimpan dalam waktu tertentu, pengawetan pada telur dilakukan untuk memperpanjang masa kesegaran telur. Pada intinya proses ini dilakukan untuk mengurangi penguatan air dari dalam ke permukaan telur. Ada beberapa cara dalam usaha pengawetan telur ini.

    1. Pengawetan Menggunakan Minyak Kelapa.
    Pengawetan ini dapat dilakukan dengan dua jenis minyak kelapa, yaitu minyak kelapa panas dan minyak kelapa dingin. Dengan teknik pengawetan ini, kesegaran telur dapat bertahan hingga 7 – 9 minggu. Pengawetan menggunakan minyak kelapa dingin cukup sederhana. Mula-mula bersihkan telur, lalu celupkan telur ke dalam minyak kelapa dingin hingga rata keseluruh permukaan telur. Setelah itu, letakkan telur dalam rak penyimpan telur dengan bagian tumpul telur berada diatas.
    Sementara itu pengawetan menggunakan minyak kelapa panas mula-mula dilakukan dengan memanaskan minyak kelapa. Letakkan telur yang akan diawetkan dalam keranjang kawat, lalu celupkan telur ke dalam minyak kelapa panas selama 1-1,5 detik, tiriskan telur dan susun dalam rak telur dengan bagian tumpul diatas. Simpan telur ditempat bersih dan sejuk, idealnya tempat penyimpanan memiliki suhu kamar 30 derajat Celcius dan kelembapan 78,5%.

    2. Pengawetan Menggunakan Garam (Pembuatan telur asin)
    Terdapat beberapa syarat telur itik yang akan dijadikan telur asin, antara lain kondisi luar telur baik (tidak retak) dan isi telur masih baik (tidak rusak atau busuk), yang dapat diketahui melalui peneropongan telur. Telur yang akan diasinkan adalah telur yang tidak dibuahi pejantan dan umur simpannya di bawah sepuluh hari, sehingga kesegarannya masih terjaga. Setelah kondisi telur dipastikan baik, sebelum dijadikan telur asin terlebih dahulu telur dicuci kemudian dikering anginkan.

    Bahan dan Peralatan
    * 400 butir telur itik segar
    * 1 kg garam dapur bubuk beriodium
    * 1 kg abu gosok
    * 1 kg bubuk bata merah
    * amplas
    * baskom plastik ukuran besar
    * kompor
    * dandang

    Cara Membuat
    1. Campurkan garam, abu gosok, bubuk batah merah dan air. Aduk rata hingga menjadi adonan kental. Tanda adonan dapat digunakan adalah mudah menempel pada telur.
    2. Cuci bersih telur kemudian amplas. Lumuri telur menggunakan adonan hingga rata, ketebalan tidak lebih dari 2 mm.
    3. Simpan telur yang telah dilumuri adonan selama 10- 12 hari. Atau tergantung pada keasinan yang diinginkan. Semakin lama semakin asin.
    4. Bersihkan telur dari adonan yang menyelimutinya, setelah itu sortir kembali telur dengan melakukan peneropongan, apabila tampak gelap berarti telur busuk atau rusak.
    5. Kukus telur selama 4-6 jam.
    Pada musim hujan, garam yang digunakan sebagai campuran adonan hanya 600 gram, karena proses penyerapannya pada saat ini lebih tinggi. Adonan tersebut dapat digunakan hingga tiga kali pembuatan telur asin.
    Selamat mencoba…!!!

  90. Pakai saja pengawet makanan yang disetujui BPPOM mas, masalah takaran mas bisa uji coba per gramnya berapa lama. Jadi mas bisa gunakan berapa lama yang diinginkan jadi harus berapa gramnya dengan trial

  91. Bahan acar sendiri adalam cuka

    Cuka adalah produk hasil fermentasi dari bakteri acetobacter. Banyak jenis cuka beredar di pasaran, seperti cuka apel, cuka hitam, cuka aren dan cuka limau. Masing-masing cuka ini diperoleh dari bahan dasar fermentasi yang berbeda. Adalagi satu jenis cuka yang sering digunakan untuk memasak yang disebut juga cuka masak. Cuka jenis ini adalah cuka sintetis/kimiawi dengan rasa asam yang sangat kuat. Biasanya cuka mengandung asam asetat 98%.

    Selain memberikan rasa asam pada masakan dan minuman, cuka juga bisa digunakan sebagai bahan pengawet. Produk yang biasanya diawetkan dengan cuka adalah acar, kimchi, jelly dan minuman. Penggunaanya disesuaikan dengan jenis produk yang diawetkan. Selain meningkatkan daya simpan, cuka juga dapat mempertahankan warna atau mencegah reaksi browning/pencokelatan pada buah dan sayuran. Dengan penambahan cuka, sayuran dan buah akan lebih bertahan warnanya.

  92. Pengawetan nata de coco dengan penambahan natrium benzoat dan asam sitrat masing-masing dengan konsentrasi sebesar 0.1% dan 0.2% dapat mempertahankan daya simpan nata de coco selama 1 bulan.

  93. Meskipun banyak yang tidak merekomendasikan pemberian bahan
    pengawet makanan/minuman utamanya susu kedelai cair, ada baiknya juga dipelajari apa dan bagaimana bahan kimia pengawet ini sebenarnya. Berikut akan diuraikan hal-hal yang dapat dilakukan agar susu kedelai yang diproduksi lebih tahan lama.
    1. Menghindari kerusakan bahan pangan dengan memperhatikan pemilihan bahan baku dan proses produksinya, yaitu: menggunakan bahan baku kedelai yang baik, membersihkan semua alat sebelum digunakan, mencuci tangan sebelum dan sesudah bekerja, memasak susu dengan seksama dan sempurna untuk membunuh mikroorganisme di dalamnya, mengemas susu setelah dingin dan menyimpannya di tempat yang sesuai (tidak lembab, tidak terkena sinar matahari langsung, lebih baik disimpan di lemari pendingin).

    2. Pasteurisasi. Teknik ini pada umumnya digunakan untuk mengawetkan susu dari hewani, seperti susu sapi. Teknologi pasteurisasi yang dapat diterapkan dalam pengawetan susu kedelai adalah dengan proses Ultra High Tempoerature (UHT). Susu dipanaskan sampai 125oC selama 15 detik atau 131oC selama 0,5 detik. Pemanasan dilakukan di bawah tekanan tinggi untuk menghasilkan perputaran dan mencegah terjadinya pembakaran susu pada lempeng-lempeng alat pemanas (Buckle, 2009).

    3. Pemberian bahan kimia pengawet makanan. Cara ini masih ditolerir sebatas bahan pengawet makanan tersebut direkomendasikan oleh BPOM. Tujuan penambahan bahan pengawet pada makanan adalah untuk menghambat pembusukan, menjamin mutu awal pangan agar tetap terjaga selama mungkin serta untuk memelihara kesegaran dan mencegah kerusakan makanan atau bahan makanan.bahan pengawet makanan bisa di dapat di toko bahan kue

  94. Salam, untuk lebih aman semua bahan produksi pakai yang sesuai BPPOM
    Untuk takaran, mas bisa uji trial eror sendiri, karena bahan yang mas pakai akan ikut berpengaruh terhadap satu sama lainnya bahan.

    Mas bisa coba 1 gram, dan lihat bisa kuat berpa lama
    Besuk..coba tambah takaran..dan lihat berapa lama awetnya
    Dst…..sampai waktu sesuai mas inginkan dan takaran yang sesuai aturan
    Karena semakin banyak bahan pengawet..akan berpengaruh pada rasa produknya

    Selamat mencoba

  95. Maaf mbak, sampai sekarang kita tahu bahan pengawet untuk mencegah adanya jamur atau bakteri yang menyebabkan jamur atau kerusakan pada produk. Dan itupun menggunakan aturan BPPOM

    Kalau membuat telur yang tidak bisa di pecahkan
    Mungkin bs curhat ke mbah Google…
    Semoga sukses dalam petualangannya

  96. Kandungan senyawa kimia tumbuhan pisang:

    Buah pisang mengandung senyawa kimia:
    • Protein
    • Lemak
    • Glukosa
    • Fruktosa
    • Flavonoid
    • Sukrosa
    • Minyak menguap
    • Vitamin A
    • Vitamin B
    • Vitamin C
    • Vitamin E
    • Sumber mineral diantaranya : kalsium, fosfor dan kalium
    • Sorotin
    • Pectin
    • Dapomine
    • Dannoradrenalin

    Akar pisang mengandung
    • Tannin
    • Dapomine
    • Serotonin
    • Hidroksitriptamin
    • Norepinefrin
    • Vitamin A
    • Vitamin B
    • Vitamin

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s