Belajar Manjamen Perusahaan : Chapter. 2 : ANALISIS COST-BENEFIT

PENDAHULUAN

Suatu masalah hampir selalu mempunyai lebih dari satu pemecahan yang mungkin dilaksanakan. Kebanyakan orang berkeinginan untuk memilih salah satu yang paling ekonomis. Mereka menginginkan salah satu yang paling menguntungkan dengan biaya yang paling rendah. Analisis Cost-Benefit adalah suatu metode dimana setiap hasil yang diusulkan dapat dievaluasi dengan menggunakan cara yang serupa. Analisis Cost-Benefit berhubungan dengan aspek-aspek moneter dari sebuah pemecahan yang potensial. Faktor-faktor non-moneter mungkin juga mempengaruhi sebuah keputusan; sekalipun demikian, secara normal hal tersebut berhubungan dengan hal yang biasa disebut sebagai force field analysis.

Banyak dari Analisis Cost-Benefit yang hanya menguji biaya yang ada. Selain mungkin memberikan banyak informasi berharga, terkadang tidak lengkap tanpa pengaruh tambahan dari keuntungan-keuntungan yang mungkin mendatangkan keuntungan. Sebaliknya dapat juga benar. Sebuah analisis akan menjadi perjalanan yang pendek dari proses evaluasi untuk melihat hanya pada keuntungan tanpa pengujian yang sebanding dari biaya-biaya yang ada. Keseimbangan dari dua (biaya dan keuntungan) memungkinkan terjadinya perbandingan yang berarti.

Costs-Only Analiysis

Walaupun sebab-sebab tersebut diatas, beberapa analisis Cost-Benefit sesungguhnya lebih merupakan perbandingan dari biaya-biaya daripada hal-hal lain. Seperti sebuah perbandingan yang biasa terjadi ketika tidak ada keuntungan yang pasti yang dapat diidentifikasi. Sebagai contoh, mari kita umpamakan dimana pemerintah telah memutuskan bahwa semua mobil otomatis harus mempunyai peralatan penyelamat penumpang. Pilihannya yaitu antara sabuk pengaman dan kantong udara. Analisis yang terjadi mungkin lebih ditekankan kepada faktor biaya. Karena itu, sabuk pengaman mungkin akan dipilih sebab memberikan pertimbangan biaya yang lebih sedikit dari pada kantong udara pada saat ini. Keuntungan apa yang akan diperoleh? Kemungkinan akan dipertimbangkan suatu contoh dalam hal yang tidak penting untuk mencoba memperkirakan keuntungan dalam dolar. Bahkan para ahli pun sulit untuk menyetujui bahwa kantong udara adalah mutlak cara terbaik untuk penyelamatan. Dan bagaimana kita bisa tahu bahwa keuntungan mungkin mendatangkan keuntungan ketika sebuah masalah keselamatan seperti ini dijadikan suatu pertanyaan ? Bahkan jika mereka dapat, Bagaimana kita tahu berapa banyak uang yang diperlukan ? Dalam hal ini, seseorang harus mempunyai kejadian agar memiliki akses untuk menghitung sejumlah dolar yang diperlukan dari segi gambaran keuntungan. Itulah mengapa beberapa analisis cost-benefit cenderung lebih berhubungan dengan biaya (cost) dari pada keuntungan (benefit).

Menghindari”Double Stating”

Sangat mudah untuk menggembar-gemborkan biaya dan keuntungan. Sebagai contoh, mari kita lihat sebuah toko percetakan yang sedang mengadakan analisis cost-benefit untuk pembelian mesin penjilid buku yang baru.

Mesin baru tersebut bekerja dengan satu operator, dimana hasil kerja mesin tersebut memiliki kuantitas yang sama dengan mesin sebelumnya yang dikerjakan oleh dua operator. Dengan mengunakan contoh ini, sekarang kita akan mengilustrasikan cara yang salah dan cara yang benar untuk membuat kaukulasi dari contoh diatas:

Cara yang salah (Wrong way) : Analisis dari sisi biaya (cost), hal diatas menunjukkan bahwa mereka kehilangan $35,000 (kelebihan satu operator) dalam satu tahun sebab mereka tidak mempunyai mesin yang baru. Kemudian mereka mencoba untuk menyesuaikan masukan ini dengan membuat daftar dari sisi keuntungan seperti item berikut: Biaya operator per tahun menurun dengan menggunakan mesin yang baru yaitu $35,000.

Cara yang benar (Correct way): Membuat daftar yang tidak berkaitan dengan sisi biaya dari grafik yang berhubungan dengan upah operator kedua (yang tidak diperlukan jika membeli mesin baru). Pada daftar sisi keuntungan: “Biaya operator per-tahun menurun dengan menggunakan mesin baru yaitu $35,000.”

Contoh selanjutnya menggambarkan kesalahan yang sangat umum dilakukan ketika melakukan analisa cost-benefit (CBA). Penting untuk mengetahui bahwa permasalahan itu masih ada dan bagaimana cara menghindarinya.

Penggunaan weighted columns

Beberapa orang suka mengajukan konsep Weighted Numbers ketika melakukan analisa cost-benefit. Sebuah contoh dapat menjadi pertimbangan mereka yang meliputi tindakan legal yang mungkin. Karena kemungkinan bermasalah, mereka merasa dibenarkan dengan weighted number untuk meningkatkan dampaknya. Direkomendasikan bahwa weighting factor tidak digunakan ketika melakukan analisa cost – benefit.

Metode yang sering digunakan untuk menganalisa cost-benefit dijelaskan pada modul training ini , yaitu – unweighted monetary factors only. Bagian selanjutnya dari training module adalah “Force Field Analysis” mempertimbangkan faktor-faktor non keuangan (non Monetary). Pada point tersebut, kekhawatiran permasalahan dapat di fokuskan.

Evaluasi Labor Man-Hours

Beberapa tim menilai biaya tenaga kerja dengan gaji per jam mereka. Kita asumsikan $10 per jam. Mereka akan mengatakan 100 jam dikalikan $10 akan menghasilkan biaya $1,000. Tanpa pertanyaan, jumlah itu tidak cukup. Bagaimana dengan biaya kompensasi karyawan misalnya? Itu berarti 30% lainnya untuk waktu berlibur, hari libur, tunjangan kesehatan, dan lain-lain harus ditambahkan. Jadi biaya bukan $10 tetapi $13 ($10 untuk gaji dan $3 untuk kompensasi)
Bagaimanapun itu masih terlalu rendah. Ada beberapa biaya perusahaan lainnya. Termasuk pengeluaran untuk item-item yang tidak terkait langsung dengan kegiatan produksi barang dan jasa. Contohnya adalah gaji, upah dan kompensasi dari semua karyawan yang tidak bekerja langsung dengan produk, juga pengeluaran lain seperti beban pengangkutan (pengiriman), pajak, asuransi, penyusutan peralatan, pembelian gedung, pengeluaran untuk utility dan peralatan kantor. Biaya per orang per jam bisa menjadi $20 atau $30 bukan $10.

Tidak semua perusahaan mengevaluasi cost – benefit mereka dengan menggunakan perhitungan total (menyeluruh). Mereka -yang percaya bahwa tidak perlu untuk menggunakan jumlah total- akan menjelaskan dengan contoh berikut: “Jika hanya untuk mengurangi satu biaya orang per jam, tidak berarti biaya lain pun akan turun. Tidak ada sebagian dari bangunan yang akan dijual. Biaya asuransi bangunan tidak akan menurun. Tidak sesen pun”. Itu benar, jika hanya biaya satu orang yang dihitung, dapat dibantah bahwa tidak ada sedikitpun yang dapat dihemat. Jadi bagaimana memberhentikan man-hour?

Kita lihat sisi lainnya. Asumsikan bahwa setengah aktifitas produksi dipindah ke bagian pabrik lainnya sejauh 50 mil. Apakah semua biaya akan dikurangi dari 1 menjadi setengah? Contoh, biaya bangunan, peralatan? Tidak mungkin. Biaya asuransi ? mungkin, tapi jarang terjadi. Intinya adalah meskipun setiap usaha yang dilakukan untuk mengurangi biaya perusahaan (overhead cost) sebanding dengan pengurangan biaya tenaga kerja (labor cost), tapi itu tidak biasanya dapat terjadi. Yang jelas, semakin besar pemotongan biaya, lebih banyak pengurangan biaya-biaya perusahaan lainnya akan sesuai dengan penghematan biaya jam kerja.

Dapat dijelaskan bahwa hal itu merupakan penerapan yang sia-sia untuk mengkhawatirkan sejumlah uang termasuk biaya tenaga kerja atau biaya-biaya perusahaan. Menurut mereka, itu bukan masalah. Salah! Mari kita lihat contoh berikut:

Bayangkan situasi ini : rata-rata terjadi 50 jam kerja untuk rework setiap bulannya. Tim mempunyai proyek untuk mencoba mengurangi biaya itu. Manajemen menyetujui proposal ini. Beberapa perubahan proses dihilangkan, dan $800 digunakan untuk membeli alat-alat khusus. Rework turun menjadi rata-rata 10 jam kerja perbulan. Pertanyaan: Berapa banyak uang yang akan dihemat setelah 12 bulan ?

Cara yang salah : penghematan 40 jam kerja perbulan x 12 bulan dengan upah $10/jam (40 x 12 x 10 ) adalah $4,800 dikurangi biaya pembelian alat $800. Jadi keuntungan bersih adalah $4,000

Cara yang benar : penghematan 40 jam kerja x 12 bulan dengan upah $30 per jam, termasuk kompensasi pada karyawan dan biaya-biaya perusahan lainnya (40 x 12 x 30 ) adalah $14,400 dikurangi pembelian alat $800. Keuntungan bersih $13,600.

Perhitungan penghematan adalah satu cara dari tim untuk menunjukkan nilai mereka kepada yang lainnya dan juga untuk mereka sendiri. Cara itu bisa saja salah dan sayangnya, kesalahan itu terlalu sering terjadi. Tim harus menunjukkan kemampuan terbaiknya. Tehnik-teknik pengukuran yang benar, dengan bantuan orang-orang yang tepat dalam perusahaan, akan menjamin bahwa hal itu akan terjadi.

LEMBAR LATIHAN KERJA

Situasi

Ulang tahun Joe yang ke-64 membuatnya terpukul. Setelah menimbang-nimbang, ia mengutarakannya pada istrinya: “Sayang, sebagaimana yang kamu tahu sepanjang hidupku saya ingin menjadi cartoonist. Jika saya ingin mewujudkan keinginanku, saya harus berbuat sesuatu sekarang.”

Istrinya menggangguk tanda setuju. “Segera kerjakan sekarang, tetapi jangan lupa janji kita untuk pensiun dan melakukan perjalanan saat kamu berumur 65.”

Joe tersenyum pada istrinya, meletakkan tangannya pada bahu istrinya, dengan meringis dia keluar dan berkata, “Terima kasih! Saya akan mengerjakannya! Saya tahu bahwa hal ini mungkin terlambat bagi kebanyakan orang, tetapi sesuatu yang lain sangat penting untukku untuk dapat mengatakan: Saya dapat membuat mimpi saya menjadi kenyataan.”

Joe menemukan dua sekolah cartoon. Hart’s Cartoon School membuka kursus tentang kartun selama 6 bulan. Kelas kursus dibuka pada malam hari dan hari minggu, dan waktu kursus ini tidak mengganggu pekerjaannya sekarang ini. Biaya kursus sebesar $2,000. Lulusan Hart’s, biasanya ditempatkan untuk bekerja pada awal bulan kedua setelah lulus dan mendapat upah rata-rata $24.000 per-tahun, termasuk keuntungan tambahan.

Steven’s Art Academy juga menawarkan kursus tentang kartun selama 6 bulam. Biaya kursus sebesar $4.000. Walaupun demikian, sulit untuk masuk menjadi murid di Steven’s. Lulusan akademi ini akan segera diminta untuk bekerja dan upah rata-rata pertahun 50 persen lebih banyak dari lulusan Hart’s. Joe sesungguhnya lebih memilih kursus di Steven’s karena faktor gengsi, tetapi Joe mempertimbangkan kembali keinginannya karena dia mendengar bahwa waktu belajar yang ditawarkan dilakukan pada jam kerja. Untuk mengikuti kursus ini, dia harus mengorbankan pekerjannya dan bekerja pada malam hari dengan upah berkurang $300 dari upah yang sekarang, ditambah dia harus membayar biaya kesehatannnya sebesar $200 per-bulan selama dia sekolah. Joe memperoleh $1500 perbulan termasuk biaya lain-lain, pada pekerjaannya yang sekarang.

Informasi tambahan:
1. Pekerjaan joe yang sekarang tidak memiliki rencana pensium, sehingga tidak perlu dipertimbangkan.
2. Diasumsikan bahwa Si pemilik perusahaan dikemudian hari akan membayar asuransi kesehatan untuk Joe.
Diasumsikan pula bahwa Si pemilik perushaan dikemudian hari akan memperkerjakan karyawan kontrak.

Tugas (dapat dikerjakan secara individu maupun kelompok)

Buatlah analisis Cost – Benefit, dengan membandingkan dua pilihan : Hart’s Cartoon School dan Steven’s Art Academy. Dalam hal waktu, disarankan untuk menggunakan data yang tercantum di atas.
Hitunglah rasio benefit to cost dan periode pembayaran kembali untuk masing-masing pilihan. Lakukan perbandingan cost-benefit termasuk peringkat prioritas.
Penting : Lengkapi masing-masing analisa keuntungan biaya dengan masing-masing solusinya secara terpisah , bandingkan keduanya terhadap status quo, dan jangan membandingkan satu sama lain.

LEMBAR LATIHAN KERJA

Solusi yang utama : Mendaftar di Hart’s Cartoon School
BIAYA (COST) KEUNTUNGAN (BENEFIT)
Item Tahun pertama Item Tahun pertama
Upah Pendapatan tambahan

Keuntungan = =
Biaya

Periode Pembayaran = =
Kembali

Solusi yang utama : Mendaftar Steven’s Art Academy
BIAYA KEUNTUNGAN
Item Tahun pertama Item Tahun pertama
Upah
Medical Plan
Total Pendapatan tambahan

Keuntungan = =
Biaya

Periode Pembayaran = =
Kembali

Perbandingan Cost – Benefit
Potensi Pemecahan Total Biaya Total keuntungan Rasio Periode pemba-yaran kembali Rangking prioritas
Hart’s School
Steven’s Academy

REVIEW QUESTIONS

1. Kontrak perawatan mesin secara tepat digambarkan sebagai ;
a. Biaya yang jelas (an obvious cost )
b. Biaya yang tidak jelas ( a hidden cost)

2. Jika anda mencoba memilih antara dua atau lebih solusi utama, yang terbaik adalah mengidentifikasi biaya dan keuntungan yang terbaik dari semuanya pada waktu yang bersamaan daripada mencoba terhadap masing-masing solusi utama pada waktu yang berlainan.
Benar Salah l

3. Periode yang disyaratkan untuk mengerjakan analisa keuntungan biaya adalah 12 bulan
Benar Salah l

4. Perbandingan keuntungan biaya dari solusi utama yang telah ditentukan adalah dihitung dengan membagi jumlah keuntungan dengan total biaya
Benar Salah l

5. Yang paling baik untuk menghitung pembayaran kembali untuk masing-masing solusi adalah dengan menggunakan periode waktu yang identik (sama).
Benar Salah l

6. Jika angka biaya dan keuntungan tidak tersedia, angka-angka ini ini biasanya ……………………. oleh tim atau organisasi yang lain.

7. Ada beberapa departemen dimana seseorang dapat memperoleh bantuan untuk mendapatkan data dan informasi lainnya yang berkaitan dengan analisis biaya-keuntungan. Sebutkan tiga atau lebih departemen / orang-orang demikian yang ada di organisasi anda.

8. Pelatihan selalu mempertimbangkan :
a. Biaya sekali waktu (one time cost)
b. Biaya terus menerus (an on-going cost
c. Kedua-duanya (a atau b)

9. Manajer lebih sering tertarik dengan pengembalian jangka panjang karena hal itu akan menjaga saving pendapatan pada beberapa tahun.
Benar___________________ Salah___________________

10. Berdasarkan hasil analisa cost – benefit saja, rasio tertinggi potensi solusi akan terpilih karena itu memberi citra keuangan yang terbaik.
Benar_______________ Salah________________

11. Seringkali yang terbaik adalah menggunakan teknik analisis __________________________________ sebelum memilih solusi yang berdasarkan peringkat rasio.

12. Dampak visual dari hasil analisa cost-benefit yang terbaik disampaikan melalui:
a. Cause-and-effect diagram
b. Pareto diagram
c. Scatter diagram
d. Check sheet

Adopted by : @_pararaja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s