MENGENAL SECARA SINGKAT TENTANG ALUMINIUM

Aluminium adalah logam yang berwaarna putih perak dan tergolong ringan yang mempunyai massa jenis 2,7 gr cm –3.Sifat-sifat yang dimilki aluminium antara lain :

1. Ringan, tahan korosi dan tidak beracun maka banyak digunakan untuk alat rumah tangga seperti panci, wajan dan lain-lain.

2. Reflektif, dalam bentuk aluminium foil digunakan sebagai pembungkus makanan, obat, dan rokok.

3. Daya hantar listrik dua kali lebih besar dari Cu maka Al digunakan sebagai kabel tiang listrik.

4. Paduan Al dengan logam lainnya menghasilkan logam yang kuat seperti Duralium (campuran Al, Cu, mg) untuk pembuatan badan peswat.

5. Al sebagai zat reduktor untuk oksida MnO2 dan Cr2O3.

Aluminium terdapat melimpah dalam kulit bumi, yaitu sekitar 7,6 %. Dengan kelimpahan sebesar itu, aluminium merupakan unsur ketiga terbanyak setelah oksigen dan silikon, serta merupakan unsur logam yang paling melimpah. Namun, Aluminium tetap merupakan logam yang mahal karena pengolahannya sukar. Mineral aluminium yang bernilai ekonomis adalah bauksit yang merupakan satu-satunya sumber aluminium. Kriloit digunakan pada peleburan aluminium, sedang tanah liat banyak digunakan untuk membuat batu bata, keramik. Di Indonesia, bauksit banyak ditemukan di pulau Bintan dan di tayan (Kalimantan Barat).

Pengolahan Alumininum

Aluminium dibuat menurut proses Hall-heroult yang ditemukan oleh Charles M. Hall di Amerika Serikat dan Paul Heroult tahun 1886. Pengolahan aluminium dan bauksit meliputi 2 tahap :

1. Pemurnian bauksit untuk meperoleh alumina murni.

2. Peleburan / reduksi alumina dangan elektrolisis

Pemurnian bauksit melalui cara :

a. Ba direaksikan dengana NaOH(q) . Aluminium oksida akan larut membentuk NaCl(OH)4.

b. Larutan disaring lalu filtrat yang mengandung NaAl(OH)4 diasamkan dengan mengalirkan gas CO2 Al mengendap sebagai Al(OH)3

c. Al(OH)3 disaring lalu dikeringkan dan dipanaskan sehingga diperoleh Al2O3 tak berair. Bijih –bijih Aluminium yang utama antara lain:

          bauksit

          mika

          tanah liat

Peleburan Alumina

Peleburan ini menggunakan sel elektrolisis yang terdiri atas wadah dari besi berlapis grafit yang sekaligus berfungsi sebagai katode (-) sedang anode (+) adalah grafit. Campuran Al2O3 dengan kriolit dan AlF3 dipanaskan hingga mencair dan pada suhu 950 C kemudian dielektrolisis . Al yang terbentuk berupa zat cair dan terkumpul di dasar wadah lalu dikeluarkan secara periodik ke dalam cetakan untuk mendapat aluminium batangan (ingot). Anode grafit terus menerus dihabiskan karena bereaksi dengan O2 sehingga harus diganti dari waktu ke waktu. Untuk mendapat 1 Kg Al dihabiskan 0,44 anode grafit. 2Al2O3 +3C 4Al + 3CO2

Beberapa nijih Al yang utama :

1. Bauksit (Al2O3. 2H2O)

2. Mika (K-Mg-Al-Slilkat)

3. Tanah liat (Al2Si2O7.2H2O)

Aluminium ada di alam dalam bentuk silikat maupun oksida, yaitu antara lain :

          sebagai silikat misal feldspar, tanah liat, mika

          sebagai oksida anhidrat misal kurondum (untuk amril)

          sebagai hidrat misal bauksit

          sebagai florida misal kriolit.

Penggunaan Aluminium

Beberapa penggunaan aluminium antara lain:

1. Sektor industri otomotif, untuk membuat bak truk dan komponen kendaraan bermotor.

2. untuk membuat badan pesawat terbang.

3. Sektor pembangunan perumahan;untuk kusen pintu dan jendela.

4. Sektor industri makanan ,untuk kemasan berbagai jenis produk.

5. Sektor lain, misal untuk kabel listrik, perabotan rumah tangga dan barang kerajinan.

6. Membuat termit, yaitu campuran serbuk aluminium dengan serbuk besi (III) oksida, digunakan untuk mengelas baja ditempat, misalnya untuk menyambung rel kereta api. Beberapa senyawa Aluminium juga banyak penggunaannya, antara lain:

1. Tawas (K2SO4.Al2(SO4)3.24H2O)

Tawas mempunyai rumus kimia KSO4.AL2.(SO4)3.24H2O. Tawas digunakan untuk menjernihkan air pada pengolahan air minum.

2. Alumina (Al2O3)

Alumin dibedakan atas alfa0allumina dan gamma-allumina. Gamma-alumina diperoleh dari pemanasan Al(OH)3 di bawah 4500C. Gamma-alumina digunakan untuk pembuatan aluminium, untuk pasta gigi, dan industri keramik serta industri gelas. Alfa-allumina diperoleh dari pemanasan Al(OH)3 pada suhu diatas 10000C. Alfa-allumina terdapat sebagai korundum di alam yang digunakan untuk amplas atau grinda. Batu mulia, seperti rubi, safir, ametis, dan topaz merupakan alfa-allumina yang mengandung senyawa unsur logam transisi yang memberi warna pada batu tersebut. Warna-warna rubi antara lain:

– Rubi berwarna merah karena mengandung senyawa kromium (III)

– Safir berwarna biru karena mengandung senyawa besi(II), besi(III) dan titan(IV)

– Ametis berwarna violet karena mengandung senyawa kromium (III) dan titan (IV)

– Topaz berwarna kuning karena mengandung besi (III)

Adopted by @_pararaja

 

20 thoughts on “MENGENAL SECARA SINGKAT TENTANG ALUMINIUM

  1. Dear, Suprihatin.

    Terima kasih atas kunjungannya, dan salam kenal.

    Mengenai pertanyaan saudara tentang aplikasi Alumunium, kiranya ini dapat sedikit membantu.

    Zamrud

    Zamrud (Be3Al2SiO6) adalah batu permata atau batu mulia yang berwarna hijau sampai hijau tua. Zamrud termasuk mineral silikat beril (mengandung beryllium) dan warna hijaunya disebabkan oleh kelumit kromium. Adanya vanadium dan besi yang menyertai kelumit kromium akan menyebabkan ragam zona pada warna hijau tersebut.

    Kandungan kimia Zamrud yang berwarna hijau ini adalah silica, alumunium, soda, dan magnesium. Karena warnanya yang menarik zamrud banyak disukai orang untuk digunakan sebagai perhiasan.

    Kekerasan zamrud termasuk tinggi (7,5 dalam skala Mohr).
    Variasi warna : hijau segar, hijau – kekuningan, hijau – kebirua.
    Kadar transparasi : transparan, translusan.
    Kilap polis : kilap – kaca.
    Index bias : 2,67 – 2,78.
    Formula kimia : Be 3 Al 2 SiO 6.
    Sistem kristal : Heksagonal.

    Penghasil zamrud kualitas tinggi adalah Kolombia, Siberia, Afrika Selatan, Zimbabwe, Australia dan Brazil.

    Banyak batu-permata berwarna hijau, tetapi hijau jamrud-lah yang dianggap paling mempesona. Sebagai mineral, jamrud termasuk kelompok jenis beril. jenis beril ini sebenarnya ada juga yang berwarna biru, kuning dan merah — tetapi hanya warna hijaulah yang sejuk dan teduh itulah yang membuatnya bisa tampil sejajar dengan batu-permata-mulia lainya. Uniknya, mayoritas mineral jamrud terlahir dengan membawa ciri khas alami berupa retakan-retakan ataupun serat-serat — sehingga kalau bisa menemukan satu yang berwarna bagus dan berbodi mulus

    Untuk Amaryl kami hanya mendapai literature seperti ini :

    Amaryl

    Amaryl (glimepiride tablets) is an oral blood-glucose-lowering drug of the sulfonylurea class. Glimepiride is a white to yellowish-white, crystalline, odorless to practically odorless powder formulated into tablets of 1-mg, 2-mg, and 4-mg strengths for oral administration.

    AMARYL tablets contain the active ingredient glimepiride and the following inactive ingredients: lactose (hydrous), sodium starch glycolate, povidone, microcrystalline cellulose, and magnesium stearate.

    In addition, AMARYL 1-mg tablets contain Ferric Oxide Red, AMARYL 2-mg tablets contain Ferric Oxide Yellow and FD&C Blue #2 Aluminum Lake, and AMARYL 4-mg tablets contain FD&C Blue #2 Aluminum Lake.

    Chemically, glimepiride is identified as 1-[[p-[2-(3-ethyl-4-methyl-2-oxo-3-pyrroline-1-carboxamido)ethyl]phenyl]sulfonyl]-3-(trans-4-methylcyclohexyl)urea.The CAS Registry Number is 93479-97-

    Molecular Formula: C24H34N4O5S
    Molecular Weight: 490.62

    Kepuasan adalah harapan.
    Keep brothership.

    Regards.
    Skimaters.

  2. Salam Kenal,

    Ikut nimbrung boleh ya..
    Pada kemasan untuk industri makanan, aluminiumnya mempunyai bentuk senyawa apa?

    Thanks,
    Jeffry

    ======================================================
    terimakasih pak atas kunjungannya
    pada kemasan Alumunium dipake mungkin buat alumunium foil, polybag dll. dan itupun Al disini hanya sebagai lapisan dalam kemasan yang berfungsi sebagai penghambat laju masuknya air dan udara. sedangkan Al di sini juga terlapis lagi oleh bahan kimia yang food grade. jadi Al tidak kontak langsung dengan produk.
    sekali lagi hanya sebagai pelapis dalam kemasan aja. penambahannya secara di semprotkan. jadi dia masih Al bukan senyawa lain.

    semoga bisa membantu
    jika ada yg kurang kami mohon maaf

  3. artikelnya bagus banget dan berguna banget.
    bener2 pas nih mau buat tugas presentasi tentang kimia unsur.
    makasih ya.
    btw, kriolit itu apa sh?
    thanks,
    grace

  4. Menarik,,,,
    Jadi pengen tau, tanah liat jenis apa yang mengandung aluminium? Apa semua tanah liat mengandung aluminium?

  5. terima kasih artikelnya, ada yang ingin saya ketahui lebih lanjut, aluminium tahan sampai suhu berapa derajat celcius? karena kami memerlukan aluminium yang tahan untuk suhu sterilisasi diatas suhu 150C,aluminium jenis apa yang bisa saya gunakan,(misal pada stainless steel ada 304,316,316 L)

    Maturnuwun

  6. Rekanku,

    Kami telah berhasil merancang dan membangun pabrik pemurnian bauksit,dengan capasitas mesin 5 ton raw material bauksit ore kadar 48%-50 %/hari dengan harga raw material Rp.2000.-/kg dan biaya operational proses produksi Rp.7000, menjadi 2,5 ton aluminiun lantakan/hari dengan kadar Al : 90 – 95 % dengan harga jual Rp.13.500,-/kg DENGAN KEUNTUNGAN Rp.4500/kg atau 2500kgx 24 hari x Rp.4500= RP…….. lumayan untuk mencukupi hidup kita,apabila ada yg berminat pesan mesin kami bisa menerima contract pemesanan dgn harga Rp.750 jt /unit lengkap jadi, siap produksi.hub kami pt.rukun baja Mandiri HP.081.334.313.168.
    terimakasih.
    Taufik hidayat.

  7. mantep dan terimakasih artikelnya, jika berkenan bolehkah kami tahu praktek pemurnian nya , mohon konfimasinya. atas perkenan dan sambutannya km ucapkan matornuwon

  8. bagaimana cara pengolahan limbah/debu alumunium dari limbah pengolahan alumunium yang efisien supaya menjadi batangan alumunium( terpisah dari debu tanah dan pengotor lain)

  9. Nah saya ada kemasan Alumunium makanan, Stok banyak..
    klo cocok kan bisa berlanjut dengan baik..

    mau coba?

    Thanks
    Budi – 087770984311

  10. […] Daftar Pustakahttp://www.scribd.com/doc/25300537/Makalah-Aluminiumhttps://smk3ae.wordpress.com/2008/09/03/mengenal-secara-singkat-tentang-aluminium/http://www.slideshare.net/dedendrmn/mengenal-aluminium-prosesnya […]

  11. saya udah baca artikel diatas sangat menarik, mohon beri arahan cara mengolah limbah al yang terdapat pada sisa bungkus makanan agar bisa di jadikan al batangan terima kasih saya tunggu kabarnya

  12. setelah membaca artikelnya saya mau bertanya tentang aluminium pasta pada pembuatan bata ringan itu prosesnya bagaimana ya?dan untuk reaksinya tolong dijelaskan terima kasih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s