Rekayasa Konfigurasi Sistem Adsorpsi dan Biocycle untuk Pengolahan Air Limbah Domestik yang Mengandung Detergen.

Mohammad Razif, Tri Widjaja, dan Atiek Moesriati

Pusat Penelitian Lingkungan Hidup, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Banyak anggapan bahwa pemakaian tangki septik untuk mengolah limbah domestik dapat mencegah pencemaran lingkungan, padahal air resapan tangki septik masih mengandung cemaran yang berbahaya.  Lumpur dari tangki septik juga harus dikuras secara berkala dan perlu diolah lebih lanjut; dengan demikian teknologi ini tidak menanggulangi pencemaran limbah domestik secara tuntas.  Selain kandungan organik (diukur dengan kebutuhan oksigen hayati, atau biological oxygen demand, BOD) dan padatan tersuspensi (suspended solid, SS) dalam air limbah domestik Indonesia, yang sering menimbulkan masalah ialah tingginya kandungan detergen dari jenis alkil benzena sulfonat (ABS) yang sulit didekomposisi. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan menanggulangi cemaran detergen, bahan organik, dan padatan tersuspensi dari limbah domestik.

Konfigurasi sistem adsorpsi dan biocycle dirancang agar diperoleh sistem pengolah limbah terpadu skala laboratorium yang kompak dan efisien. Hasilnya dapat diaplikasikan di lapangan bagi perumahan yang mempunyai lahan yang terbatas dan bagi perusahaan daerah air minum yang mengolah air sungai yang telah cemar oleh detergen. Hasil penelitian pada tahapan kinerja adsorpsi ialah data dan informasi yang dapat digunakan untuk menggali pengetahuan tentang proses pengolahan detergen dengan adsorpsi. Adapun pada tahapan kinerja biocycle diperoleh hasil optimasi proses hayati menggunakan biocycle yang sesuai untuk kondisi air limbah domestik di Indonesia.

Melalui teknik daur ulang, air limbah domestik telah dapat diolah menjadi air bersih dengan hasil yang cukup baik yang nantinya dapat dikembangkan untuk dimanfaatkan untuk mengatasi kekurangan air bersih yang layak. Penelitian tahap pertama dengan proses batch telah berhasil menghilangkan kandungan detergen dari air limbah dengan efisiensi penghilangan (88-95%). Pada penelitian tahap kedua, limbah domestik telah berhasil diolah menjadi air bersih dengan efisiensi gabungan proses aerobik dan anaerobik (92.8-98.2%).

Adopted by : @_pararaja from Hibah Bersaing VIII

 

2 thoughts on “Rekayasa Konfigurasi Sistem Adsorpsi dan Biocycle untuk Pengolahan Air Limbah Domestik yang Mengandung Detergen.

  1. assalamualaikum.. terimakasih sebelumnya atas postingan nya yang membantu saya untuk mencari judul TA.
    Kalo boleh saya ingin tahu detail prose atau sekedar sharing aja tentang penelitian di atas. adakah email yang dapat saya hubungi…
    terimakasih.

    regards

    Lia

  2. bagus banget..
    cara yang lenih detailnya seperti apa?
    zat apa yang ditambahkan?
    apa kah air yang dihasilkan kandunganya sama seperti air pada awalnya?
    misalnya..
    air yang kita pake untuk mesin cuci biasa dipakai kembali????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s