Poliester dari 1,3-Propanadiol Hasil Fermentasi Gliserol sebagai Bahan Baku Polimer Biodegredabel

Diah Mardiana, Anna Roosdiana, Aulanni’am, dan NM Surdia

Jurusan Kimia, Universitas Brawijaya

Peningkatan penggunaan plastik telah mengakibatkan akumulasi limbah plastik. Hal ini disebabkan bahan baku yang digunakan ialah jenis polimer sintetik yang tahan terhadap pengaruh lingkungan dan tak-terurai di alam. Penelitian ini bertujuan membuat polimer biodegradabel atau polimer ramah lingkungan yang diperoleh melalui sintesis menggunakan monometer alam 1,3-propanadiol hasil fermentasi dari gliserol. Polimer biodegradabel dibentuk dengan memodifikasi polimer, baik polimer sintetik maupun polimer alam, serta penggunaan produk mikroorganisme. Pemanfaatan sumber monomer dari produk pertanian dalam sintesis polimer merupakan cara yang dapat dilakukan untuk membuat polimer jenis ini. Ciri polimer yang terbentuk dipengaruhi oleh jenis katalis yang digunakan. Katalis oksida logam lebih efektif digunakan untuk polimer dengan bobot molekul lebih tinggi, namun untuk polimer dengan sifat termal lebih baik, katalis asam lebih menguntungkan.

Bahan mentah yang digunakan dalam penelitian ini ialah gliserol, hasil samping pengolahan lipid pada industri oleokimia. Produk yang dihasilkan memungkinkan untuk terurai secara alami dengan adanya pengaruh radiasi sinar ultraviolet ataupun berbagai mikroorganisme dalam kompos.

Ditinjau dari bobot molekul rata-rata, polimer yang terbentuk dari penelitian ini lebih sesuai sebagai bahan prepolimer. Polimer yang sesuai sebagai bahan baku plastik, terutama untuk bahan pengemas, sedang dikembangkan dengan sintesis menggunakan jenis komonomer asam karboksilat dengan rantai lebih panjang. Polimer yang dihasilkan memungkinkan membentuk suatu film tipis namun sedikit rapuh yang umumnya dapat diatasi dengan penambahan zat pemlastis. Kajian lebih lanjut juga diperlukan untuk peningkatan biokonversi monomer gliserol yang relatif masih rendah (± 45%).

Adopted by : @_pararaja from Hibah Bersaing VIII

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s