RADIONUKLIDA

Inti radioaktif atau radionuklida terbentuk dalam jumlah yang sangat besar, sebagai produk sampah dalam pembangkit tenaga nuklir. Inti radioaktif berbeda dengan inti lain dalam mengeluarkan radiasi ionisasinya. Bentuk-bentuk yang paling umum dari radiasi ionisasi adalah partikel-partikel alfa, beta, dan gamma (a, β dan γ).

Bahaya radiasi bagi organisme hidup disebabkan karena reaksi- reaksi kimia berbahaya di dalam jaringan. Jaringan ikatan dalam makromolekul yang menyelengarakan proses kehidupan dihancurkan.

Radionuklida dengan waktu paruh pendek berbahaya ketika terbentuk, tetapi cepat mengurai kemudian mempengaruhi lingkungan ketika masuk kedalamnya. Radionuklida dengan waktu paruh sangat panjang sangat stabil berada dalam lingkungan, tetapi dengan aktivitas yang rendah hanya menyebabkan kerusakan yang kecil terhadap lingkungan. Oleh karena itu radionuklida dengan waktu paruh sedang merupakan yang paling berbahaya.

Radionuklida dapat bergabung dengan jaringan hidup, oleh karena itu sangat berbahaya terhadap unsur-unsur kehidupan.

Beberapa radionuklida ditemukan dalam air, terutama radium dan kalium – 40, yang berasal dari sumber alami, terutama proses “bleaching” dari mineral-mineral. Yang lainnya berasal dari sumber pencemar, terutama dari pembangkit tenaga nuklir dan percobaan senjata-senjata nuklir. Tingkat kandungan radionuklida yang ditemukan dalam air biasanya diukur dalam satuan picocuries/liter, di mana 1 (satu) curies adalah 3,7 x 1010 disintegrasi per detik dan 1 picocuries adalah 1 x 1010 curie atau 3,7 x 1022 disintegrasi per menit.

Radionuklida yang paling penting dalam air minum adalah radium, Ra. Tingkat maksimum pencemaran (Maximum Contaminant Level atau MCL) untuk total radium (226Ra dan 228Ra) dalam air minum yang dikeluarkan U.S Environmetal Protection Agency (EPA) adalah 5 pCi/ L (5 picocurie/ L).

Soul of Water by @_pararaja

 

 

2 thoughts on “RADIONUKLIDA

  1. mau nanya,.,.,: apa beda radionuklida alami dan radionuklida buatan.,.? tlong statementnya.,.,. makasih.,.,.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s