Pendidikanku…Indonesiaku…mengapa ???

Minggu-minggu ini Sekolah2 disibukkan dengan lulusan dan pendaftaran… bukan itu saja semarak anak didik yang lulus, hingar bingar lulusan di jagad Indonesia meriah di mana-mana.

sementara lulusan yang membludak, anak2 yang punya keinginan sekolah tinggi, orang kampung turun ke kota, semuanya berbondong2 daftar sekolah…trus apa alhasil jika sekolah terbatas jumlah siswanya…? jual beli kursi, pontang-panting cari sekolah yang mau menerima dengan nilai yang hanya pas-pasan, uang pendaftaran, uang naik angkot, dan tak mungkin ada jika muncul uang pelicin…

menurut saya, untung apa sih uang pelicin..? jika memang otak anak itu tidak sanggup (dilihat dari nilainya) trus dilicinin sampai masuk ke sekolah tersebut padahal dibawah standard penerimaan. apa itu nggak malah ngedown si otak anak….dah jelas nggak sanggup tetep dimasukin, malah rugi kan.. kasihan anaknya juga beban pelajaran, beban mental…dan psikolog nggah jauh lagi….

itu semua adalah penderitaan warga yang ingin menjadi seorang manusia yang berpendidikan, dari lulusan sudah deg-deg kan, trus belum liat nilai, habis itu melanjutkan kemana? daftar kemana? jurusan apa? di terima apa tidak? bayaran bulanan? trus…masa depan gimana??????

sekolah gembar-gembor menciptakan lulusan bermutu..dll tetapi kenapa masih sesusahnya mo belajar aja. kalau sudah lulus bingung dapet iklan bea siswa perguruan tinggi….

Indonesia mempunyai banyak pengangguran berpendidikan, lantas….????

salah kita sebagai siswa ? salahkah Orang tua kita? salah kah Guru kita? Sekolah kita ? Pemerintah kah ? perusahaankah ?     trus mengapa ini semua….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s