MERKURI (Hg); LOGAM CAIR TOKSIK MEMATIKAN.

Oleh : Arifin

Berdasarkan sudut pandang toksikologi, logam berat dapat dibagi dalam dua jenis. Jenis pertama adalah logam berat esensial, di mana keberadaannya dalam jumlah tertentu sangat dibutuhkan oleh organisme hidup, namun dalam jumlah yang berlebihan dapat menimbulkan efek racun. Contoh logam berat ini adalah Zn, Cu, Fe, Co, Mn dan lain sebagainya. Sedangkan jenis kedua adalah logam berat tidak esensial atau beracun, di mana keberadaannya dalam tubuh masih belum diketahui manfaatnya atau bahkan dapat bersifat racun, seperti Hg, Cd, Pb, Cr dan lain-lain. Logam berat ini dapat menimbulkan efek kesehatan bagi manusia tergantung pada bagian mana logam berat tersebut terikat dalam tubuh. Daya racun yang dimiliki akan bekerja sebagai penghalang kerja enzim, sehingga proses metabolisme tubuh terputus. Lebih jauh lagi, logam berat ini akan bertindak sebagai penyebab alergi, mutagen, teratogen atau karsinogen bagi manusia. Jalur masuknya adalah melalui kulit, pernapasan dan pencernaan.

Berdasarkan daya hantar panas dan listriknya merkuri (Hg) dimasukkan dalam golongan logam. Sedangkan berdasarkan densitasnya, dimasukkan ke dalam golongan logam berat. Merkuri memiliki sifat-sifat :

1.      Kelarutan rendah;

2.      Sifat kimia yang stabil terutama di lingkungan sedimen;

3.      Mempunyai sifat yang mengikat protein, sehingga mudah terjadi biokonsentrasi pada tubuh organisme air melalui rantai makanan;

4.      Menguap dan mudah mengemisi atau melepaskan uap merkuri beracun walaupun pada suhu ruang;

5.      Logam merkuri merupakan satu-satunya unsur logam berbentuk cair pada suhu ruang 25oC;

6.      Pada fase padat berwarna abu-abu dan pada fase cair berwarna putih perak;

7.      Uap merkuri di atmosfir dapat bertahan selama 3 (tiga) bulan sampai 3 (tiga) tahun sedangkan bentuk yang melarut dalam air hanya bertahan beberapa minggu.

Merkuri terdapat sebagai komponen renik dari minyak mineral, dengan bantuan kontinental yang rata-rata mengandung sekitar 80 ppb atau lebih kecil lagi. senyawa-senyawa alkil merkuri lebih tahan urai daripada senyawa alkil atau merkuri anorganik, oleh karena itu senyawa alkil merkuri lebih berbahaya sebagai bahan pencemar. Merkuri masuk ke lingkungan perairan berasal dari berbagai sumber yang timbul dari penggunaan unsur itu oleh manusia seperti buangan laboratorium kimia, batu baterai bekas, pecahan termometer, fungisida kebun, tambal gigi amalgam dan buangan farmasi.

Merkuri yang terdapat dalam limbah atau waste di perairan umum diubah oleh aktifitas mikro-organisme menjadi komponen metil-merkuri (Me-Hg) yang memiliki sifat racun (toksik) dan daya ikat yang kuat disamping kelarutannya yang tinggi terutama dalam tubuh hewan air. Hal tersebut mengakibatkan merkuri terakumulasi baik melalui proses bioakumulasi maupun biomagnifikasi yaitu melalui rantai makanan (food chain) dalam jaringan tubuh hewan-hewan air, sehingga kadar merkuri dapat mencapai level yang berbahaya baik bagi kehidupan hewan air maupun kesehatan manusia yang makan hasil tangkap hewan-hewan air tersebut. Terjadinya proses akumulasi merkuri di dalam tubuh hewan air, karena kecepatan pengambilan merkuri (up take rate) oleh organisme air lebih cepat dibandingkan dengan proses ekresi, yaitu karena metil-merkuri memiliki paruh waktu sampai beberapa ratus hari di tubuh hewan air, sehingga zat ini menjadi terakumulasi dan konsentrasinya beribu kali lipat lebih besar dibanding air disekitarnya.

Bioakumulasi adalah peningkatan konsentrasi suatu zat sepanjang rantai makanan. Berikut ini adalah gambaran bagaimana perjalanan metil-merkuri dari air hingga masuk ke dalam tubuh manusia dan binatang :

1.      Metil-merkuri di dalam air dan sedimen dimakan oleh bakteri, binatang kecil dan tumbuhan kecil yang dikenal sebagai plankton;

2.      Ikan kecil dan sedang kemudian memakan bakteri dan plankton tersebut dalam jumlah yang sangat besar sepanjang waktu;

3.      Ikan besar kemudian memakan ikan kecil tersebut, dan terjadilah akumulasi metil-merkuri di dalam jaringan. Ikan yang lebih tua dan besar mempunyai potensi yang lebih besar untuk terjadinya akumulasi kadar merkuri yang tinggi di dalam tubuhnya;

4.      Ikan tersebut kemudian ditangkap dan dimakan oleh manusia dan binatang, menyebabkan metil-merkuri berakumulasi di dalam jaringannya.

Ikan dapat mengabsorbsi metil-merkuri melalui makanannya dan langsung dari air dengan melewati insang. Oleh karena merkuri terikat dengan protein di seluruh jaringan ikan, termasuk otot, maka tidak ada metoda pemasakan atau pencucian ikan untuk mengurangi kadar merkuri di dalamnya.

Pengaruh langsung pollutan terhadap ikan biasa dinyatakan sebagai lethal (akut), yaitu akibat-akibat yang timbul pada waktu kurang dari 96 jam atau sublethal (kronis), yaitu akibat-akibat yang timbul pada waktu lebih dari 96 jam (empat hari). Sifat toksis yang lethal dan sublethal dapat menimbulkan efek genetik maupun teratogenik terhadap biota yang bersangkutan. Pengaruh lethal disebabkan gangguan pada saraf pusat sehingga ikan tidak bergerak atau bernapas akibatnya cepat mati. Pengaruh sub lethal terjadi pada organ-organ tubuh, menyebabkan kerusakan pada hati, mengurangi potensi untuk perkembang-biakan, pertumbuhan dan sebagainya. Seperti peristiwa yang terjadi di Jepang, dimana penduduk disekitar teluk Minamata keracunan metil-merkuri akibat hasil buangan dari suatu pabrik. Metil-merkuri yang terdapat dalam ikan termakan oleh penduduk disekitar teluk tersebut. Ikan-ikan yang mati disekitar teluk Minamata mempunyai kadar metil merkuri sebesar 9 sampai 24 ppm.

Faktor-faktor yang berpengaruh di dalam proses pembentukan metil-merkuri adalah merupakan faktor-faktor lingkungan yang menentukan tingkat keracunannya. Merkuri yang diakumulasi dalam tubuh hewan air akan merusak atau menstimuli sistem enzimatik, yang berakibat dapat menimbulkan penurunan kemampuan adaptasi bagi hewan yang bersangkutan terhadap lingkungan yang tercemar tersebut. Pada ikan, organ yang paling banyak mengakumulasi merkuri adalah ginjal, hati dan lensa mata.

Toksisitas logam-logam berat yang melukai insang dan struktur jaringan luar lainnya, dapat menimbulkan kematian terhadap ikan yang disebabkan oleh proses anoxemia, yaitu terhambatnya fungsi pernapasan yakni sirkulasi dan eksresi dari insang. Unsur-unsur logam berat yang mempunyai pengaruh terhadap insang adalah timah, seng, besi, tembaga, kadmium dan merkuri.

Keracunan merkuri pertama sekali dilaporkan terjadi di Minamata, Jepang pada tahun 1953. Kontaminasi serius juga pernah diukur di sungai Surabaya, Indonesia tahun 1996. Pengaruh pencemaran merkuri terhadap ekologi bersifat jangka panjang, yaitu meliputi kerusakan struktur komunitas, keturunan, jaringan makanan, tingkah laku hewan air, fisiologi, resistensi maupun pengaruhnya yang bersifat sinergisme. Sedang pengaruhnya yang bersifat linier terjadi pada tumbuhan air, yaitu semakin tinggi kadar merkuri semakin besar pengaruh racunnya. Metil-merkuri diketahui mengganggu perkembangan janin, mengakibatkan cacat lahir pada janin yang ibunya terpajan merkuri.

Pengaruh dari toksisitas merkuri terhadap tubuh antara lain : kerusakan syaraf, termasuk menjadi pemarah, paralisys, kebutaan atau ganguan jiwa, kerusakan kromosom dan cacat bayi dalam kandungan. gejala-gejala ringan akibat keracuna merkuri adalah depresi dan suka marah-marah yang merupakan sifat dari penyakit kejiwaan, sakit kepala, sukar menelan, penglihatan menjadi kabur, daya dengan menurun, merasa tebal di bagian kaki dan tangannya, mulut terasa tersumbat oleh logam, gusi membengkak dan disertai diare, lemah badan, dan cacat pada janin manusia.

Merkuri dengan konsentrasi tinggi kadang kala di dapatkan di perairan dan jaringan ikan yang berasal dari pembentukan ion monoetil merkuri yang larut, CH3Hg+ dan (CH3)2 Hg, oleh bakteri anaerobik di dalam sedimen, merkuri dari senyawa-senyawa ini menjadi pekat di dalam lemak jaringan ikan (penguat biologis) dapat mencapai 103.

Sebagai hasil dari kuatnya interaksi antara merkuri dan komponen tanah lainnya, penggantian bentuk merkuri dari satu bentuk ke bentuk lainnya selain gas biasanya sangat lambat. Proses methylisasi merkuri biasanya terjadi di alam di bawah kondisi terbatas, membentuk satu dari sekian banyak elemen berbahaya, karena dalam bentuk ini merkuri sangat mudah terakumulasi pada rantai makanan. Karena berbahaya, penggunaan fungisida alkylmerkuri dalam pembenihan tidak diizinkan di banyak negara.

 

Diolah dari berbagai sumber.

15 thoughts on “MERKURI (Hg); LOGAM CAIR TOKSIK MEMATIKAN.

  1. Dear, Riska.

    Selamat datang di blog kami.

    Terima kasih atas pertanyaan anda. Mungkin ini sedikit tambahan infi dari kami mengenai bahaya merkuri dalam kosmetika.

    Bahaya merkuri dalam kosmetik.
    Akibat pemakaian kosmetik yang mengandung Merkuri:
    • Dapat memperlambat pertumbuhan janin, mengakibatkan keguguran (Kematian janin dan Mandul)
    • Flek hitam pada kulit akan memucat (seakan pudar) dan bila pemakaian dihentikan, flek itu dapat / akan timbul lagi & bertambah parah (melebar).
    • Efek REBOUND yaitu memberikan respon berlawanan (KULIT AKAN MENJADI GELAP/KUSAM SAAT PEMAKAIAN KOSMETIK DIHENTIKAN).
    • Bagi Wajah yang tadinya bersih lambat laun akan timbul flek yang sangat parah (lebar).
    • Dapat mengakibatkan kanker kulit.
    • Unsur merkuri yang ada di kosmetik akan diserap melalui kulit, kemudian akan dialirkan melalui darah keseluruh tubuh dan merkuri itu akan mengendap di dalam ginjal yang berakibat terjadinya GAGAL GINJAL YANG SANGAT PARAH. (BISA MENYEBABKAN KEMATIAN) Merkuri dalam krim pemutih (yang mungkin tidak tercantum pada labelnya) dapat menimbulkan keracunan bila digunakan untuk waktu lama. Walau tidak seburuk efek merkuri yang tertelan (dari makanan ikan yang tercemar), tetap menimbulkan efek buruk pada tubuh. Kendati cuma dioleskan ke permukaan kulit, merkuri mudah diserap masuk ke dalam darah, lalu ,memasuki system saraf tubuh.

    Manifestasi gejala keracunan merkuri akibat pemakaian krim kulit muncul sebagai gangguan system saraf, seperti tremor (gemetar), insomnia (tidak bisa tidur), pikun, gangguan penglihatan, ataxia (gerakan tangan tak normal), gangguan emosi, depresi dll. Oleh karena umumnya tak terduga kalau itu penyakitnya, kasus keracunan merkuri sering didiagnosis sebagai kasus Alzheimer, Parkinson, atau penyakit gangguan otak. Setelah sekian lama, kosmetik tsb akan diserap melalui kulit dan dialirkan melalui darah ke seluruh tubuh, akhirnya merkuri itu akan mengendap di dalam ginjal, sehingga menyebabkan gagal ginjal yang sangat parah bagi pemakainya.

    Produk kosmetik yang dipakai tersebut akan menyebabkan iritasi parah pada kulit, yakni berupa kulit yang kemerah-merahan dan menyebabkan kulit menjadi mengkilap secara tidak normal. Kondisi tersebut telah banyak dikeluhkan oleh para konsumen yang sudah terlanjur menggunakan produk-produk kosmetik illegal tersebut. 100%

    Sebagai bahan tambahan referensi silahkan Anda membukanya di :

    http://tips2cantik.blogspot.com/2006/10/kosmetik-berbahaya-mengandung-merkuri.html

    http://rara-carter.blog.friendster.com/2007/05/bahaya-merkuri-dan-hidrokuinon/

    http://www.mediakonsumen.com/Artikel215.html

    Kepuasan adalah suatu harapan.

    Keep brothership.

    Regards.

  2. Dear, Niken.

    Selamat datang di blog kami.
    Senang berkenalan dengan anda dan terima kasih atas pertanyaannya.

    Tidak mengurangi rasa hormat kami, mengacu pada azas kepatutan, kepantasan, kewajaran, dan kelayakan maka kami merasa tidak pantas dan eties untuk mempublikasikan merek2 produk tertentu menyangkut kewenangan, hak patent, nama baik, dan hak – hal yang dapat mencitrakan buruk dan negatif bagi intitusi, produsen, dan pihak – pihak yang berkenaan tentang produk2 kosmetik yang mengandung bahan berbahaya atau merkuri/ raksa/ Hg/ Hydragirum.

    Mohon maaf, kami merasa itu bukan kapasitas dan wewenang kami berkenaan dalam hal itu. Kami merekomendasikan anda untuk melansirnya di Badan POM, Depkes, atau institusi pemerintah yang berwenang.

    Akan tetapi, kami hanya memberikan sedikit referensi yang sudah ada di media terutama internet berkenaan dengan pertanyaan Sdr. Tentang daftar kosmetik yang mengandung bahan berbahaya khususnya Merkuri.

    Kepuasan adalah suatu harapan.
    Keep brothership.

    Regards
    Skimaters.

    Sebagai bahan tambahan dan rekomendasi kami.

    Dari Detik.com dan Liputan6:
    Kemarin badan pengawasan obat dan makanan (POM) melarang 27 jenis kosmetik buatan Cina, Taiwan, HK karena mengandung zat-zat berbahaya seperti merkuri, hydroquinone, dan zat warna sintetis Rhodamin B dan Merah K3.

    Akibat dari zat ini adalah iritasi kulit berupa kemerahan atau rasa terbakar. Lebih jauh lagi, bisa menyebabkan kerusakan otak permanen, gangguan ginjal, dan juga kanker.

    Nama-nama kosmetik yang dilarang beredar tersebut antara lain Yen Lyi YL Day Cream, Yi Full Day and Night, Arche Pearl Cream, Cecily Beauty Cream New Formula, Cream Mutiara pagi dan malam, CB Special Whitening Come Beauty Pearl Cream, Donna Peapis Cream, dan Leving Pearl Cream

    Adopted from : http://forum.kafegaul.com/showthread.php?t=151764

    Daftar Kosmetik Berbahaya
    Halal Guide — Badan POM mengeluarkan peringatan publik No. KH.00.01.3352 pada tanggal : 7 September 2006 tentang kosmetika yang mengandung bahan dan zat warna yang dilarang. Berikut ini daftar lengkap kosmetika berbahaya, peringatan publik ini ditandatangani oleh kepala Badan POM DR.Husniah Rubiana Thamrin Akib, MS.,M.Kes., SpFK

    Monday, 04 December 2006
    Nama Kosmetik No.Pendaftaran Produsen/Importir Positif Mengandung
    Yen Lye YL II Day Cream CL.1009213561 (No.Pendaftaran Palsu) Yu Lin Co. Ltd Taipei – Taiwan Hg (Merkuri)
    Yi Fuli Day dan Night Cream CL. 1006890202 (No. Pendaftaran Palsu) Tidak Tercantum Hg (Merkuri)
    Arche Pearl Cream Tidak Terdaftar Tidak Tercantum Hg (Merkuri)
    Cecily Beauty Cream New Formula
    Tidak Terdaftar Tidak Tercantum Hg (Merkuri)
    Cream Mutiara (pagi)Dan Cream Kuning (malam) Tidak Terdaftar Hongkong Hg (Merkuri)
    CB Spesial Whitening Come Beauty Pearl Cream Tidak Terdaftar Taiwan Hg (Merkuri)
    Donna Peapis Cream Tidak Terdaftar Donna Cosmetics Hg (Merkuri)
    Krem Kuning dan putih (aksara Cina) Tidak Terdaftar Tidak Tercantum Hg (Merkuri)
    Leeya Whitening Daily dan Night Use
    Tidak Terdaftar Cina Hg (Merkuri) & Kadar Hidrokuonin 2,62%
    Leving Pearl Cream Tidak Terdaftar Meita Chemical Works Taiwan Hg (Merkuri)
    Paimei A dan B anti Freckles Tidak Terdaftar Tidak Tercantum Hg (Merkuri)
    Qubanyifushuan Cream Tidak Terdaftar Cina Hg (Merkuri)
    White Jade Pearls Paste Moisture & Helth Tidak Terdaftar Taiwan Hg (Merkuri)
    Ai Zhuang Lipstick (No. 14,17,23,27,30,46,60,63,64) Tidak Terdaftar Cina Merah K10 (Rhodamin B)
    Baby Change Eye Shadow & Blush Tidak Terdaftar Cina Merah K10 (Rhodamin B)
    Eren Lipstick With Vitamin E. KemasanPrimer : warna biru, hijaudan merah (No 01 ; 02 ;03 ; 04 ; 05 ; 08 ; 10 ; 11;12) Tidak Terdaftar Tidak Tercantum
    Merah K3(CI Pigment red 53)
    Eren Water Shine & Crystal Lipstick & Lip Gloss (5 ; 8 ; 12 ; 14 ; 18 ) Tidak Terdaftar Tidak Tercantum Merah K3(CI Pigment red 53)
    Huadi Lipstick Tidak Terdaftar Tidak Tercantum Merah K3(CI Pigment red 53)
    Hengfang Lipstick No (09; 42) Tidak Terdaftar Shantou Hengfang Cosmetics Ltd. Cina Merah K3(CI Pigment red 53)
    Hofine Eye Shadow /Lip Gloss/Powder Cake Tidak Terdaftar Shantou Hengfang Cosmetics Ltd. Cina Merah K10 (Rhodamin B)
    Leiqi Make Up Kit Tidak Terdaftar Tidak Tercantum Merah K10 (Rhodamin B)
    Laurel Cosmetics Lipstick No: ( 027 ; 098 ) Tidak Terdaftar Tidak Tercantum Merah K3(CI Pigment red 53)
    Qibin Lipstick (2) Tidak Terdaftar Tidak Tercantum Merah K10 (Rhodamin B) & Merah K3(CI Pigment red 53)
    Siella Lipstick Tidak Terdaftar Tidak Tercantum Merah K3(CI Pigment red 53)
    Ya Shang 5 in 1 Lip Gloss, Eye Shadow, Mascara,Blush, Powder Cake (No:02000;02636) Tidak Terdaftar Chaoyang Liangguan(Grup) Co. Ltd – Cina Merah K10 (Rhodamin B)

    Ya Shang Water Shine Diamond Lipstick. (tulisan pada kemasan/doos. No. 341 ) Ya Shang VITA MINE French Science No.4 ;5;8;9 ;10 ; 13 ( tulisaan pada kemasan primer) Tidak Terdaftar Chaoyang Liangguan(Grup) Co. Ltd Guangdong – Cina Merah K3(CI Pigment red 53)
    Ya Shang Water Shine Diamond Lipstick. (tulisan pada kemasan/doos. No. 353 & No 360 ) Ya Shang Moistening Lipstick No. 4; 6 ; 7 ; 8 ; 11 ; 12 ; 14( tulisan pada kemasanPrimer ) Tidak Terdaftar Chaoyang Liangguan(Grup) Co. Ltd Guangdong – Cina Merah K3(CI Pigment red 53)

    Adopted from : http://www.halalguide.info/content/view/634/38/

  3. Hg tu paann c????
    Ga ngerti aq….
    tu kan logam, kok larinya ke ikan pula………..

    Truz penyebabnya bila keracunan Hg tu kok ga di buat????
    so, dampak sebenarnya tu pa c???

    Di jawab ya…………..

    Qye………!!!!!!!!!!!

  4. Dear, Nda_Rah.

    Selamat datang dan salam kenal.

    Hg adalah lambang kimia dari Hidragyrum atau merkuri. Orang Indonesia menyebutnya Air Raksa. Kenapa disebut “air” padahal Hg itu logam bahkan logam berat karena dia satu-satunya loham yang wujudnya cairan, lainnya padat.

    Kenapa larinya ke “Ikan”, dulu disekolah pelajaran IPA ada istilah bioakumulasi, rantai makanan, siklus air, dsb. Nah, logam ini umumnya dipakai oleh industri terutama pendulang emas, tambang, kosmetik, dsb. Limbah ini masuk ke sungai, dimakan ikan, ingat sifat logam berat ?. Karena ikan ini dikonsumsi manusia, maka akan masuk ke jaringan tubuh. Inilah salah satu media masuknya Hg ke tubuh sperti kasus minamata dan toyama di jepang.

    Hg kan logam yang “asing” dalam tubuh. Keberadaanya akan menyebabkan kanker, dsb. Silahkan buka di internet (buanyak kok, artikel sejenis.!

    Gimana!… dah paham blum…?

    Keep brothership.

    Regards.
    Skimaters.

  5. Ehmmmmmmmmmm. aku pengen tau kosmetik apa aja yang mengandung merkuri,walaupun aku gak pernah memakai kosmetik. O iya. kira kira ponds mengandung merkuri atau gak…..?

  6. maap, numpang tanya, untuk produk kosmetik ada gk ambang batas untuk penggunaan merkury???atau merkuri itu sama sekali dilarang????

  7. hmm.. artikelnya cukup ngebantu aq buat nyusun TA.
    tp ada ga artikel serupa ttg Hg pd limbah d aliran sungai?
    atw segala hal ttg Hg, tapi yg hubungannya sama air & eceng gondok.
    kalo boleh tw, ada sumber dari buku?
    kalo ada, judul & pengarang serta penerbitnya apa?
    thx before, ^^

  8. apa betul mngetes kandungan merkuri di kosmetik dg digosokkan cincin emas?
    apa kosmetik diperbolehkan mengandung logam meskipun bukan merkuri?

  9. kalo mau aman..pakai aja yang udah ada no BPOM-nya, atau kosmetika yang emang dibuat oleh orang-orang yang emang anda percaya.. Iya tokh?!

  10. Removing mercury from the water can be achieved using four processes: Coagulation/Filtration, Granular Activated Carbon, Lime Softening, and Reverse Osmosis.
    Coagulation/filtration is a common treatment which uses AlSO4 that reacts with the mercury to form a solid which can precipitate out of the water. The sludge then must be disposed of in a hazardous waste landfill. This process is beneficial because it costs very little and is reliable.
    Granular activated carbon uses porous carbon media. This media is a very heavy charcoal material. As the water passes through, the dissolved contaminants are absorbed and held on the solid surface. This process has its limitations because the effectiveness depends on the concentration of mercury in the water.
    Lime Softening uses excess Ca(OH) to raise the pH level and then the heavy metal precipitates out as Hg(OH). A benefit of this method is lower costs and proven reliability.
    In reverse osmosis, water is pushed through a semi permeable membrane. A Common membrane material is a polyamide film. This produces high quality water, but is fairly expensive.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s