Siswi SMK Poncol Terbaik Jatim

MADIUN – Dunia pendidikan wilayah Madiun Raya diselamatkan oleh Murtini. Siswi SMK Negeri Poncol, Magetan, itu meraih nilai ujian nasional (unas) tertinggi se-Jawa Timur untuk sekolah kejuruan. Dari tiga mata pelajaran yang diujikan, dia membukukan nilai 36,86.

”Prestasi Murtini ini sangat membanggakan. Sebab, untuk SMK sebelumnya diperkirakan akan jeblok. Tapi, malah menjadi yang terbaik se-Jatim,” terang Kepala Dinas Pendidikan Magetan, Bambang Trianto, kemarin (14/6).

Dari nilai komulatif 36,86 itu, untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia mendapat 9,32, Bahasa Inggris 8, 91 dan Matematika 9, 50. ”Prestasi ini sangat kami syukuri dan harus diapresiasi.. Ke depan, sekolah harus memiliki persiapan yang lebih matang dari unas tahun ini,” terang Bambang.

Meski tak moncer, Bambang juga puas dengan tingkat kelulusan siswa SMA sederajat di Magetan. Dari 2.900 pelajar yang terdaftar unas, hanya delapan siswa yang tidak lulus atau 0,03 persen. Siswa tidak lulus itu mayoritas dari SMA swasta. ”Dua di antara delapan siswa itu memang tidak mengikuti ujian,” katanya.

Untuk siswa SMK yang tidak lulus, tahun ini mencapai tiga persen dari peserta unas. Atau 84 siswa dari 2.800 siswa. Rata-rata, siswa yang tidak lulus berasal dari SMK swasta. ”Angka ketidaklulusan memang masih banyak, tapi sudah menurun dibanding tahun lalu yang mencapai ratusan,” jelas Bambang.

Berbeda dengan Magetan, pelajar Kota-Kabupaten Madiun serta wilayah lain seperti Ngawi, Ponorogo dan Pacitan, tidak ada yang menembus peringkat 10 besar nilai unas se-Jatim.

Khusus Kota Madiun, tentu raihan ini disayangkan. Tak lain karena sebutan Kota Gadis yang telah melekat. Hasil unas menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan di luar prestasi akademis maupun non akademis lain.

”Terus terang, kami juga prihatin (karena tidak ada pelajar Kota Madiun yang masuk 10 besar Jatim),” tegas Kasubdin Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kota Gaguk Agus Ahmadi.

Di kota, dari 1.920 peserta unas SMA, sebanyak 41 siswa atau 2,14 persen tidak lulus. Untuk SMK baik negeri maupun swasta, dari 3.495 peserta Unas 105 di antaranya atau tiga persen tak lulus. Tahun ini, di SMA Negeri 1, Kota, ada dua siswa yang tidak lulus. Sedang, SMA Negeri 4 ada lima siswa tak lulus dan SMA Negeri 6 ada satu anak yang gagal unas.

Untuk Kabupaten Pacitan, persentase siswa yang lulus naik dibanding tahun lalu. Data yang diperoleh koran ini menyebutkan, angka kelulusan SMA naik 1,32 persen. Tahun lalu, kelulusan 92,91 persen, tahun ini mencapai 94,23 persen. Artinya, siswa yang tidak lulus juga menurun.

Yakni, tahun lalu, siswa tidak lulus sebanyak 90 siswa (7,09 persen). Tahun ini hanya 70 siswa (5,77 persen). Dengan rincian, untuk jumlah peserta yang lulus mencapai 94,23 persen atau 1.214 peserta dari total 1.223 peserta unas.

Sedang tahun lalu, total peserta unas sebanyak 1.269 peserta, yang lulus 1.170 peserta. Berbeda dengan kelulusan SMK. Tahun lalu, dari total peserta 1639, yang lulus sebanyak 1.566 peserta atau 95,55 persen. Dan tahun ini, peserta unas sebanyak 1.828 siswa, yang lulus 1.726 peserta atau 95,15 persen. Sehingga kelulusan SMK tahun ini mengalami penurunan 0,4 persen. “Kenaikan persentase ini menggembirakan dunia pendidikan Pacitan,” kata Plh. Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Pacitan, Sunaryo.

Sementara tingkat kelulusan siswa tingkat SMA di Ponorogo cukup bagus. Dari 3.391 peserta tingkat SMA, hanya 10 anak tidak lulus.� Sedang tingkat SMK, dari �2.761 peserta yang mengikuti unas, ada 107 pelajar dinyatakan tidak lulus.

Untuk data lengkapnya baik SMA, SMK dan Madrasah Aliyah, dari 2.188 anak yang ikut unas, tercatat 2.034 lulus. “Bagi mereka yang tidak lulus, bisa mengulang tahun depan atau ikut ujian paket C pada tanggal 24 Juni mendatang,” kata Kasubdin Dikmen Diknas Ponorogo, Sukamto pada wartawan. (dhy/irw/wit/tya/rif)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s