Pengaruh Cemaran Kimia Dalam Air Limbah Terhadap Lingkungan Dan Cara Pengolahan Serta Pembuangannya

Setiap kegiatan industri kimia, laboratorium, hotel, rumah sakit dan sejenisnya selalu menghasilkan limbah yang merupakan sisa pakai dan perlu dibuang, karena menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan dan lingkungan bila tidak ditangani secara benar sebelum dibuang ke tempat pembuangan umum.

Ini berarti harus memperhatikan cara-cara pengolahan dan pembuangannya, berdasarkan pada sifat atau bahaya yang dapat ditimbulkan dan memperhatikan pula kemungkinan kerusakan pada sarana pembuangan maupun keselamatan kerja, karena tidak ada satu sistem pengolah limbah yang dapat mengatasi semua jenis limbah dan tergantung pada karakter limbah sehingga diperlukan analisa kimia maupun fisika untuk evaluasi dan karakterisasi.

Sifat khas limbah industri yang membedakan dari limbah normal yaitu adanya cairan yang mudah terbakar, pencemar toksik seperti sianida, sulfida, fenol, formaldehida, logam beracun, deterjen sintetik, minyak pelumas dalam kadar tinggi.

Pengaruh limbah kimia karena polutan utama terdiri dari senyawa organik dan anorganik, antara lain dapat mengganggu kesehatan manusia maupun keseimbangan sistem lingkungan seperti logam berat (Hg, Pb, As, Cd, Se, Ti, In, Sb, Bi, Te) dan senyawa non-logam tertentu (fosfat, amonia, sianida, fluorida, sulfida), dapat mengganggu kadar oksigen dalam badan- badan air seperti zat organik seperti pestisida dan fenol dapat berakibat lebih fatal karena sifat toksiknya.

Sedangkan polutan organik seperti pestisida menimbulkan keracunan akut, zat warna atau deterjen menimbulkan COD tinggi, warna dan bau, lignin dan selusosa berpengaruh pada warna dan bau.

Pengaruh limbah tersebut pada kesehatan berbeda satu sama lainnya, termasuk perbedaan organ tubuh sebagai sasaran selain itu derajat pengaruhnya terhadap manusia bergantung pula pada jenis logam berat maupun senyawanya.

MUTIA,THERESIA.

Bandung; Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Industri Tekstil

Departemen Perindustrian dan Perdagangan.

Diakses oleh : arifin_pararaja

2 thoughts on “Pengaruh Cemaran Kimia Dalam Air Limbah Terhadap Lingkungan Dan Cara Pengolahan Serta Pembuangannya

  1. tengsoo sud bantu2 nyusun tugas. .,btw tlg dijelasin dampak dari masing2 polutan kimia dalam air dunkz. . hehe,trimakasiišŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s