Potensi Tanaman sebagai Pereduksi Material Pencemar Udara dan Kebisingan Kendaraan Bermotor

Kendaraan bermotor merupakan sumber pencemar lingkungan yang sangat dominan, terutama di kota-kota besar, berupa material gas buang serta kebisingan yang menyertainya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mencari upaya pengurangan tingkat kecemaran pada hunian dengan memanfaatkan tanaman sebagai penghalang.

Jenis tanaman yang telah diidentifikasi memiliki potensi besar sebagai penghalang ialah Cupressus funebris Endl., Bambusa vulgaris Schard., Duranta erecta L., Polythia glauca Boerl., Chrysalidocarpus lutescens Wendl., dan Licuala pumila Bl. Selanjutnya tanaman tersebut dibedakan sifat fisis (misalnya permeabilitas) dan sifat termofisisnya.

Untuk pereduksi bunyi, tanaman dimodelkan sebagai benda berpori yang mempunyai perlemahan (atenuasi) yang berbeda, bergantung pada jenis tanamannya. Langkah ini dimaksudkan untuk persiapan pembuatan simulasi berbasis komputer. Material gas buang dimodelkan sebagai aliran gas dalam suatu media berpori. Distribusi gas pencemar pada suatu daerah dimodelkan sebagai elemen-elemen volume berbentuk kisi-kisi. Setiap elemen kisi dapat diisi dengan dimensi dan sifat fisis serta termofisis dari benda yang terlingkupi, misalnya tanaman, sumber pencemar, udara, tanah, serta bangunan hunian. Selanjutnya dikembangkan persamaan atur berdasarkan kesetimbangan massa dan energi. Dengan dasar integral finite difference, peneyelesaian numerik dengan proses iterasi Newton-Rhapson maka pada akhirnya diperoleh distribusi gas pencemar di daerah tersebut setiap waktu. Cara yang sama juga dilakukan untuk mengamati kebisingan dengan persamaan atur untuk itu. Persamaan memodelkan penjalaran bunyi melalui tanaman yang telah diketahui perlemahannya. Hasil simulasi selanjutnya diverifikasi dengan hasil pengukuran.

Hasil penelitian menyatakan adanya tingkat kesesuaian yang cukup memadai antara prediksi menggunakan simulasi dan data hasil pengukuran. Pengembangan perangkat lunak komputer untuk prediksi distribusi ini cukup memberikan interaksi dan bersifat ramah pemakai (user friendly) sehingga dapat dipakai pengguna dengan pengetahuan komputer yang umum.

Keterbatasan perangkat lunak ini ialah dalam hal memodelkan secara tepat sumber gas material pencemar maupun bunyi. Untuk material pencemar, pemodelan aliran sumber dipengaruhi oleh arah angin, jumlah dan kecepatan kendaraan bermotor.

Hibah Bersaing VIII

Samsul Kamal, Subagio, Santoso, dan Priyo Triswanto

Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada

Diakses oleh : arifin_pararaja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s