SMK NEGERI 3 KIMIA MADIUN (suatu tinjauan)

Oleh : arifin_pararaja@yahoo.co.id

SMK Negeri 3 Kimia Madiun merupakan salah satu sekolah kejuruan negeri milik Depdiknas di area Jawa Timur. Spesifikasinya yang sudah jelas dengan berorientasi hanya bidang Kimia merupakan suatu pilihan dan determinasi yang penuh dengan konsekwensi. Bidang Kimia dengan integrasinya Kimia Industri sebagai ”base graduated” mungkin hingga akhir tahun 2004, ditambah dengan program studi Kimia Analisis akan menambah ”selling pont” tersendiri buat sekolah khususnya untuk meng-cover ”konsumsi” tenaga kimia menengah di daerah Jawa Timur (dengan ”base area” Gerbang Kartasusila). Meskipun dengan me-review kembali klo kita pernah menelurkan jurusan terbaru yang dulunya disinyalir memiliki prospek yang bagus yaitu KK Kimia Atsiri walau hanya ”seumuran jagung”. (Hal ini perlu perencanaan yang matang dalam menetapkan suatu keputusan daripada kita harus mengatakan ini merupakan kebijakan gagal/”failed in police”. Seyogyanya perlu mengadopsi prinsip sistem AMDAL atau SWOT. Yang perlu dipertanyakan adalah sejauh mana kepuasan dari anak didik lulusan KK, bukankah dulu registrasi awalnya saja ”beribet” dengan iklan yang ’wah” dengan frame seleksi terbaik dari anak didik (tanpa harus mengatakan mangsa/kelinci percobaan) meskipun dengan ”embel – embel” stigma ”kelas unggulan” atau ”limit edition” atau ”product of future” dan lain – lainya, apakah anak didik merasa ”dianak tirikan” atau ”tidak pernah diurus” laksana ”ayam kehilangan induknya” atau ”trauma lainnya” baik spikis maupun meterial. Tapi tak apalah ini sudah terjadi dan menjadi ”last record” bak ”nasi sudah menjadi bubur”. Tinggal diberi bawang goreng dan tambahan kerupuk biar menjadi spesial (joke dari Da’i Parahiyangan) artinya dapat dijadikan referensi dalam upaya ”continually improvement”.

Kembali ke ”main topic”, esensi dari pendidikan sekolah khususnya menengah kejuruan adalah bagaimana lulusan itu dapat diterima oleh masyarakat, tentunya sesuai bidangnya. Jika bidangnya Kimia Industri tentu ”goal setting” nya adalah bagaiamana lulusan itu diterima oleh industri atau membuka industri sendiri sesui kompetensinya. Untuk jurusan Kimia Industri memang masih menjadi ’icon” sekolah karena memang sudah dari ”embrio”nya. Dengan kata lain sudah banyak alumni yang dihasilkan dan itu menjadi kekuatan tersendiri. Alumni yang sudah menjadi ”endemik” dengan prestasi- prestasinya di setiap lini dan seantero dunia akan memberikan ”umpan” dan ”invest” bahkan ”magnet” bagi ”fresh graduated” dalam menentukan masa depannya. Citra dan kualitas yang baik dari senior akan memperkuat koneksi dan membangkitkan ”spirit” bagi junior untuk membentuk karirnya.

Lulusan Kimia Industri Madiun masih mendapatkan tempat tersendiri bagi ”penikmatnya” yaitu industri dalam memenuhi kebutuhan tenaga menengah. Jangan pesimis bahkan kita harus optimis. Dengan biaya pendidikan yang relatif murah dibanding sekolah sejenis, daya saing dari lulusan yang dihasilkan tidak kalah dengan yang lainnya. Coba tengok saja SMK Kimia Industri yang menempuh pendidikannya hanya 3 tahun dari swasta seperti Santo P. Solo, Theresiana Semarang, Caraka Jakarta, Bogor, dsb, atau dari sekolah milik Deperindag seperti SMTI Jogja, SMTI Padang, dsb, atau dari Diknas seperti SMK Kimia Industri Jakarta, Pasuruan, Bangkalan, Tangerang, Bandung, Palembang, dsb. Dapat juga kompetitor dari SMK yang ditempuh 4 tahun seperti Pembangunan Jogja, Surabaya, dsb. Dari sisi sini saja kita dapat optimis, 3 tahun disetarakan dengan 4 tahun. Gaji sama, status sama, dan fasilitas lainnya yang sama pula (sesama sekolah menengah). Karena yang jadi stratifikasi di dunia industri hanya apakah tenaga menengah, diploma (itupun sebagian besar min. D3), dan sarjana jika ditinjau dari ”background”nya.

Kimia Industri masih mempunyai prospek yang menjanjikan dimana daya ”multifunction”nya baik operator proses, analis laboratorium, teknisi instrumentasi dan kalibrasi, QC/QA, atau yang lainnya. Kimia Industri dapat dialokasikan disemua posisi khususnya ”utility” dan ”production”. Kemajemukan potensi ini apabila di ”finishing” dengan jujur, kerja keras dan Imtaq maka akumulasi yang ”match” akan mengkristalkan karakter yang patut diunggulkan. Perlu diingat bahwa strata tenaga menengah/SMK hanya sebatas domain ”pelaksana/ teknisi/ operator” bukan seorang supervisi yang harus mengatur, memikirkan atau ”memanage” akan suatu pekerjaan. Itulah bedanya, makanya wajar jika ada istilah jabatannya ”mentok”. Perlu peningkatan ASI (Attitude, Skill, Intelegency).

Kimia analisis yang domainnya di laboratorium, tidak menutup kemungkinan akan beralih ke domain lain mengingat serapannya yang terbatas walapun ”image”nya lebih bagus, nyaman, ”income” dan stratanya lebih tinggi dibanding Kimia Industri. Tapi jangan salah bahwa secara teknis Kimia Industri juga mampu meng”handle” domain Kimia Analisis meskipun relatif kompetensinya pada bidang tersebut. Kimia analisis Madiun juga punya prospek besar di kawasan Jawa Timur dimana kompetitor masih dapat dianulir. Tapi tatkala ke Jabodetabek dan Satelitnya maka harus mendapat saingan berat yang sudah mempunyai ”taste” dan ”odor” di area ini, seperti SMAK Bogor, Padang, Makasar, dsb. Memang harus benar – benar kerja keras mengingat lulusan Kimia Analisis Madiun masih ”muda” atau secara ”sarkasme” dikatakan masih ”ingusan atau bau kencur”. Memang kekuatan alumni yang jadi tumpuan selain potensi diri dan kekuatan do’a.

Inflasi yang relatif tinggi, iklim investasi yang labil, BBM yang langka dan harganya melambung, dan faktor – faktor mayor dan minor lainnya yang akan memperparah kondisi ekonomi yang ”endingnya” rentan PHK, pengangguran membludak, kemiskinan merajalela, dan ketimpangan – ketimpangan sosial lainnya. Baru – baru ini di tahun 2008 sudah berapa industri yang bangkrut, divestasi saham, alih fungsi, privatisasi, tranformasi dari padat karya menjadi padat teknologi, belum lagi kompetisi yang tidak ”balance” dengan menumpuknya lulusan baik dari SMK, Diploma, bahkan Sarjana dan sebagainya yang tiap tahun di ”release” oleh kampus/ sekolah. Inilah yang menjadikan trigger, pemicu, stimulant, katalis, atau rangsangan bagi sekolah khususnya untuk mengalihkan ”quality objective” atau tujuan utamanya dari ”diserap industri” tetapi be”reinkarnasi” menjadi ” mencetak lapangan kerja”.

Kekhususan jurusan kimia akan mengurangi kuantitas kompetitor dibanding jurusan lainnya seperti mesin, listrik, ekonomi, SMU, dan sebagainya yang akumulasinya tidak seimbang dengan penyerapannya. Jika suatu reaksi tidak bersifat ”equilibrium yang reversibel” tapi ”disproportional” ini sangat mengkhawatirkan. ”Keanehan” jurusan yang ”limit edition” ditunjang denga sumber daya manusia yang kompeten (karena masuknya melewati ”selection methode” yang profesional dan sportif) akan menjadikan lulusan merasa bangga dan percaya diri, bahwa ada segudang harapan dan secercah cahaya dari jendela masa depan yang telah menunggu untuk diraih. Dengan jalan tol yang lurus dan ”berkarpet merah” dari sebuah prestasi akademik, kepribadian yang ”excellent”, dan kesungguhan yang mantap akan memudahkan insan pribadi yang bermanfaat bagi umat. Keberhasilan, kesuksesan, dan harapan – harapan akan menyertai tanpa harus diliputi oleh perasaan cemas dan kekhawatiran.

Arifin, 23/05/2008

SKIMA KA 2003, NIS.5211/2639 KI

College : www.unistangerang.ac.id

Office : www.tkcmindonesia.com

 

 

21 thoughts on “SMK NEGERI 3 KIMIA MADIUN (suatu tinjauan)

  1. sekedar kritik dan saran ya dipandang sebelah mata kami sedang di adu ketrampilan mupun otak dgn anak THP jember,pengetahuan analisa kami diLab agak kekurangan materi dskul,mungkin untuk kedepan peljaran dari kimia analis dapat diberikan juga ke anak2 industri,seperti dulu

  2. Jika adek2 masih merasa perlu menambah wawasan tentang kimia analisis dan dipandang perlu untuk mencari informasi diluar sekolah dan atau tanya jawab atau gayung bersambut.
    Silahkan adek2 bertanya…!!!.
    Insya4JJI. Temen2 skimater siap membantu.
    Regard.
    Good Luck.

  3. kami dari smkn 1 mojoanyar mojokerto jurusan kimia industri ingin sekali mengadakan studi banding ke smkn madiun, mohon diberikan prosedurnya. trima ksih. (Ibu Tevi)
    No telp : 085231604453, e mail : tevi_riani@yahoo.com

  4. Dear all,

    PT Fajar Surya Wisesa, Tbk (www.fajarpaper.com), paper manufacturer in Cikarang Barat, Bekasi is looking for :

    QC Operator (7) :
    – SMK – Chemistry
    – Age 18-25 years
    – Willing to work in Cikarang Barat – Bekasi

    Please send your resume, certificate, recent photograph to :
    recruitment@fajarpaper.com

  5. syarat pendaftaran smk 3 kimia madiun apa aja sih ??
    kasih tau dong..
    ayolaaaahh…
    ah, pelit nih😦

  6. Perusahaan kami CV.Watreat Services alamat kantor jl.Raya Pacing no.14 Bangsal mojokerto membuka kesempatan bagi alumni smkn 3 Madiun jurusan analisa kimia yang belum bekerja. Perusahaan kami membutuhkan tenaga analisa kimia.
    Syarat yang kami ajukan :
    1.Jenis Kelamin : laki – laki
    2.Agama : islam
    3.Memilili sepeda motor sendiri dan sim c
    4.Bisa menggunakan komputer dan internet
    5.Berbadan sehat
    6.Memiliki mobilitas kerja yang tinggi ,jujur ulet dan loyal
    7.Bersedia ditempatkan di area kerja jawa tengah dan jawa timur.

    Lamaran dialamatkan ke :
    CV.Watreat Services
    Jl.Raya Pacing 14 Bangsal Mojokerto
    telp /fax ( 0321 ) 513220
    atau email ke HRD BP.M.Fadlullah
    alamat email : http://www.fadolmuhamad@ymail.com

  7. Dear all,

    PT Batara Elok Semesta Terpadu, edible oil manufacturer in Gresik, Jawa timur is looking for :

    QC analyst (20) & Operator Produksi (20) :
    – SMK – Chemistry (QC) & Electical/Mechanical/Otomotif (Operator)
    – Age 18-25 years
    – Willing to work in Gresik – Jawa Timur

    Please send your resume, certificate, recent photograph to :
    hrdbest@yahoo.co.id

  8. Mungkin yang adik maksud SMKN 1 Cereme Gresik (berdiri thn. 1997). Sekolah kami SMKN 3 KIMIA MADIUN telah berdiri sejak 28 Agustus 1965 (Tentunya kami lebih senior).

    Tidak etis jika membandingkan & terlalu menyombongakan prestasi antara sesama sekolahan kimia (senior n junior). Tentunya sama2 di wilayah provinsi Jawa Timur lebih mengetahui.(semua juga sudah mengetahui)

    Mari bersama – sama membangun bangsa dengan ilmu kimia.

  9. Kami memproduksi ISOAMYL ALKOHOL ORGANIK yang biasa digunakan untuk makanan. Pemesanan tidak ada minimal order.
    Andi Faisal 0856.48.955.822 (IM3) 081.33.201.2001 (Simpati).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s