Komite Nasional Responsible Care® Indonesia

Definisi dan pendekatan kegiatan sukarela

Responsible Care® adalah tindakan sukarela berdasarkan prinsip “keputusan pribadi” dan tanggung jawab pribadi. Dengan Responsible Care®, perusahaan yang melegalisasi pembuatan atau menangani bahan kimia, membuat sebuah komitmen publik dalam prinsip manajemen mereka untuk melindungi Keselamatan, Kesehatan dan Lingkungan. Komitmen ini akan diimplementasikan dalam seluruh fase daur bahan kimia, dimulai dari pengembangan, pembuatan pabrik / proses produksi dan distribusi, konsumen terakhir serta pembuangan sampah/limbah. Setiap perusahaan diharapkan berusaha keras mencari setiap kemungkinan atau jalan untuk mencapai target dan tujuannya.

Keselamatan, Kesehatan dan Lingkungan

Keselamatan, Kesehatan dan Lingkungan meliputi perlindungan lingkungan, pengamanan operasional, pencegahan bencana, keselamatan dan kesehatan, serta keamanan atas produk bersubstansi kimia.

  1. Perlindungan lingkungan, memastikan kesehatan manusia dan lingkungan.
  2. Pengamanan operasional dan pencegahan bencana, untuk menghindari bencana atas semua fasilitas, dan meminimalkan kerusakan yang disebabkan oleh bencana.
  3. Keselamatan dan Kesehatan, untuk menjamin kesehatan manusia pada saat sedang bekerja.
  4. Keamanan atas bahan kimia artinya, mengetahui karakteristik bahan kimia dan metode penggunaannya, dengan cara ini, setiap pekerja dan lingkungan yang berhubungan dengan bahan kimia, termasuk semua konsumen / pemakai, akan terlindungi.

Bagaimana Menerapkan Responsible Care®

Pendekatan penggunaan Responsible Care® adalah tindakan pribadi atas komitmen masyarakat atau publik perusahaan, yang dapat dilegalisasi dalam perbuatan dan cara penggunaan bahan kimia, serta bagi yang mengetahui seluruh detail mengenai bahan kimia. Tindakan perencanaan dan hasilnya, sebaiknya diumumkan kepada masyarakat agar mendapat kepercayaan publik.

Maksud Responsible Care® adalah usaha peningkatan performa secara terus menerus, serta pengembangan aktifitas yang ditentukan oleh tanggung jawab perusahaan. Dengan kata lain, tujuan Responsible Care® adalah agar konsep industri kimia dapat memperlihatkan kepada masyarakat bahwa industri kimia memiliki tanggung jawab untuk melakukan peningkatan performa secara terus menerus, khususnya dalam hal yang berhubungan dengan Keselamatan, Kesehatan dan Lingkungan.

VISI & MISI Komite Nasional Responsible Care® Indonesia

VISI

Menjadi pusat manajemen kimia Indonesia melalui implementasi Responsible Care® yang berkelanjutan.

MISI

  1. Meningkatkan kesadaran dan pemahaman mengenai Responsible Care® oleh internal kami dan stakeholder luar.
  2. Menjadikan KN-RCI sebagai pusat pelatihan dan penyedia Responsible Care®.
  3. Membantu anggota KN-RCI melalui manajemen area yang efektif mencapai kualitas tingkat tinggi dan kinerja Responsible Care® yang tinggi.
  4. Mewakili industri kimia Indonesia yang menjalankan program Responsible Care® berhubungan dengan asosiasi-asosiasi Responsible Care® dunia.

Kode Etik Praktek Manajemen

    1. Kesadaran Masyarakat dan Respon Darurat
    2. Proses Keselamatan
    3. Pencegahan Polusi
    4. Keselamatan dan Kesehatan Karyawan
    5. Transportasi dan Distribusi
    6. Produk “Stewardship”

Ciri-ciri Dasar

  1. Petunjuk-petunjuk Prinsip
  2. Responsible Card® Logo Adoption
  3. Kode-kode, Petunjuk-petunjuk
  4. Indikator
  5. Komunikasi
  6. Berbagi
  7. Dukungan
  8. Verifikasi

10 Pedoman Prinsip

  1. Menghargai dan tanggap terhadap keprihatinan masyarakat mengenai bahan kimia.
  2. Mengembangkan dan menghasilkan bahan kimia yang dapat dibuat, diangkut, dipakai dan dibuang secara aman.
  3. Memprioritaskan aspek kesehatan, keselamatan, dan lingkungan dalam perencanaan seluruh produk baik yang ada saat ini dan produk baru serta prosesnya.
  4. Memberikan informasi secara seksama kepada petugas, karyawan, pelanggan dan masyarakat tentang bahaya bahan kimia terhadap kesehatan, keselamatan dan lingkungan serta menganjurkan sarana pencegahannya.
  5. Memberikan nasehat kepada pelanggan cara pemakaian, pengangkutan dan pembuangan yang aman dari bahan kimia.
  6. Mengoperasikan pabrik dan fasilitas selayaknya untuk melindungi lingkungan dan kesehatan serta keselamatan karyawan dan masyarakat.
  7. Memperluas pengetahuan dengan cara membantu penelitian terhadap dampak kesehatan, keselamatan, dan lingkungan dari produk, proses dan limbahnya.
  8. Bekerjasama dengan industri lainnya untuk mencegah permasalahan yang disebabkan oleh penanganan terdahulu dan pembuangan bahan berbahaya.
  9. Bekerjasama dengan pemerintah dan industri lainnya dalam merancang peraturan standard yang sesuai untuk melindungi masyarakat, ruang kerja dan lingkungan.
  10. Mengembangkan prinsip-prinsip dan mempraktekkan Responsible Care® dengan cara berbagi pengalaman dan menawarkan bantuan kepada siapapun yang menghasilkan, menangani, menggunakan, mengangkut dan membuang bahan kimia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s