SMK 3 MADIUN in TOYOTA ECO YOUTH

SKIMA…..JOOOS….!!!!!

pict0990.jpg    

Menggelegar ditengah ruang pameran..he he he..(ngapain malu..sesat dijalan katanya)Yel… yel… SMK 3 Madiun diserukan untuk nambah semangat kerja..Dalam rangka mengikuti TOYOTA Eco Youth bertaraf nasional SMK 3 Madiun merupakan satu-satunya SMK se Jatim yang terpilih mewakili provinsi Jawa Timur dan merupakan satu-satunya SMA/SMK dari Madiun ( bangga dunk ).

Setelah melalui perjuangan panjang semenjak beberapa bulan lalu, lolos dari 44 SMU/SMK ternama se Jawa Timur. Akhirnya tersaring 3 SMA dan 1 SMK yang dipercaya mewakili Provinsi Jawa Timur menuju ajang perlombaan TOYOTA Eco Youth tingkat Nasional.SMK 3 Madiun diwakili oleh 3 siswa dan 3 siswi yang disaring dari sekolah dari jurusan analis dan teknik kimia…

pict1021.jpg     pict1079.jpg   

LIANI JUMIAT ASRI                       (2KI-2)

(SIDOREJO, WUNGU, MADIUN)
CAHYANING PURNAMA SARI  (2AK-2) (PAGOTAN, GEGER, MADIUN)
DANANG BUDHI PERMANA       (2AK-2) (DOLOPO, DOLOPO, MADIUN)
MUKTI ARY WIBOWO                  (2KI-2) (PULUNG, PULUNG, PONOROGO)
RIA DWI SANTI                               (2KI-1) (NGLANDUNG, GEGER, MADIUN)
YUYUN WIBOWO                            (2AK-1)  (KAWEDANAN, MAGETAN)

 

SMK 3 Madiun dengan mengusung tema “ Rubbish Is My Inspiration” membawa beberapa produk unggulan yang siap di uji.

pict0987.jpgLimbah plastik sebagai icon. Kantong plastic (kresek jawa -red ) yang tidak bisa didaur ulang, tidak bisa diuraikan oleh mikro organisme, disulap menjadi barang tepat guna yang mampu bersaing dipasar. Mampu menyulap menjadi tempat uang (dompet), tas, keranjang, taplak meja, figura, sepatu dan masih banyak lagi hiasan dan keunikan yang mampu diciptakan oleh tangan-tangan terampil siswa SMK 3 ini. Didesain secara unik dari sebuah kantong plastic yang dalam rumah tangga dibuang dan dibakar yang akhirnya mencemari lingkungan. Oleh siswa disini diubah menjadi barang-barang yang unik dan bermanfaat.

Andalan lain adalah limbah Bokashi

 pict0986.jpg     Adalah limbah sekolah dari daun-daun tanaman sekitar sekolah diolah menjadi pupuk bokashi padatan dan cairan. 100 pohon yang menjadi icon penghijauan SMK 3 ini menjadi inspirasi tersendiri bagi siswa. Sampah yang dihasilkan oleh daun yang berguguran, ditambah bekatul, sekam, microorganisme, dan EM4 di racik diubah menjadi sebuah pupuk kompos yang baik digunakan untuk tumbuhan.

pict0989.jpgDalam pameran juga tak lupa menyertakan penganan spesifik khas madiun. “Yup…”!! Brem dan madumongso, serta serbuk jahe yang telah dihasilkan oleh siswa sekolah. Menjadi menu tersendiri untuk memperkenalkan ciri dari Madiun. Dari sari tape diciptakan makanan khas Madiun yaitu brem. Madumongso sebagai sandingannya dimana ternyata banyak loh para pengunjung bolak-balik untuk menikmatinya… “laris mas…laris”, gumam Mukti.

Congratulation  atas prestasi yang diraih. Juara harapan satu telah mengharumkan nama sekolah, membesarkan nama Madiun, membanggakan hati para guru-guru, menggetarkan hati para orang tua kalian… So, asal tau aja, alumni juga bersyukur karenanya. Ditangan-tanganmu lah sekolah, daerah, kota, Negara mengharap atas cetakan-cetakan prestasi yang akan kau raih. Para siswa lain dan para alumni berhutang budi atas jasa yang telah kalian ukir. Merdeka… !!!.

adek-adek ku.. semangat terus pantang mundur, belajr, belajar, dan berjuanglah…

1.jpg 2.jpg    pict1116.jpg

That’s great, good job. That’s mean your luck 4 2day…  Although not be 1st winner you are succeeded anyhow.  Keep praying thanks God, practice more hard..!!.  Lets yesterday journey be your experience.  And you’ll know how to be better than before.  Learn by the lesson of the contest.  I know you can do it. 

Ok!  Congratulation and keep on hoping..!!.

DO WHAT YOU CAN, WITH WHAT YOU HAVE, WHERE YOU ARE !!!”

Aku menunggu atas keajaiban apalagi yang akan engkau ukir dalam sejarah ini..

Wahai SKIMA-SKIMA … bangkit lah.. tanganku menunggu namamu yang akan kuhias disini…SKIMA EMANG MA’ NYOOSS…!!

 

20 thoughts on “SMK 3 MADIUN in TOYOTA ECO YOUTH

  1. Salut dech buat adhex adhex q.
    saya sebagai alumni bngga gitu lochhhh.
    Aq tunggu kabar prestasinya yang lain.
    semoga hal ini menjadi semangat buat adheadhex q yang laen untuk menunjukkan prestasi yang lebih banyak lagi.
    cayoo SKIMA
    salam SKIMA
    SKIMA JOSHHHHHHHHHHHH

  2. Jujur, kmarin waktu dpt sms dari madja, bingung sekolah”KU” sapa ya terus terang tmpat aq krja ( sekolah ) lagi ikut kompetisi juga apa sekolah lain yang menang ( tapi blum waktunya pengumuman ), tapi setelah ku hubngi ternyata si “Madja” alhamdulillah, tapi enak aja bilang sekolah”ku” kan sekolah ku juga he he he tapi syukur Alhamdulillah, mudah – mudahan nanti ditingkat nasional dimudahkan jalannya oleh Allah, majulah Adek-adekku sayang, para alumni ikut bangga he he he, berusahalah dengan HATI!!!!

  3. Assalamualaikum wr. wb.

    Apakah ini website yang baru pak??? jika iya saya minta tolong untuk diberitahukan pd teman2 agar mereka tahu tentang sekolah ini. dan suatu saat nanti apabila berpisah, kami akan dapat berhubungan terus!!!!!!
    Kalau untuk Toyota Eco Youthnya saya selalu berdoa agar semuanya lancar dan hasilnyapun memuaskan.
    karena RASA PERCAYA DIRI ADALAH
    CERMIN DARI SIFAT KEJUJURAN
    KEJUJURAN ADALAH BENTANGAN JALAN
    MENUJU TITIK KEBERHASILAN
    Saya sangat bangga sekali sekolah di sini, walaupun ada enak dan tidaknya tetapi memang inilah sekolah!!!!! saya berharap semoga kelak sekolah ini beserta seluruh keluarga besarnya akan menjadi lebih baik untuk masa yang akan datang… amien!!!
    Saya minta doanya agar lulus ujian dengan hasil yang memuaskan dan mendapatkan pekerjaan yang memuaskan juga….amien!!!
    Pak saya minta tolong website ini selalu online terus dan saya ingn tahu siapa yang membuat dan yang menjadi operatornya! terima kasih…
    salam saya untuk Bpk. Tavip beserta seluruh keluarga besar SMK Negeri 3 Madiun……………

    Wassalamualaikum wr. wb.

    By: SH@HRU SAIFUDDIN (3 KI 1)

  4. terima kasih atas dukungannya dan untuk anakku shahru saifudin kita semua berdoa untuk keberhasilan dalam UNAS pesan saya tetap belajar dan belajar pekerjaan itu sudah pasti karena kt punya guru yang sangat baik tentang pekerjaan pak Marwan dan Pak Aris pasti akan membimbing anakku

  5. Selamat dan sukses. !!!
    setelah melihat hasilnya di website :
    http://www.toyota.astra.co.id/csr/ecosafety/education/article.php?article_id=2141
    Dengan rasa kebanggaan dan senang. Inilah sebenarnya yang dapat menjadikan stimulus/triger/katalis/insulator/perangsang bagi kita semua untuk lebih maju dan lebih banyak berkarya lagi demi kemaslahatan khalayak. Sehingga sekolah mempunyai “taste” bagi masyarakat sekitar.

    untuk comment : senada dengan apa yang telah saya sampaikan sebelumnya di milis skima. Saya tidak heran apabila SMA Palembang menjadi juara 1 (karena dari segi “cover” lebih glamour/lux dan merepresentasikan banyak modal yang di’backing’i oleh slogan ” Visit Musi 2008″ dari Pemda Sumsel.
    Tapi yang patut dijadikan apresiasi dari esensi yang di kemukakan para pemenang2 (SMA Gresik, Pekanbaru, Banjarmasin) yang mungkin bagi sekolah kita “belum” (maaf jika saya salah memandangnya) diaplikasikan dan ini menurut hemat saya sangat bagus untuk intropeksi, improvement, dan diaplikasikan bagi SKIMA yaitu program apa yang dikenal dengan istilah “5S/5R” (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Setsuke atau ……Resik, Rapi, Rawat, Rajin). Mungkin P’ Marwan sudah punya modulnya.
    ———-analog
    Selamat berjuang di Lomba Kimia Makasar.
    God Luck.

    Regard.
    5211/2639 KI
    office : http://www.tkcmindonesia.com
    college : http://www.unistangerang.ac.id

  6. Beginilah seharusnya siswa SKIMA, terus belajar, bekerja, dan berusaha pantang menyerah mengejar pestasi. Salut buat adiku2.

    salam SKIMA JOZZZ…..

  7. he he mo dong nglurusin…arifin kemaren yg menang tuh SMA Semen Gresik,
    yang disajikan oleh Gresik itu adalah pemanfaatan pohon dari akar sampai buah (artikel ada dech “SMA Gresik in TOYOTA”) disini mereka sudah sosialisasi pada masyarakat.. mengenai desain sangat2 sederhana. tetapi mereka punya anak2 yg siap mempromosikan bawaan mereka. mungkin menangnya ya sydah jalan di masyarakat juga..

    sebagai koreksi neh..produk yang di bawa SKIMA tuh baru kemaren..baru jalan aja.. belum mensosialisasi, so belum pada tahu apa tuh? mengenai desain cukup exellent, sangat natural. dan lagi siswanya tuh waduh-waduh lugu buanget mas… bener-bener polos (koyo aku he he).. belum ada PD di mereka, masih ragu, kurangnya banyak sosialisai (banyakan belajar tuh).

    argumen dan deklamasinya masih min….
    tapi dilihat dari semua seleksi TOYOTA (menurut aI) kurang indikator. berdasarkan apa mungkin kurang jelas.. yang glamor nggak menang, trus jika ada berdasar kekreatifan mungkin SKIMA pasti menang (nggak GR).. so tau aja disana hanya hias cd bekas, hiasan dari pohon, dari tulang, pokoknya kan itu tuh tema daur ulang dari lingkungan… lah kita kan bawa plastik n nggak nalar dech bisa jadi tas, dompet, sepatu.. pa itu nggak kreatif buanget.. jos gandos pokok e..
    tapi juri n nasib nggak bisa di ganggu gugat….

    tapi skima tetep Jos kok… dah muncul di permukaan..pa lagi Madiun..
    gosibnya…usaha sendiri.. Kota Madiun n Depdikbud blas…. menutup mata…makasih p.Tavib mo berjuang terus…sampai Nasional.

    memang kita wong Deso..wong Lugu tapi kita mampu bersaing melebihi sekolah2 terkenal lainnya. mampu membuktikan siapa kita, membuka mata pada semua…., Ben Deso tetep utek encer kan…

  8. Selamat ya….!!!! atas keberhasilan skima dengan icon plastik dapat ke jakarta sungguh keberhasilan yang tak dapat dipercaya tapi dengan ini skima saya doakan akan lebih maju.

  9. aduh duh duh duh jujur aja saya bener2x saaaaaaaaaaaaaaaaaluuuuuuuuuuuut banget tuk penerus skima yang telah berhasil mewujudkan cita cita sekolah.Dengan demikian sekolah kita ga akan lagi kalah saing booooo dengan sekolah kimia lain yang ada di daerah lain.
    TUK PARA PENERUS GENERASI SKIMA YANG SEKARANG SEDANG MENEMPUH UJIAN SEMOGA MENDAPAT NILAI TERBAIK SE-KARESIDENAN MADIUN ATAWA BISA TERBAIK SE-JAWA TIMUR DAN INDONESIA.
    TUK SELURUH ALL ALUMNI SKIMA AND PARA PELAJAR YANG SEDANG ASYIK BERGELUT DENGAN BUKU SERTA UNTUK BAPAK IBU GURU YANG SAYA HORMATI
    SKIMA MAJU TERUS PANTANG ANCUR

  10. aku salut dech dengan prestasi adek-adek.tingkatkan terus prestasinya yoo……!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    SKIMA JOOO………SSSSSSSSS!!!!!!!!

  11. buat liani, mukti dan teman-teman lainnya dari skima tetaplah kalian bisa menjadi USWAH dalam masyarakat Skima. salam buat pak Tavip, guru-guru SKIMA, dan lain2nya semoga sukses untuk kedepannya. Oce………
    SKIMA kan emang Joss!!!!!!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s