Behind the scene on TOYOTA Eco Youth

Sang Gudang Ide’

pict1046.jpg

 “Goro-goro sampah rek..aku iso neng Jakarta……….”. Yach..kata-kata itu terucap dari seorang dengan pembawaan tenang, cenderung pendiam, mahal senyum, hanya teman kecilnya yang menemani ( tau kan senjata seorang fisikawan ) ya..asap itu mengepul disekelilingnya. Ide-ide kreatif bermunculan darinya, Sebuah anugerah SMK 3 Madiun mempunyai seorang guru yang mempunyai segudang kreatifitas untuk mencetak jawara-jawara.

 Suhartoyo itulah namanya, berasal dari Pasuruan dan bergabung dengan SMK 3 Kimia pada tahun 2002. seorang yang lebih suka menyelesaikan sebuah tugas sendirian ini telah membawa nama SMK 3 ke ajang perlombaan bergengsi. Dari lomba provinsi, sampai perlombaan nasional.  

Bermula dari pengamatan mengenai sampah dan rasa peduli tehadap lingkungan, maka muncullah gagasan untuk memanfaatkan sampah organik, dalam hal ini daun-daun yang banyak didapat di lingkungan sekolah, diolah menjadi Bokhasi yaitu sejenis pupuk padat dan cair yang bisa meningkatkan kesuburan tanaman. Hal ini seiring dengan kampanye dunia mengenai penurunan dampak Global Warming ( keren ga’ tuh….), yang sekaligus berpotensi memberikan kontribusi yang positif bagi pertanian di Indonesia melaui implementasi pemakaian Bokhasi di masa mendatang. 

Dan ide itulah yang akhirnya dengan mengusung tema    Rubbish Is My InspirationMengantarkan SMK 3 Madiun menjadi wakil Jawa Timur dalam TOYOTA Eco Youth 2008 di Jakarta, yang sebelumnya melalui serangkaian kompetisi yang panjang dan melelahkan di tingkat daerah. Tidak sia-sia, ide sederhana yang muncul dari pemikiran seorang Suhartoyo mampu meraih juara harapan I nasional, dari 30 peserta wakil sekolah-sekolah se-Indonesia. 

Terimakasih bapak atas ide cemerlang yang membuat jawara-jawara di SMK 3 Madiun, teruskan langkah bapak, langkah bapak belum selesai sampai disini, perjuangan masih panjang, dan semoga sukses menyertai di hari-hari mendatang.   

 “Sang Pendobrak”

pict1071.jpg 

Jauh dari Surabaya dan bergabung di SMK 3 Madiun pada 2005. Pembawaan diri yang smart, bersemangat, ramah serta akrab, berperawakan tampan berkumis ( dengan kumis se pager kabupaten rek..ngalahin pak Raden…). Sebagai sosok tauladan bagi siswa. Seorang bapak yang akrab disapa pak Tavip adalah kepala sekolah SMK 3 Madiun yang sangat menjiwai dan menjadi teman baik serta motivator para siswanya. Kepemimpinan yang beliau jalankan tidak cukup dengan ucapan selamat ataupun applause. Juara 1 kimia nasional, juara dwipura tingkat sekolah, dan lagi menjadi salah satu juara TOYOTA Eco Youth..dan masih segudang prestasi siswa maupun sekolah yang diraihnya, pantaslah untuk dibanggakan selama kepemimpinan beliau. 

Lelaki yang suka merendah diri ini mempunyai segudang strategi dan tujuan mulia buat membangun dan memajukan sekolah SMK 3. setelah tiket SBI ( Sekolah Bertaraf Internasional ) telah dalam genggaman entah langkah mulia apa lagi yang beliau akan lakukan, tentunya gebrakan baru selalu ditunggu bagi eksistensi dan prestasi sekolah…. 

Ditemui di sela – sela acara TOYOTA Eco Youth di Taman Menteng  Jakarta (28/03/08)Beliau selalu mengingatkan para siswa wakil SMK 3 Madiun untuk terus meningkatkan prestasi sekolah dan siswa, serta mengajak alumni untuk membantu memberikan dukungan. Sebagai alumni kami merasa bangga karena merasa masih memiliki almamater dan tentunya merasa berhutang budi atas jasa-jasa beliau. Meskipun kami tidak pernah merasakan kepemimpinannya tapi kami bersyukur atas pencapaian yang sudah diraih dalam memajukan sekolah.  

Ditanyai pendapat mengenai prestasi yang sudah diraihnya dengan senyum hagat beliau hanya berujar “ ya… ini juga berkat kerja siswa dan dukungan alumni tho….”.Dan pertemuan itu menyisakan sebaris doa semoga langkah-langkah untuk memajukan sekolah dan niat baik bapak dimudahkan Allah, Amieen. Dan atas dedikasi beliau kami hanya bisa menyematkan nama dalam hati dan berucap terimakasih. 

12 thoughts on “Behind the scene on TOYOTA Eco Youth

  1. selamat ya buat SMKN3 Madiun! terus tingkatkan prestasi ya!!! aq juga peserta dari JAWA TIMUR, dari SMAN 12 SURABAYA. walau kami tidak menang kami akan terus berusaha… SEMANGAT!!! JARANG-JARANG KE JAKARTA NAIK GARUDA!!!! UWAAA SENENG BANGET DEH!

  2. Assalamualaikum WW
    Bravo untuk SMK 3 Kimia madiun.
    Yang saya tidak mengerti itu didaerah ex karesidenan Madiun itu ada 6(enam) pabrik gula besar namun sekolah SMKnya kok nggak dikenal ya.
    Ini membuktikan tidak terjadi Link and Match antara sekolah dan kalangamn industri di ex karesidenan Madiun.
    Yang lebih selaka lagi tidak ada Universitas Negeri lagi sangat MEMELAS banget yo ngesakno Rek
    Nuwun Alumni STM 1970 di Madiun
    Wassalam

  3. aslm,
    oplos meriah atas prestasi stm kimia, semoga semakin jaya saat di pimpin sang maestro pak tavip, kalau dianalisis apa yang bisa membuat sukses? model kepemimpinan pak taviplah yang lebih moderat, terbuka, komunikasi iterpersonal yang bagus, pandai loby dan politik, motivator yang bagus, maklum dlu beliau adalah mantan WaKa Humas STM 1 Madiun tempatku dlu mengajar sekaligus yang ikut andil juga dalam kegiatan kepramukaan saat saya menjadi bantara. jadi memang “brand caracter” beliau yang mempengaruhinya.

    nuwun salam hangat alumni stm1 2004

  4. selamat atas keberhasilannya sampe ke jakarta,

    tapi ingat masih banyak smk2 baru yang bermunculan dan berkualitas jika smkn3 kimia madiun terlalu euforia saya kuatir akan lalai untuk menjadi yang lebih baik. selamat semoga tetap berjaya amien

  5. Kami berusaha n tetap berupaya manjaga comitment untuk selalu melakukan continually improvement sehingga kepuasan bagi civitas akademika sekolah dan yang menerima lulusan kami menjadi puas dan bermakna.

    Terima kasih atas inputnya.
    Regard.

  6. assalamualaikum,

    skima!!!!! jooooooooossssssssssss

    halo semua keluarga besar skima,
    gimanan kabarnya semua,????
    kami anak2 1-3 KB selalu ingin bertemu dengan bapak dan ibu guru di SKIMA,
    terima kasih untuk semuanya ya???!!!!
    kami tidak akan bisa membalasnya dengan apapun juga.

    ilovemyschool

  7. pak klo boleh saran,
    pelajaran kimia kita agak di perdalam di bidang industri yang sekiranya bisa dibuat rujukan ketika kita lulus dan mau nyari kerja lagi, biar kita bisa cepet expert di tempat kerja yang baru.

    regards

    1-3 KB
    bambang

  8. Dear, Bambang wahyu.

    Terima kasih atas usulannya, nanti akan kami informasikan kepada pihak sekolah untuk mem follow-up nya.

    Tapi ingat, ilmu tidak hanya didapat disekolah saja, tapi dari media/ referensi lain sangat membantu sekali.

    Terus belajar.

    Keep brothership.
    Regards.

  9. Selamat buat smk 3 madiun…
    ak hanya mau mngucapkan kagum buat bapak suhartoyo…beliau bnar2 buat ak penasaran…bapak adalh satu satuny orang yang mmbuat ak mnjd ingin sprt bapk..jika memang bpak berkenan ak ingin mengnal bapak dan belajar bnyak dari bapk..

    Tlong ini no hp saya…
    085714227023
    083897098641 terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s