UN Digabung UMPTN

Ujian nasional diusulkan digabung dengan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Selain demi efisiensi anggaran, penggabungan itu akan meringankan beban pelajar.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur, Rasiyo, menuturkan dua ujian berturut-turut akan sangat memberatkan pelajar. Apalagi, dua jenis ujian itu sama-sama penting sehingga pelajar harus bekerja keras untuk keduanya. “Pelajar, yang akan meneruskan perguruan tinggi, tentu tidak bisa memilih mengutamakan salah satu,” ujarnya di Surabaya, Selasa(27/3).

Saat ini pemerintah berusaha mengurangi beban itu. Pengurangan itu antara lain lewat pengajuan jadwal UN lebih cepat sebulan dibandingkan tahun lalu. Dengan pengajuan itu, diharapkan ada jeda bagi pelajar dari keharusan mempersiapkan diri untuk menghadapi dua ujian.

“Ke depan, Jatim mengusulkan agar UMPTN dan UN bisa digabung. April nanti kami akan presentasikan ide itu ke Menteri Pendidikan Nasional. Jika menteri setuju, akan mudah mewujudkannya,” tuturnya.

Ide penggabungan itu juga berusaha diwujudkan lewat dua hal. Pertama meningkatkan kredibilitas UN. Jika kredibilitas UN diakui oleh pengelola perguruan tinggi (PTN), diharapkan hasilnya juga diakui sebagai dasar penerimaan mahasiswa baru.

Peningkatan kredibilitas itu antara lain dilakukan dengan pelibatan perguruan tinggi dalam pemantauan UN. PTN diberi kesempatan untuk mengetahui bagaimana UN berjalan. “Ini pekerjaan yang melibatkan dan membutuhkan dukungan banyak pihak,” tuturnya.

Para guru yang menyatakan peduli dengan murid diharapkan menjaga kredibilitas UN. Jika UN tetap dipandang banyak kecurangan, beban pelajar akan terus berat. “Ayo bantu pelajar dengan tidak mencoba merekayasa hasil UN,” katanya.

sumber:www.kompas.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s