41 PTN Ancam Boikot SPMB

Reporter : Faishol Taselan

Jakarta: Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) dan tidak akan menggelar seleksi mahasiswa sendiri. Alasannya, menurut Rektor UI Gumilar R. Soemantri, adalah efisiensi dan nilai positif bagi UI untuk berkontribusi pada integrasi bangsa.

Bandung – Sebanyak 41 perguruan tinggi negeri (PTN) memutuskan keluar sebagai anggota Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru atau SPMB. Mereka berencana membentuk kepanitian penerimaan mahasiswa baru lewat koordinasi mandiri oleh sejumlah PTN. Universitas Padjadjaran (Unpad) sendiri hingga kini belum menentukan sikap.

Rektor Unpad Ganjar Kurnia saat dihubungi detikbandung melalui telepon, Senin (10/3/2008), mengatakan pihaknya masih mempelajari sikap Unpad untuk keluar atau tidak dari anggota Perhimpunan SPMB. “Kami masih mengikuti perkembangan dan berkoordinasi dengan PTN lain di Bandung seperti ITB dan UPI,” ungkapnya.

SEMARANG, MINGGU– Universitas Diponegoro Semarang dan 40 Perguruan Tinggi Negeri lainnya secara resmi memutuskan keluar dari keikutsertaannya sebagai anggota Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru atau SPMB.

Yogyakarta:Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Ir Sujarwadi mengatakan UGM tidak akan mengikuti jejak 41 dari 56 perguruan tinggi negeri (PTN) se-Indonesia yang akan memboikot pelaksanaan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) 2008.

SURABAYA–MI: 41 dari 56 perguruan tinggi negeri (PTN) se-Indonesia sepakat bakal memboikot pelaksanaan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Tahun 2008, bila masih tetap ditangani oleh Perhimpunan SPMB Nusantara.

Kesepakatan itu tertuang dalam pertemuan perwakilan 41 Rektor dan Pembantu Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia di Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, Minggu (9/3).

“Seluruh PTN sepakat menyelenggarakan penerimaan mahassiwa sendiri dengan nama lain bukan SPMB yang ditangani oleh perhimpunan,” kata Rektor Universitas Airlangga Surabaya Prof Dr Fasichul Lisan.

Diantara PTN yang hadir diantaranya Universitas Udayana, ITS Surabaya, Unair Surabaya, Unesa Surabaya, Unibraw Malang, Universita Trunojoyo Madura, Universitas Khoirun Ternate dan Universitas Negeri Jember.

Panitia pertemuan tidak mengungkapkan empat PTN yang tidak mendukung. Namun, nama Universitas Indonesia dan Universitas Negeri Jakarta dikabarkan tetap menginginkan SPMB digelar oleh Perhimpunan.

Menurut Fasich yang ditunjuk sebagai juru bicara, pelaksanaan SPMB selama ini sudah bagus namun kurang transparan dalam segi keuangan karena uang masuk ke perhimpunan bukan negara. Karena itu, selama masih dilaksanakan SPMB oleh perhimpunan, seluruh PTN sepakat menyelenggarakan sendiri dengan nama Ujian Masuk Perguruan Tinggi Nasional (UMPTN).

“Pembahasan materi teknis sudah matang. Semua menyatakan setuju dengan pelaksanaan itu dan keluar dari perhimpunan, teknisnya akan dibicarakan lebih dalam lagi diantara PTN,” katanya.

Nantinya, kata Fasich, panitia nasional akan menyerupai panitia sebelumnya hanya nama yang berbeda. Teknis pembayaran berbeda dengan SPMB sebelumnya.

Bila sebelumnya seluruh keuangan pendaftaran masuk perhimpunan dan dibelanjakan untuk kepentingan tes, maka UMPTN nanti uang masuk ke bank, kemudian ditranfers ke kas negara baru ke masing-masing rekening PTN atau Rektor.

“Jadi, semua keuangan bisa dipertanggungjawabkan karena masing-masing rektor memiliki rekening sendiri. Semua PTN sudah sepakat mengunakan cara itu,” ujarnya.

Fasich menegaskan seluruh keputusan dari pertemuan ini akan dikomunikasikan dengan Dirjen Dikti di Jakarta. Fasich optimis Dirjen Dikti sepakat dengan usulan para rektor.

“Saya rasa kalau berangkat dari perlunya tranparansi dan untuk kepentingan negara, usulan para rektor ini akan mendapat tanggapan baik dari Dirjen. Ini untuk kepentingan negara juga,” ujarnya. (FL/OL-06)
Bagaimana pendapat blogger sekalian?

Salam,

pr@bu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s