ADSORPSI Ag(I) DAN Ni(II) PADA HIBRIDA AMINO-SILIKA

Dalam penelitian ini telah dipelajari pembuatan adsorben hibrida amino silika (HAS) untuk adsorpsi ion logam Ag(I) dan Ni(II).    

            Penelitian ini diawali dengan pembuatan natrium silikat dari abu sekam padi dengan larutan 4 M NaOH. Pembuatan adsorben hibrida amino silika melalui proses sol-gel dilakukan dengan menambahkan larutan HCl 3 M ke dalam campuran  larutan (3-aminopropil)-trimetoksisilan (APS) dan natrium silikat sampai pH 7. Adsoben yang dihasilkan dikarakterisasi dengan difraktometri sinar-X (XRD), spektroskopi inframerah (FTIR), dan analisis luas permukaan (SAA). Adsorpsi Ag(I) dan Ni(II) dilakukan dengan sistem batch selama 60 menit dengan variasi konsentrasi ion logam. Ion logam yang teradsorpsi dihitung dari selisih konsentrasi sebelum dan sesudah adsorpsi yang dianalisis dengan AAS. Data yang dihasilkan, digunakan untuk menentukan parameter termodinamika dengan model isotherm adsorpsi Langmuir.

Hasil karakterisasi dengan FTIR menunjukkan bahwa HAS telah dapat disintesis dengan ditunjukkan oleh munculnya serapan inframerah dari gugus fungsional silanol (Si-OH), siloksan (Si-O-Si), amin (-NH2) dan metilen (-CH2-). Dari data XRD diketahui bahwa HAS yang didapat berstruktur amorf. Hasil SAA menunjukkan bahwa hibridisasi menurunkan luas permukaan spesifik dan volume total pori HAS, tetapi tidak mempengaruhi diameter porinya. Hasil kajian adsorpsi Ag(I) dan Ni(II) menunjukkan bahwa penambahan senyawa APS lebih banyak pada hibridisasi menurunkan kapasitas adsorpsi, tetapi meningkatkan energi adsorpsi Ag(I), sedangkan kapasitas adsorpsi dan energi adsorpsi Ni(II) meningkat. Berdasarkan energi total yang menyertai adsorpsi, maka interaksi antara adsorben dan ion Ag(I) terjadi melalui kemisorpsi sedangkan ion Ni(II) terjadi melalui fisisorpsi.

oleh : Moehlis Bassir

One thought on “ADSORPSI Ag(I) DAN Ni(II) PADA HIBRIDA AMINO-SILIKA

  1. asw pak Moehlis B.
    sy ingin membuat judul proposal sebagi persyatan mat.kuliah MET.Penelitian
    sy telah memilih judul “pengaruh variasi berat adsorben alumina thdp berat natrium silikat cair yang dihasilkan serta berat Fe yg terkandung dalam abu sekam padi”
    mungkin bpk bisa memantu sy dalam dan memberikan saran sepelunya dalam pembuatan proposal sy ini. Sebelumx sy ingin berterimah kasih atas bantuannya.ASW

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s