Sulap Limbah Tahu Jadi Bio-Gas, Siswa SMKN 3 Kota Lolos Lomba Nasional

Sempat Minder Melihat Karya Sekolah Lain
Di saat kelangkaan energi yang melanda dunia saat ini, energi alternatif sebagai energi pengganti yang aman dan mudah didapat menjadi perbicangan hangat. Enam pelajar SMKN 3 Kota Madiun kini mengembangkan limbah cair tahu menjadi energi alternatif bio-gas untuk diikutkan perlombaan nasional.
DI TENGAH hangatnya penemuan dan eksplorasi tentang sumber energi bio-gas ini, hasil karya anak-anak di SMK 3 Kota Madiun dapat dijadikan sebagai contoh prestasi yang membanggakan.

Dengan ketekunan dan bimbingan dari guru-gurunya, enam orang sisiwa SMKN 3, yakni Liani Jumiati Asri, Mukti Ary Wibowo, Ria Dwi Santi, Yuyun Wibowo, Cahyaning Purnamasari, dan Danang Budhi Permana telah mengembangkan formula pembuatan energi biogas dari limbah cair tahu dan natadecoco.

PURWANTI – Radar Madiun

Iklan

7 thoughts on “Sulap Limbah Tahu Jadi Bio-Gas, Siswa SMKN 3 Kota Lolos Lomba Nasional

  1. terima kasih atas dukungan semua pihak SMKN 3 Madiun telah gerhasil dalam lomba tingkat Propinsi yakni lomba ketrampilan siswa untuk mata uji Kimia Industri Juara 1 dan Teater Juara harapan II serta untuk lomba lingkungan Hidup akan maju ke Jakarta tingkat Nasional pada bulan Maret sekaligus Pameran produk SKIMA salam tuk semua

  2. ya..alhamdullilah. syukur tidak terkira jika SMK 3 dah mulai Go..
    walau dulu saya tak ikut berperang dan ikut langsung memajukan sekolah, tetapi saya bangga dan ikut merasakan apa yang di alami SMK 3 madiun sekarang..
    maju terus..
    makasih ke Bpk Tavip telah mangajak semua manjadi bergerak dan memajukan SMK 3 MAdiun

  3. OK DECH…….TINGKATKAN TERUS PRESTASINYA YACH….

    SAYA SEBAGAI ALUMNI SKIMA JUGA BANGGA ABISSSSSSSSSSS…………

    SKIMA JOZZZZZ……..TU KATA PAK MARWAN HE…HE…

  4. yup thanks banget..

    semua atas bantuan para Guru dan Pak Tavip tentunya….
    so jo lali..mas jayadi ditunggu ya.. artikel n sharing ilmune…

    good luck for all

  5. Selamat. sebagai pelajar i’ts ok n execellent.
    tapi sebagai koreksi. indonesia tuh sebenarnya banyak orang “pinter” tapi hasil karyanya banyak yang numpuk digudang. Sekarang ini (kata JK.) musimnya IPTEK bisa langsung diaplikasikan dan komersil, tentunya untuk kesejahteraan umat. jangan hanya pantas diseminarkan dan dibukukan tapi kagak bisa diaplikasikan dan “produksi dalam jumlah banyak” hanya sebatas teori aja. tengok tuh pesawat “GATOTKACA” buktinya PT.DI bangkrut, pesawat malah impor itupun second lagi, pantesan kgk layak terbang di Eropa na sering kecelakaan.. sorry nglantur. to the point. kemarin pada sibuk bikin pabrik biodiesel ato biofuel ato apalah coba lihat skarang pada bnyak yang tutup n kembang kempis, malahn banyak “kempis”nya daripada “kembang”nya. kenapa : bahan baku cukup susah, pemasaran malah lebih susah. Skarang tahu, tempe naik, minyak naik, bbm naik etc. bahan pangan 60% impor lagi (urusan pemerintah sih..) tapi klo kedele impor so pabrik tahu tempe ntar bisa tutup donk. trus Biodieselnya mau dijual berapa ke pelanggan. Investor kagak ngasih duit klo usahnya bakal nbangkrut (kaya’ ekonom aja). Amerika sebagai pengekspor kedele ke kita, skarang nih karena “bbm” dunia naik termasuk gara2 Iran dia gunakan tuh “selulosanya” (kedele,jagung, gandum dsb) untuk jadi ethanol alias bahan BBM juga. so moga aja penelitian nih dapat berguna. tapi sebagai pelajar, ya belajar aja disekolahan ntar waktunya juga nyampe kesitu juga. urusan “begituan” pemerintah dah ada ahlinya yang ngurusi bener kagak…). Tapi jangan kuatir. sekarang pabrik ethanol/alkohol/etil alkohol/ dsb lagi musim. lihat aja Medco energi (LAMPUNG n BUNYU), Ecogreen, dan baru2 ini PT. Sampoerna dah bikin pabrik ethanol bahan baku BBM (biofuel) so kesempatan masih banyak. Tentunya rizki ada yang ngatur. 4JJI SWT.
    5211/2639 KI
    office : http://www.tkcmindonesia.com
    school : http://www.unistangerang.ac.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s