Rangkuman  Laju reaksi

  1. Laju atau kecepatan didefinisikan sebagai jumlah suatu perubahan tiap satuan waktu. Satuan waktu dapat berupa detik, menit, jam, hari atau tahun.
  2. Orde reaksi atau tingkat reaksi terhadap suatu komponen merupakan pangkat dari konsentrasi komponen tersebut dalam hukum laju, yang ditentukan melalui percobaan dan tidak dari persamaan reaksinya.
  3. Penentuan persamaan laju dalam suatu percobaan, salah satunya dengan menggunakan metode laju awal.

Rangkuman  Teori Tumbukan

  1. Menurut teori tumbukan, reaksi dapat terjadi jika partikel pereaksi saling bertumbukan. Akan tetapi hanya tumbukan antar partikel yang memiliki energi minimum tertentu dan arah yang tepat yang menghasilkan reaksi. Sehingga, kelajuan reaksi bergantung pada: (a) frekuensi tumbukan, (b) freaksi partikel yang memiliki energi minimum tertentu, dan (c) freaksi yang mempunyai arah yang sesuai.
  2. Energi pengaktifan adalah energi minimum yang harus dimiliki oleh partikel pereaksi sehingga menghasilkan tumbukan efektif.
  3. Frekuensi tumbukan dapat diperbesar dengan memperbesar konsentrasi atau memperluas permukaan zat padat.
  4. Freaksi molekul yang mencapai energi pengaktifan dapat ditingkatkan dengan menaikkan suhu.
  5. Katalis adalah zat yang dapat meningkatkan laju reaksi tanpa dirinya mengalami perubahan kimia secara permanen.
  6. Katalisator dapat mempercepat reaksi karena membuat tahap reaksi dengan energi pengaktifan yang lebih rendah.
  7. Mekanisme reaksi adalah serangkaian reaksi tahap demi tahap yang terjadi berturut-turut selama proses perubahan pereaksi menjadi produk.
  8. Setiap tahap dalam mekanisme reaksi berlangsung dengan laju yang berbeda. Laju reaksi keseluruhan ditentukan oleh tahap yang berlangsung paling lambat.

About these ads